cantik dengan bawang putih

cantik dengan bawang putih

Tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli produk kecantikan, jika benda-benda disekitar anda sebenarnya berkhasiat untuk kecantikan. Kali ini kita akan membahas kegunaan bawang putih. Bawang putih atau Allium Sativum ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa makanan.  Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa bawang putih ini bermanfaat bagi kecantikan dan sudah dipercaya khasiatnya oleh orang-orang tua zaman dulu.
Bawang putih mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan ada yang rela memakan bawang putih mentah untuk mencicipi khasiat alami bumbu dapur yang memiliki aroma yang khas ini.
Berikut saya jelaskan beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan:

1. Menghilangkan Jerawat
Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat karena mengandung anti-bakteri dan anti-viral yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Bawang Putih juga mengandung minyak astiri yang tinggi sehingga memiliki kemampuan antibakterial dan antiseptik. Karena itu, bawang putih bisa digunakan untukmengangkat minyak dan mengeobati jerawat.
Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan parut bawang putih tersebut lalu tempelkan kepada kulit yang berjerawat beberapa menit dan dilakukan secara teratur

2. Menghilangkan Komedo
Selain berkhasiat mengilangkan jerawat, bawang putih ini bisa dijadikan scrub wajah. Tumbuk bawang putih sampai tekstur terbentuk menjadi bubur yang sedikit kasar lalu pijat dengan lembut ke area wajah. Tunggu beberapa menit dan gunakanlah secara teratur. Dan lihat hasilnya lambat laun komedo hilang.

3. Melembutkan Kulit
Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bawang putih halus dengan sabun atau lulur yang anda gunakan. Campuran bawang putih dipercaya untuk melembutkan serta menghaluskan kulit. Hal   ini karena bawang putih mengandung komponen zat organosulfur yang bernama allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit

4. Mempercantik Kuku
Parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku . Bisa juga dengan iris bawang putih dan langsung menggosokkan bawang putih tersebut pada kuku Anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan kinclong. Lebih baik lagi jika dicampur dengan madu agar melembutkan kuku yang terlihat kusam dan kering

5. Menyuburkan Rambut
Kandungan alicin yang tinggi yang ada pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi masalah pada rambut rontok. Caranya adalah menggosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala dan pijat hingga merata lalu bilas dengan air hangat.

6. Mengurangi Berat Badan
Bawang putih dipercaya dapat digunakan untuk menahan nafsu makan. Zat yang terkandung yang disebut alicin ini juga dapat mengirimkan sinyal-sinyal pada otak bahwa tubuh sudah kenyang. Hal itu menyebabkan hasrat makan jadi berkurang. Sangatlah mudah penggunaannya, gunakan bawang putih dan cuci bersih. Potong-potong kasar dan campurkan ke makanan yang ingin disantap.

Semoga bermanfaat 🙂

 

 

Artikel by Siti Khairunnisa Rupita

Keywords:

  • bawang putih
  • gambar bawang putih