Metode Memasak Yang Tepat Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Metode Memasak Yang Tepat Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

picture source : google

 

Kesibukan akan aktivitas yang padat kadang membuat kita lupa akan kesehatan, terutama dengan pilihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sering kali kita memilih makanan siap saji atau fast food karena penyajian yang cepat, praktis, dan mempunyai banyak varian. Tapi, tahukah Anda jika makanan siap saji mengandung lemak trans atau trans fat yang membahayakan tubuh kita?

Menurut dari sebuah artikel habibi.staff.ub.ac.id, lemak trans adalah jenis lemak yang molekulnya tersusun atas rangkaian atom-atom karbon (C) yang mengandung satu atau lebih ikatan ganda dan memiliki struktur trans (dua cabang molekul yang berseberangan dengan rangkaian utama molekul), lemak yang terbentuk dari lemak cair dibuat menjadi lemak padat dengan penambahan atom hidrogen pada molekulnya. Lemak trans sering dipakai oleh para perusahaan makanan siap saji, karena minyaknya yang dapat digunakan beberapa kali.

“Mengkonsumsi lemak trans dalam jangka panjang akan menimbulkan beberapa penyakit, seperti : kolestrol tinggi, stroke, dll. Ketika lemak trans tersebut sudah masuk dalam tubuh kita, tidak ada cara untuk menetralisir lemak tersebut, karena jika lemak trans sudah masuk dalam tubuh, lemak tidak bisa diapa-apakan lagi dan mengenai teh panas dapat menghancurkan lemak itu hanya lah mitos belaka. Satu-satunya cara agar terhindar dari lemak trans adalah menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans tersebut.” ujar dr. Iwang Gumiwang, SpPD(K), SpJP. spesialis jantung dan pembulu darah dan juga konsultan spesialis penyakit dalam yang berpraktek di Griya Puspa Rumah Sakit Persahabatan.

Mulai bingung bagaimana cara memilih atau memasak makanan yang tepat dan sehat? Salah satu cara dari metode memasak makanan yang sehat dengan melalui metode Confit. Apa itu Confit? Menurut sebuah artikel culinaryarts.about.com, Confit adalah teknik memasak daging (umumnya bebek, itik, atau daging merah) yang menggunakan lemak dari daging itu sendiri. Metode ini efektif untuk mengolah daging karena lemak dari daging tersebut mengunci oksigen yang membantu dalam reproduksi bakteri.

Berikut hasil wawancara mengenai metode memasak Confit dengan Buyung Radiansyah, Executive Chef Hotel Bidakara Jakarta dan juga sebagai Chef kepresidenan, “Daging yang dimasak menggunakan minyak biasa dengan melalui metode Confit tentu berbeda, terutama dari kualitas daging itu sendiri. Metode memasak Confit harus memakai daging pilihan yaitu daging bagian perut atau loin, karena daging tersebut dibungkus oleh lemak daging itu sendiri, sehingga daging yang dihasilkan akan lebih lembut dan memiliki rasa yang lebih baik dan metode memasak Confit ini tidak bisa menggunakan daging paha lokal, karena daging tersebut hanya memiliki otot. Tentunya metode Confit ini pun akan menghemat pengeluaran untuk minyak walaupun daging yang digunakan adalah daging pilihan.” ujar Chef yang telah memenangkan kejuaraan 11 kali berturut-turut di Allez Cuisine, program kontes masak lokal yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta sekitar tahun 2002. Chef Buyung juga mengatakan bahwa kelebihan dari daging yang baru dimasak adalah jus dari daging tersebut akan keluar, berbeda kualitasnya dengan daging yang dihangatkan kembali karena daging tersebut akan menjadi kering. Cara memasak daging dengan dipanggang seperti Steak, juga lebih baik karena lemak pada daging akan turun, sehingga akan mengurangi resiko penyakit kolestrol.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memilih atau mengolah masakan yang sehat dan lezat, tentunya bahan-bahan makanan yang dipilih harus bersih, segar, dan tidak mengandung banyak lemak. Mengkonsumsi makanan yang baru dimasak juga jauh lebih baik dan kurangi juga makanan siap saji yang mengandung banyak lemak trans yang hanya akan merusak tubuh kita.

Kesehatan akan tubuh kita adalah tanggung jawab dari diri kita sendiri, salah satunya menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih makanan yang sehat atau memilih cara memasak makanan yang tepat. Tentunya, jangan lupakan juga akan pentingnya gizi lengkap yaitu 4 sehat 5 sempurna. Jadi, mulailah hidup sehat dari sekarang.

 

Oleh : Raisa Purnama Rahman

Keywords:

  • confit adalah