kasiat minyak kelapa untuk kecantikan

kasiat minyak kelapa untuk kecantikan

Menjadi cantik alami adalah kunci dari permasalahan yang dihadapi oleh wanita modern masa kini. Bahan kosmetik yang aman digunakan dan terbuat dari bahan alami sangat sulit dijumpai di era teknologi seperti saat ini.

Tidak heran jika beberapa kosmetik yang dijual di pasaran, terus berkreasi untuk dapat mengacu pada penggunaan bahan-bahan alami dalam pembuatannya. Salah satunya yaitu penggunaan minyak essensial atau alami. Minyak alami adalah minyak yang diekstrak dari bahan alamiah yang berasal dari buah, biji atau kacang-kacangan.Banyak minyak alami yang memberi manfaat untuk kecantikan kulit, salah satunya adalah minyak kelapa.

Belum banyak orang yang tahu bahwa minyak kelapa mengandung banyak manfaat di dalamnya. Minyak kelapa ini bermanfaat untuk kulit, rambut, hingga kuku. Saking banyaknya manfaat penggunaan minyak kelapa dalam hal kecantikan, minyak kelapa dijadikan bahan pembuatan produk kecantikan natural dan alamiah. Kandungan anti-bakteri dan anti-jamur menghindarkan kita dari infeksi serta jerawat. Tidak hanya itu saja, minyak kelapa juga memiliki kekuatan melembabkan yang sangat bagus dan mudah diserap. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari minyak kelapa:

1. Mengurangi Jerawat

Minyak kelapa jerawat sering digunakan dalam produk jerawat untuk melawan bakteri yang merusak. Selain itu, minyak juga baik untuk menyembuhkan bekas jerawat. Minyak kelapa juga mampu melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Minyak kelapa juga kaya vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan pemeliharaan. Gunakan minyak kelapa pada area yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Bilas lalu biarkan kering sendiri.

2. Pelembut Rambut

Kandungan Lauric acid pada minyak kelapa mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Kandungan vitamin E, vitamin K, dan iron dapat membantu mengatasi ketombe dan mempercepat pertumbuhan rambut. Antioxidant dan nutrisi alami di minyak kelapa merupakan sumber yang sangat baik dan diperlukan untuk meningkatkan kelembutan rambut.

Minyak kelapa dapat dijadikan masker rambut untuk memberi kelembaban pada rambut dan kulit kepala yang kering. Cukup usapkan minyak kelapa ke seluruh rambut lalu tutup dengan shower cap atau handuk selama 15-30 menit. Kemudian bilas dengan air, keramas dengan shampo dan conditioner seperti biasa. Minyak kelapa secara efektif membuat rambut menjadi berkilau, lembab, dan mudah diatur.

3. Krim untuk Mencukur

Jika Anda tidak memilik krim cukur, Minyak Kelapa dapat menjadi pilihan anda. Ini sangat bermanfaat terutama bagi pemilik kulit yang sensitif. Efek pelumas pada minyak kelapa akan memudahkan proses mencukur karena pisau cukur dapat meluncur dengan lembut. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya akan menghindarkan Anda dari iritasi atau kemerahan akibat bercukur. Hasilnya, Anda akan mendapatkan kulit halus dan terhindar dari infeksi jika terjadi luka.

4. Body scrub

Manfaatkan minyak kelapa bersama bahan alami lainnya untuk membuat body scrub yang dapat mengankat sel kulit mati. Salah satu pilihan campuran body scrub ampuh yakni minyak kelapa dengan gula merah. Selain menjadikan kulit Anda bersih dan halus, Anda juga akan mendapatkan kulit sehat dan bebas dari bakteri serta jamur.

5. Makeup Remover

Pasti banyak diantara Anda yang mempunyai masalah untuk menghapus makeup waterproof seperti maskara, minyak kelapa dapat dijadikan penghapus makeup yang efektif. Cukup tempelkan kapas yang sudah dituangi minyak kelapa di area wajah atau mata, usap secara lembut untuk mengangkat produk makeup yang menempel. Usahakan minyak kelapa tidak mengenai mata dan bilas wajah setelah memakainya.

6. Pelembab Wajah dan Tubuh

Asam lemak pada minyak kelapa dapat mengunci kelembaban kulit hingga ke lapisan paling dalam kulit. Maka dari itu minyak kelapa cocok dijadikan pelembab untuk kulit kering atau bagian kulit yang cenderung kering seperti siku, lutut, dan bibir. Kulit akan menjadi lembab sekaligus lembut.

Untuk bibir kering, minyak kelapa dapat dijadikan bahan pembuatan lip balm. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan minyak kelapa, beeswax, dan minyak esensial. Tidak perlu takut lagi pada kulit kering karena minyak kelapa adalah senjata ampuh untuk melawannya.

 

Artikel by Livia

Keywords:

  • manfaat minyak kelapa hijau
  • minyak kelapa hijau
  • khasiat minyak kelapa hijau
  • Manfaat minyak kelapa untuk bibir
  • manfaat minyak kelapa untuk wajah
  • manfaat minyak kelapa hijau untuk wajah
  • kegunaan minyak kelapa untuk bibir
  • minyak kelapa untuk bibir
  • cara menggunakan minyak kelapa untuk wajah
  • kegunaan minyak kelapa