Dunia kuliner memanglah salah satu hal yang banyak digemari oleh kebanyakaan orang akhir-akhir ini karena mereka mampu memuaskan keinginan mereka untuk menikmati berbagai jenis makanan kesukaan mereka. Selain itu, dengan kuliner orang-orang mampu mengenali berbagai aneka ragam makanan baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang tentunya menghadirkan banyak varian rasa khasnya yang banyak diburu untuk di nikmati. Namun jika kita lihat saat ini, fenomena yang terjadi adalah kebanyakan orang menikmati kuliner hanya sebatas jenis makanan yang banyak dikenal seperti spaghetti , steak, pasta, pancake, atau makanan ala barat lainnya yang kian menjamur saja di berbagai tempat, khususnya Jakarta. Namun jika hanya menikmati kuliner hanya sebatas jenis makanan tersebut, tentunya akan timbul suatu kebosanan. Mencari solusi kuliner terbaru dan belum pernah di coba sebelumnya barulah sebuah tantangan yang juga mampu mengatasi rasa kebosanan terhadap suasana dan beberapa jenis makanan tertentu saja.

Salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi rasa bosan terhadap kuliner yang menurut Anda itu-itu melulu adalah dengan mencoba kuliner yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan kuliner ekstrim. Apa itu kuliner ekstrim? Kuliner jenis ini merupakan salah satu kuliner yang mampu menguji nyali Anda sebagai pecinta makanan yang ingin merasakan sensasi baru dalam dunia kuliner. Dalam hal ini Anda harus menikmati jenis makanan yang tidak biasa atau bahkan tidak lazim untuk di makan. Kalau biasanya kita hanya terbiasa makan ayam goreng, bakso, atau makanan ala barat seperti spaghetti, pasta, dan lainnya, dalam kuliner ekstrim kali ini salah satu makanan yang patut untuk Anda coba adalah makan makanan yang berbahan dasarnya adalah dari hewan melata yang fenomenal di kalangan masyarakat, yaitu ular. Memang terdengar tidak lazim, namun Anda harus mencobanya. Membayangkannya saja geli dan menyeramkan,  apalagi untuk memakannya?

Untuk dapat menikmati kuliner ekstrim olahan daging ular ini, Anda bisa pergi kekawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat. Kawasan ini memang banyak terdapat pedagang kaki lima yang di kanan dan kiri jalan yang khusus menjajakan olahan daging ular. Jalanan di kawasan Mangga Besar sangat macet mengingat disana banyak terdapat restoran atau tempat makan yang banyak dikunjungi oleh orang-orang. Namun jika Anda memperhatikan sekeliling jalan, Anda akan menemukan banyak warung tenda yang menjual olahan daging ular. Dari berbagai warung tersebut, ada salah satu warung tenda yang dari luar terpampang dengan jelas nama warung tenda “Jemmy Cobra” yang menyajikan berbagai olahan ular. Warungnya kecil, tampak seperti warung angkringan biasanya. Disebelah warung itu sendiri ada kandang yang berisi puluhan ular kobra. Pemandangan yang sangat mencengangkan.

kuliner ular kobra

kuliner ular kobra

Tanpa berlama-lama Anda bisa langsung memesan satu paket makanan dari satu ekor ular kobra. Dari satu ekor ular kobra, dagingnya bias diolah menjadi banyak makanan, seperti sate, abon, sop. Selain itu, darah, empedu, dan sumsum tulang belakangnya juga bias diracik menjadi satu sebagai jamu yang konon memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Pelayan tukang ular mulai melakukan pekerjaannya. Ia memulai pekerjaannya dengan mengambil ular dari kandang hingga meracik makanan. Pertama-tama ia memilih ular yang berukuran besar, lalu menjepit kepalanya dan kemudian memotong kepala ular itu. Ketika melihat proses pemotongan ular itu, rasanya sungguh menegangkan. Darah segar mengucur dari bagian kepala ular. Darah segar itu tadi kemudian dituangkan kedalam gelas yang nantinya dapat diminum. Setelah selesai, ular di kuliti dan dikeluarkan organ dalamnya untuk dibuang. Dari semua organ dalam tadi, hanya bagian empedunya saja yang tidak dibuang karena akan dicampur dalam darah ular tadi.  Sumsum tulang belakang juga tidak luput untuk diambil dan dicampurkan kedalamnya. Hal tersebut akan menjadi salah satu pengalaman yang sulit dilupakan, apalagi jika Anda baru pertama kali mengalaminya.

Setelah semua siap, daging ular dipotong-potong untuk dijadikan sate. Sementara itu, pelayan warung olahan daging ular mulai meracik jamu daridarah yang dicampur empedu, sumsum tulang belakang ular, madu, dan sedikit arak untuk menghilangkan rasa dan bau amis. Ramuan jamu itu nantinya harus Anda minum. Sungguh itu merupakan hal tersulit,  lebih sulit dari matematika. Rasa darah tidak lagi terasa karena sudah ada campuran arak di dalamnya. Jangan tanyakan rasanya,  lebih baik Anda mencobanya sendiri dan rasakan sensasinya. Setelah mencoba darah kobra, kini giliran Anda mencoba daging olahannya yang sudah dijadikan sate ular. Setelah beberapa menit, kemudian jadilah sate ular lengkap dengan bumbu kacang, kecap, cabe rawit, dan irisan bawang merah. Gigitan pertama akan terasa begitu…….gurih. Daging ular ini rasanya hamper mirip seperti daging ayam, tapi dagingnya lebih alot. Secara keseluruhan, rasa nya enak. Tergantung dari kita bagaimana mengolahnya. Ternyata rasanya tidak semenyeramkan yang kami bayangkan.

sate ular kobra

sate ular kobra

Setelah menikmati suguhan olahan daging ular, tiba saatnya berbincang sejenak dengan pelayan warung tenda yang menjajakan kuliner ini. Konon ternyata manfaat ular untuk mengobati penyakit telah diyakini dalam ilmu pengobatan Cinasejak lama. Selain dagingnya, ternyata darah, empedu, dan tulang sumsum ular pun memiliki banyak khasiat. Manfaat daging ular adalah dapat digunakan untuk terapi pengobatan penyakit kulit.Dari mulai jerawat, gatal-gatal, hingga penyakit kulit yang sulit disembuhkan seperti eksim. Darah dan empedu ular biasa digunakan sebagai ramuan obat berbagai macam penyakit dalam. Selain itu darah dan empedu ular juga dapat menyembuhkan penyakit kencing manis, lever, rheumatik, batukasma, lemah jantung.Walaupun banyak orang bilang ular itu berkhasiat, ternyata ular yang dipilih untuk dapat dikonsumsi bukanlah sembarang ular. Ular kobra, tentunya.

Jemmy Cobra

Jemmy Cobra

Selain pengalaman yang akan Anda dapatkan, berbagai khasiat olahan daging ular yang dipercaya banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kulit Anda juga menjadi alas an mengapa Anda harus mencoba kuliner ekstrim ini. Namun Anda juga harus selalu ingat, jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan karena nantinya akan mendatangkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda.

minyak bulus kuliner ekstrim

minyak bulus kuliner ekstrim

 

 

 

artikel by Ryan Maula Satar

Keywords:

  • sate ular
  • tempat jual daging ular di jakarta
  • ##########################
  • jual daging ular jakarta timur
  • jual daging ular
  • jual abon ular jakarta timur
  • info jual daging biawak di jakarta timur
  • empedu ular campur arak
  • jual abon ular
  • warung ular