zumba

zumba

Image source: Google

Sharingdisana.com Zumba merupakan program kebugaran dance yang berasal dari Columbia yang menggabungkan musik Latin dan gerakan dance yang mudah diikuti dengan sentuhan hip-hop, reggaeton, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri. Zumba sendiri kini sudah banyak diminati tidak hanya di Indonesia saja tapi di dunia juga. Keunggulan zumba lainnya adalah, Zumba membuat penarinya menggerakkan semua anggota tubuhnya dari ujung kaki, pinggul, perut, dada, lengan dan tangan, hingga kepala sehingga bisa membakar kalori lebih banyak dari senam biasa.

Zumba ini tidak hanya diminati para ibu-ibu saja namun para remaja sekarang juga banyak yang meminati karena latihannya sendiri yang tidak berat dan sangat menyenangkan.

“Zumba adalah gabungan antara music latin dengan fitness,zumba bukan sekedar tarian juga bukan kelas seperti aerobic, dan zumba ini pembakaran kalorinya lebih berat daripada aerobic, karena zumba ini dapat membakar 500 sampai 1000 kalori” ujar Hellen salah satu instruktur Zumba di Celebrity Fitness.

Zumba dilakukan dalam bentuk tarian selama 1 jam dan yang terbanyak adalah kardio. Seperti meloncat, berputar, dan bergerak cepat. Selain kardio, zumba juga dikombinasikan dengan gerakan pengencangan otot-otot tubuh, seperti otot perut, punggung, paha, betis, dan pectoralis.

Untuk anda sendiri yang ingin menurunkan berat badannya, zumba ini dipercaya efektif karena dapat membakar kalori lebih banyak dan cepat. Hellen juga mengatakan keefektifan mengikuti kelas zumba itu sendiri. “Efektif banget bagi yang mau menurunkan berat badan, minimal seminggu itu 3 sampai 4 kali latihan Zumba, lagipula gerakan Zumba ini simple, music dan beatnya pun asyik jadi mengikuti kelas Zumba ini tidak membuat bosan malah seru dan fun banget” Ungkapnya.

 

Oleh Saraswati Kusuma Rahartuti