cara mengatasi radang tenggorokan

cara mengatasi radang tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat menjadi tanda awal pilek, efek samping dari tegangnya pita suara, atau indikasi sesuatu yang lebih serius ( seperti radang tenggorokan ) .

Terlepas dari penyebabnya, segera perhatikan ketika terjadi nyeri dan mencari solusi untuk meredakannya. Sebelum Anda berobat ke dokter, tidak ada salahnya jika Anda mencoba perawatan / pengobatan dari rumah, kata Jeffrey Linder , MD , seorang internis di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston.

Berikut Sharing di sini 10 cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat Anda lakukan di rumah.

Anti-peradangan (Anti inflamasi)
Salah satu perawatan yang paling efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan dan harus Anda persiapkan di kotak obta adalah anti inflamasi.
“mereka akan membuat Anda merasa lebih baik dan mereka juga akan mengurangi beberapa pembengkakan terkait dengan sakit tenggorokan, ” kata Dr Linder .”

Sirup obat batuk
Bahkan jika Anda tidak memiliki batuk (belum) , obat batuk dapat membantu meringankan rasa sakit tenggorokan. Seperti bentuk tetes dan semprotan, mereka menjadi pelumas tenggorokan dan memberikan rasa nyaman pada nyeri tenggorokan.

Perbanyak asupan cairan
” Tetap terhidrasi sangat penting, terutama ketika Anda sakit tenggorokan, teriritasi atau meradang, ” kata Dr Linder. “Anda harus minum cukup cairan sehingga urine Anda dapat mengindikasikan berwarna kuning atau bening. Cara menghidrasi membuat selaput lendir Anda lembab dan lebih mampu memerangi bakteri dan iritan seperti alergen, dan membuat tubuh Anda lebih mampu untuk melawan terhadap gejala flu lainnya.”
Apa yang Anda minum adalah terserah Anda, Linder menambahkan. Air selalu bekerja, tetapi Anda juga bisa mengubahnya dengan sesuatu yang sedikit manis, seperti jus buah encer, atau sesuatu yang gurih, seperti kaldu ayam.

Kumur air garam
Beberapa studi telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan mengencerkan lendir, membantu untuk meredakan iritasi dan mengusir bakteri.
Dokter umumnya merekomendasikan melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air. Jika rasa asin terlalu berat untuk Anda, coba tambahkan sejumlah kecil madu untuk mempermanis campuran sedikit. ( Perlu diingat, cairan ini hanya untuk berkumur ).

Semprotan pengencer dahak
Mengisap obat batuk merangsang produksi air liur juga dapat membantu menjaga tenggorokan Anda lembab . Pilih spray berbahan pendingin, seperti mentol atau eucalyptus.

Teh
Bosan minum air putih? Secangkir teh hangat herbal dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Terlebih lagi, ada bermacam teh seperti  teh hitam, hijau , atau putih yang  mengandung antioksidan yang diperkirakan untuk memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal infeksi.
Untuk ekstra manfaat, tambahkan satu sendok teh madu. madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu Anda lebih cepat sembuh.

Sup ayam
Sup ayam dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan. “Garam dalam kaldu benar-benar dapat memiliki sifat anti – inflamasi, dan dapat membuat rasa nyeri menjadi membaik, ” kata Dr Linder. Sup memiliki manfaat tambahan ketika Anda sakit, karena ketika sakit tenggorokan, makan adalah hal yang berat dan hal menyakitkan. Sehingga mengasup beberapa makanan cair akan menutrisi untuk melawan infeksi Anda.

Marshmallow
Meskipun tidak ada bukti kuat bahwa ia bekerja, getah dari tanaman marshmallow telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.  Menurut sebuah laporan anekdotal, marshmallow dapat membantu meringankan rasa sakit tenggorokan, mungkin karena lapisan gelatinnya yang bersifat menyejukkan.” Hal ini bukan hal yang paling sinting di dunia,” kata Dr Linder . ” Jika tenggorokan Anda benar-benar bengkak dan itu benar-benar menyakitkan menelan apa-apa, aku bisa melihat bagaimana sesuatu yang licin dan manis seperti marshmallow mungkin memberikan bantuan meredakan.”

Istirahat
Ini mungkin bukan solusi tercepat, tapi istirahat mungkin adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan Anda, kata Dr Linder. “Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus flu. ” Istirahatkan tubuh Anda akan membantu melawan virus sehingga Anda akan merasa lebih baik, segera. ”

Antibiotik
Sekitar 10 % dari orang dewasa mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Streptococcus pyogenes. Jika tes positif untuk radang tenggorokan atau infeksi bakteri lain, dokter harus meresepkan antibiotik. ( Mengonsumsi antibiotik untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus tidak akan efektif ).

Superfood yang melawan flu
Konsumsi berbagai makanan sehat bergizi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, seperti makanan yang mengandung vitamin C, B kompleks, makanan tinggi protein, dan berbagai mineral.

Keywords:

  • sakit tenggorokan saat hamil 8 bulan
  • radang tenggorokan saat hamil 7 bulan
  • obat pengencer dahak di tenggorokan