5 cara hilangkan stres

5 cara hilangkan stres

Tahukan kamu bahwa stres bisa dialami setiap orang dimanapun dan kapanpun? Stres adalah kondisi dimana seseorang merasa tertekan, tegang, cemas, dan jenuh yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, namun cara mengatasi stres yang dilakukan setiap orang berbeda-beda. Pada umumnya stres bisa terjadi karena beberapa hal yaitu kepenatan saat belajar/ persiapan menghadapi ujian, tuntutan tugas dengan tenggang waktu yang mepet, beban pekerjaan yang berat di kantor, dan masalah pribadi seperti masalah keluarga, masalah dengan teman dan juga putus cinta.

Stres dapat mengakibatkan beberapa dampak perilaku seperti pola makan tidak teratur atau bahkan tidak memiliki nafsu makan, pola tidur yang tidak teratur dan lebih sering bergadang, merokok untuk merasa lebih rileks padahal merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Selain itu, kebanyakan orang mengatasi stres dengan minum minuman keras/ mabuk-mabukan, sering clubbing, dan memakai narkoba.

Dampak yang paling fatal ketika seseorang sedang mengalami stres bagi kesehatan adalah stres dapat membuat sering sakit kepala dan bisa memicu serangan jantung. Bagi teman-teman yang sedang mengalami stres karena begitu banyak tugas dan beban pekerjaan yang berat ataupun masalah pribadi, berikut ini adalah cara-cara yang tepat untuk mengatasi stres:

1. Menonton acara comedian/ lawak di televisi

menonton acara tv yang lucu

menonton acara tv yang lucu

Ketika kamu merasa sangat jenuh dengan segala tugas/ pekerjaan yang harus diselesaikan sementara kamu sudah tidak memiliki konsentrasi dan semangat lagi, maka tinggalkan tugas/ pekerjaan tersebut sejenak dan nyalakan televisi kamu untuk menonton acara-acara comedian/ lawak. Hal ini bisa membuat rasa jenuh yang kamu rasakan hilang sesaat. Setelah merasa terhibur dan memiliki semangat baru, disitulah kamu bisa kembali mengerjakan tugas/ pekerjaan kamu.

2. Olahraga, makan makanan bergizi, dan tidur yang cukup

olahraga makan tidur

olahraga makan tidur

Pada umumnya, kebanyakan orang memiliki hobi olahraga yang berbeda-beda meskipun tidak semua orang menyukai olahraga. Kita semua tahu bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ketika kamu sedang berada dalam kondisi stres, tubuh kamu akan jauh lebih melemah dari biasanya dan mudah jatuh sakit. Oleh karena itu, di tengah kesibukan yang kamu hadapi, pastikan kamu tidak lupa untuk olahraga. Jika kamu bukan orang yang menyukai olahraga, kamu bisa berolahraga dengan cara lari pagi setiap pagi cukup dalam waktu 20-30 menit untuk menyegarkan tubuh. Selain olahraga, kamu juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sebaiknya kurangi jajan makanan yang tidak bersih dan mengakibatkan efek samping pada perut. Untuk menjaga stamina agar tubuh lebih kuat, kamu bisa rutin minum vitamin setiap hari. Yang terakhir adalah tidur yang cukup. Kebanyakan orang memilih untuk bergadang demi menyelesaikan tugas padahal normalnya seseorang harus tidur 6-8 jam namun banyak dari kamu yang hanya tidur selama 2-3 jam. Hal ini harus dihindari agar tidak menjadi kebiasaan yang mengakibatkan kamu kurang tidur, lemas, sakit kepala, dan jatuh sakit.

3. Hangout dengan teman-teman

hangout

hangout

Disamping tenggang waktu tugas yang mepet dan begitu banyak, kamu bisa menyisihkan waktu beberapa jam saja antara 1-2 jam untuk pergi dengan teman-teman atau bisa juga dengan pacar untuk pergi makan/ nongkrong di Mall terdekat, nonton bioskop, main bowling dan billiard, dan juga belanja/ shoping. Dengan cara ini setidaknya kamu merasakan suasana yang berbeda diluar rumah/ kantor yang penuh dengan kepenatan akibat tugas dan pekerjaan. Setelah hangout dan kembali ke rumah, kamu akan merasa lebih baik dan kembali bersemangat.

4. Liburan panjang setelah tugas dan pekerjaan selesai

berlibur

berlibur

Setelah mengalami kepenatan akibat ujian akhir atau selesainya suatu pekerjaan besar, liburan adalah jawaban yang sangat tepat untuk refreshing bersama keluarga, teman-teman, ataupun pacar. Tidak perlu liburan yang perjalanannya terlalu jauh misalnya ke Puncak, Bandung, Bali, atau pulau-pulau yang memiliki suasana tenang untuk membuat rileks pikiran dan badan. Ketika kamu berlibur ke luar kota, kamu akan merasa jauh dari segala rutinitas dan deadline yang biasanya selalu menghantui keseharian kamu. Perasaan kamu akan menjadi lebih senang, senang, dan nyaman selama kamu berlibur. Liburan tidak perlu terlalu lama sekitar 3-7 hari kamu pasti akan merasa jauh lebih baik dan bisa kembali dari liburan dengan semangat baru.

5. Konsultasi masalah yang sedang dihadapi dengan orang tua, teman, atau psikiater

konsultasi dengan ahli

konsultasi dengan ahli

Setiap stres yang dihadapi seseorang tentu berbeda-beda. Ada 2 tipe yaitu orang yang lebih memilih untuk diam dan tidak berbagi masalahnya dan juga orang yang lebih suka menceritakan masalahnya. Stres yang disebabkan karena masalah keluarga, masalah dengan teman atau putus cinta akan lebih berat dibandingkan stres akibat tugas dan pekerjaan. Ketika kamu merasa sendiri dan tidak tahu harus berbagi masalah dengan siapa lalu memendam perasaan sedih/ takut sendirian, kamu bisa menjadi makin stres. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu menceritakan masalah yang kamu sedang hadapi untuk mendapatkan solusi terbaik sehingga perasaan kamu menjadi lebih lega dan membaik. Kamu bisa memilih dengan siapa kamu lebih nyaman bercerita, misalnya dengan orang tua atau teman. Namun jika kamu memang mempunyai masalah yang sangat berat dan merasa lebih nyaman konsultasi dengan psikiater, maka kamu bisa berkonsultasi dengan psikiater.

Jadi, bagi teman-teman yang sedang mengalami stres, jangan sampai salah mengambil langkah untuk keluar dari tekanan-tekanan tersebut. Kamu bisa melakukan hal-hal yang telah disebutkan diatas untuk menghilangkan stres agar terhindar dari segala akibat buruk yang dapat ditimbulkan karena stres.

 

Artikel oleh Priscilla Claudia