makanan peningkat sistem metabolisme

makanan peningkat sistem metabolisme

 

Seiring bertambah usia kita, kadang tubuh menjadi makin “berisi”, dan berat badan pun susah turun. Padahal sudah mengurangi porsi makan, olahraga dan lainnya. Hal tersebut disebabkan diantaranya adalah sistem metabolisme tubuh yang semakin menurun, seiring bertambahnya usia.

Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh kita. Ketika Anda makan makanan ini sebagai bagian dari diet rendah lemak dan menggabungkan mereka dengan rutinitas olahraga teratur, mereka dapat membantu Anda bergerak satu langkah lebih dekat ke tujuan menjaga berat badan Anda tetap ideal.

Berikut Sharingdisini makanan yang mampu mempercepat proses metabolisme dari dalam tubuh Anda dan membantu Anda melepaskan 1/2 kg per hari dan tentu saja menjaga kesehatan tubuh.

1. Oatmeal
Mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal. Makanan super ini kaya serat larut lemak, yang akan membutuhkan banyak kalori untuk memecah seratnya. Makan oatmeal juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Jeruk
Studi menunjukkan bahwa makan jeruk dapat menurunkan kadar insulin. Tingkat insulin yang lebih rendah setelah makan dapat membantu Anda memetabolisme makanan di dalam tubuh dengan lebih cepat dan efisien. Ini berarti bahwa Anda membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

3. Cabai
Menambahkan beberapa rempah-rempah untuk makanan Anda dapat mempercepat penurunan berat badan Anda. Cabe, paprika, cabe rawit, jalapeños, semuanya mengandung zat kimia yang disebut capsaicin. Zat tersebut membuat rasa pedas panas dan menyebabkan lonjakan metabolisme Anda. Bahan kimia ini juga membuat pembakaran kalori setelah Anda selesai makan. Dr Isaacs menyarankan, untuk menambahkan satu sendok makan cincang cabai untuk makan sekali sehari . Cabai juga merupakan sumber yang tak terduga dari vitamin C.

4. Protein tanpa lemak
Protein tanpa lemak seperti daging dalam ayam, kalkun, dan daging sapi tanpa lemak, membutuhkan banyak energi untuk memecah. Oleh karena itu, tubuh Anda membakar banyak kalori selama proses pencernaan. Protein juga merupakan unsur penting dalam membangun massa otot, yang membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

5. Salmon dan Tuna
Tingginya kadar hormon leptin telah dikaitkan dengan metabolisme lebih lambat dan berat badan. Cara yang baik untuk menurunkan kadar leptin adalah untuk meningkatkan asupan ikan. Minyak ditemukan pada ikan seperti salmon dan tuna telah terbukti mengurangi kadar leptin dan membantu makanan proses tubuh Anda lebih efektif.

6. Yogurt rendah lemak
Yogurt rendah lemak adalah salah satu makanan terbaik untuk makan jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme Anda. Yogurt penuh kalsium dan protein. Yoghurt memberi Anda energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas sepanjang hari dan membantu Anda membangun massa otot. Yogurt juga dapat menyehatkan pencernaan Anda.

7. Green Tea
Kafein yang ditemukan dalam teh hijau mempercepat denyut jantung dan mempercepat metabolisme Anda. Teh hijau juga mengandung bahan kimia, yang dikenal sebagai EGCG, yang merangsang sistem saraf dan membantu Anda untuk membakar kalori pada tingkat yang lebih cepat.

8. Brokoli
Brokoli kaya kalsium dan vitamin C. Vitamin bekerja untuk membantu Anda membakar kalori lebih cepat dan lebih efektif. Kalsium mengaktifkan metabolisme , sementara vitamin C membantu Anda menyerap lebih banyak kalsium.

9. Kacang almond
Almond mungkin tinggi kalori, tetapi juga kaya asam lemak esensial yang menguatkan metabolisme. Ingat, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan menggabungkan diet sehat dengan olahraga teratur. Pilih makanan dengan kombinasi makanan yang mampu meningkatkan metabolisme, kaya nutrisi sehingga akan memberikan efek penurunan berat badan Anda dan sehat.

10. Kacang-kacangan (lentil)
Sekitar 20 persen wanita yang kekurangan zat besi, yang dampaknya adalah  pinggang tubuh tidak bisa bekerja secara efisien untuk membakar kalori ketika itu hilang apa yang dibutuhkan untuk bekerja dengan baik. Satu cangkir kacang menyediakan 35 persen kebutuhan zat besi harian Anda .

11. Roti gandum utuh dan biji-bijian
Gandum murni membantu tubuh Anda membakar lebih banyak lemak karena tubuh akan berusaha ekstra untuk memecah serat daripada biji-bijian olahan, seperti roti putih dan pasta. Seluruh makanan yang kaya serat, seperti nasi merah dan oatmeal , adalah terbaik Anda.

12. Susu
Studi yang dilakukan oleh Michael Zemel, PhD , mantan direktur The Nutrition Institute di University of Tennessee, menunjukkan bahwa mengkonsumsi kalsium dapat membantu memetabolisme lemak tubuh Anda lebih efisien.

13. kopi
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior menemukan bahwa tingkat metabolisme rata-rata orang yang minum kopi berkafein adalah 16 persen lebih tinggi daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein.

14. Air putih
Jika Anda mengalami sedikit dehidrasi, metabolisme tubuh Anda  pun dapat melambat, kata Scott Isaacs, MD, instruktur klinis kedokteran di Emory University School of Medicine. Tip : Minum air dingin, yang memaksa tubuh Anda untuk menggunakan lebih banyak kalori untuk menghangatkannya.

15. Putih telur
Putih telur yang kaya akan asam amino rantai cabang, yang akan tetap memacu metabolisme Anda, kata ahli gizi Chicago David Grotto, RDN. Telur juga kaya protein dan vitamin D.