kobis, pereda nyeri payudara pasca melahirkan

kobis, pereda nyeri payudara pasca melahirkan

Pasca melahirkan, fase yang kemudian akan dijalani oleh seorang ibu adalah memberikan laktasi kepada sang buah hati, bayi yang baru lahir. Namun, tidak semua bayi baru lahir langsung mahir dalam menyusu ibunya, semua melalui proses. Begitu juga dengan yang dialami ibu pasca melahirkan. Ada beberapa ibu yang ASI nya langsung keluar dengan lancar, namun banyak juga yang merasakan sakitnya saat payudara menjadi bengkak terbendung oleh ASI yang belum lancar keluar. Tak jarang hal tersebut membuat ibu menyusui terserang demam dan meradang, sampai-sampai bagian tangan ketika bergerak, payudara terasa sangat nyeri dan sakit.

Namun jangan khawatir, sharingdisini punya tips untuk meredakan payudara yang sedang meradang, akibat terbendung ASI akibat ASI belum keluar lancar. Salah satunya adalah dengan menggunakan sayur kobis.  Yah, sayur kobis atau kol, siapa yang tidak mengenalnya.

Caranya adalah ambil satu lembar sayur kobis atau kol segar, pilih yang lembarannya lebar (sesuai ukuran payudara). Ambil beberapa lembar secukupnya, usahakan jangan sampai robek. Cuci bersih, lalu masukkan ke dalam freezer selama 15 menit. Setelah kol mengeras, keluarkan dari freezer dan tempelkan di payudara, seperti mengompres payudara dengan cup kol. Tempelkan dan kompreskan kol per lembar pada payudara sampai kol menjadi matang di payudara. Karena payudara ibu menyusui meradang atau bengkak, biasanya kol akan menjadi matang, layu dan lembek dengan sendirinya. Hal tersebut karena kol yang dingin bersifat analgesik atau pereda rasa nyeri. Ulangi beberapa lembar kol, hingga dirasa cukup dan payudara terasa nyaman dan tak lagi nyeri atau sakit. Lalu, cuci bersih payudara dengan waslap dan air hangat.

Nah, ibu menyusui siap memberikan laktasi untuk si buah hati, atau pompa dengan breast pump jika perlu. Dengan sering melatih dan memberikan laktasi secara langsung dan atau sering memompa untuk ditampung sebagai stok, melakukannya secara rutin dan lebih sering, akan membantu lancarnya ASI, sehingga payudara tak lagi terbendung, bengkak dan meradang yang berakibat rasa nyeri.[e_SdS]

Semoga bermanfaat.

Keywords:

  • cara menghentikan asi pasca bayi meninggal
  • berapa lama payudara bengkak pasca melahirkan
  • artikel payudara bengkak setelah melahirkan bayi meninggal
  • obat payudara bengkak setelah melahirkan
  • bayi meninggal payudara bengkak
  • bgmn cara mengatasi atau apa obatnya susu bengkak krn air asi tdk diminum krn bayinya meninggal
  • hbs melahirkan susu bengkak apa obatnye
  • obat alami untuk menghilangkan nyeri dan bengkak payudara pasca melahirkan
  • obat tradisional payudara setelah melahirkan