“Saya cek dulu sepatunya bagian-bagian mana saja yang kotor. Kalau udah nemu spot-spot yang kotor, baru saya ambil sikat kemudian siapkan air sedikit dan juga sabun. Jika semua bahan dan alat sudah siap, mulailah menyikat bagian-bagian sepatu yang kotor.”Begitulah sedikit ungkapan dari Mochammad Bagus Dwi Cahyo, yang baru saja merintis usaha jasa miliknya.

laundry sepatu

laundry sepatu

Siapa yang tidak mengetahui Laundry Pakaian? Tentu saja semua orang mengetahuinya, bahkan sering menggunakan jasanya. Tetapi, sudah berapa banyak orang yang mengetahui keberadaan jasa Laundry sepatu? Jawabannya tentu tidak semua orang mengetahuinya. Apasih Laundry Sepatu itu?

Laundry Sepatu merupakan jasa pencucian sepatu secara benar dan tepat. Banyak para pemilik sepatu yang hanya mengoleksi saja tanpa tahu cara membersihkan, mencuci, dan merawatnya. Apalagi jika kita tidak mengetahui sabun apa yang cocok digunakan pada bahan sepatu kita.

Mochammad Bagus Dwi Cahyo, baru saja mendirikan usaha jasa Laundry Sepatu yang berada di rumahnya, yakni di Jalan Gunung Gede 8 No. 139, Kayuringin Jaya,Bekasi Selatan. Mahasiswa Universitas Gunadharma semester 6 ini baru saja membuka usaha jasa Laundry Sepatunya yang diberi nama “FatBony”pada tanggal 16 Mei 2014. Harga jasa pencucian sepatu di “FatBony”per pasang adalah Rp 35.000,00.

Saat ini, jasa laundry sepatu menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin mencuci sepatunya tanpa merasa takut akan rusak. Tentunya, jasa laundry sepatu ini menggunakan berbagai sikat sepatu dan juga sabun yang disesuaikan dengan jenis bahan dari masin-masing sepatu, seperti sabun merek Jason Markk, petroleum jelly (vaselin pet jelly), cuka, dan baby oil. Sedangkan beberapa alat yang digunakan adalah sikat gigi dengan ujung sikat halus (untuk pembersihan sepatu bagian dalam), handuk kecil, ziplock, dan silicagel.

Dengan adanya jasa Laundry Sepatu, ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan pelanggannya, seperti hemat tenaga karena mereka tidak perlu mencuci sepatunya sendiri. Juga, para pelanggan ini akan mendapatkan pelayanan premium dari FatBony Shoe Laundry berupa pemakaian sabun khusus dengan kualitas terbaik. Pelanggan juga diberikan ekstra ziplock dan silica gel untuk menjaga kebersihan sepatu dari bakteri agar tidak berjamur.

Selain memberikan keuntungan bagi para customernya, ternyata jasa laundry sepatu ini juga mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Menurut Mas Tirtha,yang juga pemilik usaha Laundry Sepatu bernama “Shoesandcare” di Yogyakarta ini mengatakan, “Pada saat tertentu, yaitu saat musibah letusan Gunung Kelud, pengguna jasa laundry sepatu ini meningkat lebih dari biasanya karena banyak sepatu dari korban yang kotor terkena abu vulkanik”.

Dalam setiap usaha jasa, bukan berarti tidak terdapat pro dan kontra dalam setiap proses yang dijalankan. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa laundry sepatu belum tentu bisa menjamin kebersihan sepatu mereka. Berdasarkan namanya, yakni laundry sepatu, tentunya menimbulkan banyak pertanyaan mengenai proses pencucian dilakukan. Inda Sari Aprilly, yang merupakan pelanggan pertama dari “FatBony” Shoe Laundry mengatakan, “Saya hanya mengantar sepatu saya ke “FatBony” untuk dicuci. Sehari kemudian, sepatu saya selesai. Saat saya cek, sepatu saya bersih dan tidak terdapat sisa sabun ataupun kotoran menempel. Saat saya pakai, sepatu saya halus dan kesat”.

Bagi para pecinta sepatu, sekarang ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencuci sepatu kesayangannya. Apalagi jika sepatu tersebut berjamur, Laundry Sepatu ini akan memberikan treatment tambahan agar sepatu kembali bersih dan mengkilap. Kebersihan adalah hal yang relatif. Akan tetapi, kebersihan yang memuaskan adalah pelayanan yang berkesan bagi para pelanggannya.

Jasa Laundry Sepatu masih sangat terbatas untuk ditemui, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Beberapa mall di Jakarta, menyediakan jasa pencucian sepatu. Tetapi, spesialisasinya lebih kepada reparasi sepatu, tas, dan lain-lain. Sedangkan, jasa Laundry Sepatu yang memiliki spesialisasi pada pencucian dan treatment sepatu baru tersebar di sebagian Depok dan Jogja saja, dan yang terbaru adalah di Bekasi. Diharapkan persebaran jasa Laundry Sepatu ini bisa lebih banyak lagi agar mampu menjangkau para pecinta sepatu yang berada di wilayah lainnya.

 

Artikel by Vania Dianda Irawan

Keywords:

  • cara laundry sepatu
  • alat dan bahan laundry sepatu
  • laundry sepatu
  • laundry sepatu jakarta
  • tips usaha laundry sepatu
  • ####################################
  • laundry sepatu bekasi
  • alat laundry sepatu
  • cara mencuci sepatu ala laundry
  • peralatan dan harga yg dibutuhkan untuk jasa cuci dan reparasi sepatu