dampak negatif kosmetik pada wajah

dampak negatif kosmetik pada wajah

Kecantikan dan keindahan penampilan selalu diidentikkan dengan wanita. Memang, kaum hawa dikenal sebagai sosok yang selalu memperhatikan penampilannya. Berbagai cara digunakan oleh para wanita untuk mempercantik penampilan, salah satunya dengan menggunakan kosmetik.

Kosmetik dipilih oleh wanita sebagai cara termudah untuk mempercantik wajah karena mudah digunakan, harga yang tak terlalu mahal, dan mudah untuk didapat. Selain keuntungan-keuntungan diatas, kosmetik dianggap cara terbaik karena tidak merusak dan merubah struktur wajah, oleh karena itu banyak para pemakainya menggunakan kosmetik dalam setiap kesempatan Memakai kosmetik memang mmenguntungkan bagi penampilan tapi apakah pemakaian kosmetik bisa menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kulit?

Setiap wanita pasti pernah menggunakan kosmetik seperti lipstick atau bedak jika pergi bekerja, kuliah, dan juga bila ada acara special. Keadaan seperti ini membuat mereka memakai kosmetik dalam waktu yang lama namun ternyata hal seperti inilah yang membuat kulit menjadi tidak sehat. Pemakaian kosmetik dalam jangka waktu yang panjang atau terlalu lama bisa menyebabkan iritasi, gatal, dan menimbulkan jerawat. Hal ini terjadi karena kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang merugikan kulit jika digunakan terlalu lama.

Stevany (26), model hunting photography mengatakan, “Kalau sedang pemotretan pasti pakai kosmetik terutama bedak. Tapi kalau pakai bedak compact jadi timbul flek-flek hitam di muka. Pemakaian kosmetik sebisa mungkin dibatasi, selama ini sih minimal setengah jam sehari. Kalau kelamaan takutnya flek-flek di muka susah untuk dihilangkan.”

Pernyataan Stevany didukung oleh pemilik klinik kecantikan OBAGI, Dr. Sutardi (63) yang mengatakan, “Kosmetik sering digunakan untuk mempercantik dengan cara mengcover wajah tapi sebaiknya kosmetik yang digunakan sesuai dengan kulit, caranya bisa dilihat dari jenis kulit. Kulit tidak akan mejadi kusam tapi efek-efek seperti iritasi, gatal, dan berjerawat memang bisa terjadi. Selain itu dalam memilih kosmetik sebaiknya lebih berhati-hati karena banyak kosmetik yang mengandung merkuri yang mengganggu kesehatan dan membuat kulit menjadi hitam.”

Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang para wanita mulai mengurangi pemakaian kosmetik dalam jangka waktu panjang. Jika berpenampilan cantik menjadi tuntutan pekerjaan, pastikan kosmetik yang digunakan terbebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Kecantikan alami adalah yang terbaik!

 

 

Artikel by Debby Priscilla

 

Keywords:

  • bedak rose
  • efek samping bedak rose
  • Efek samping bedak marcks
  • bahaya bedak marcks
  • efek pemakaian bedak march
  • bedak marcks tabur berbahaya
  • bedaj marvk berbahaya
  • bahaya memakai bedak tabur marcks
  • bahaya bedak m
  • apakah bahaya bedak marcks