permen karet baik untuk ibu hamil

permen karet baik untuk ibu hamil

Permen karet sudah dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, teruatama adalah permen karet yang tanpa kandungan gula. Bahkan, dalam kondisi hamil pun mengunyah permen karet dapat memberikan manfaat bagi bayi dalam kandungan.

Kondisi kesehatan gigi dan gusi ibu hamil dapat mempengaruhi kehamilan dan janin yang dikandung. Sebuah studi di Chile menemukan bahwa bakteri dalam cairan ketuban mirip dengan bakteri di dalam mulut, sehingga dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Selain itu, para peneliti di New York University menemukan bahwa wanita dengan penyakit gusi memiliki risiko diabetes yang lebih tinggi pada kehamilan. Kesehatan mulut ibu selama kehamilan perlu dirawat karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan gigi bayi setelah lahir.

Penyebab terbesar kerusakan gigi pada anak usia 3 tahun adalah bahwa anak telah terkena plak bakteri yang terjadi sebelum usia 1 tahun. Bakteri biasanya ditularkan  dari mulut ibu dan berpindah ke mulut anak, misalnya adalah ketika ibu dan anak berbagi sendok.

Wanita hamil dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut dengan cara mengunyah permen karet yang mengandung xylitol sebanyak 67 %. Permen karet dapat dikunyah dua kali sehari selama satu menit setelah makan, dengan cara tersebut dapat menjaga mulut ibu hamil tetap dalam  kondisi sehat.

Keywords:

  • kumpulan permen untuk ibu hamil
  • permen karet untuk ibu hamil muda