cesar berisiko obesitas lebih tinggi

cesar berisiko obesitas lebih tinggi

Sebuah penelitian di AS baru-baru ini telah menunjukkan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar lebih cenderung menjadi gemuk saat dewasa.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.200 bayi dan menemukan bahwa mereka dilahirkan melalui operasi cesar, yang memiliki kecenderungan dua kali lebih menjadi mudah gemuk dan memiliki indeks masaa tubuh lebih tinggi pada usia tiga tahun dibandingkan dengan mereka dilahirkan secara alami.

Sue McDonald, dari Royal College of Midwives, mengatakan bahwa “sementara mayoritas caesar dilakukan karena alasan medis yang sah, ada sekelompok kecil wanita yang, entah karena mereka takut melahirkan atau karena mereka merasa bahwa itu adalah cara yang lebih mudah untuk melahirkani bayi, sehingga lebih memilih cesar.”

Dia melanjutkan penjelasannya dengan mengatakan bahwa meskipun dokter biasanya telah menjelaskan potensi risiko melahirkan secara cesar pada ibu, mereka kini juga akan diberitahukan mengenai kemungkinan masalah kesehatan jangka panjang yang bisa saja dialami pada bayi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan risiko kesehatan lain yang terkait dengan kelahiran sesar seperti risiko tinggi terkena asma, menurut sebuah penelitian di tahun 2008 dari Zurich.

Alasan untuk ini adalah bahwa komplikasi potensial bayi yang lahir melalui operasi caesar mungkin kurangnya paparan bakteri alami yang ditemukan dalam vagina.

Para ahli telah memperingatkan tentang bahaya meremehkan komplikasi dari operasi caesar dibandingkan dengan kelahiran alami.

“Beberapa mitos yang salah mengatakan bahwa operasi caesar lebih mudah untuk ibu dan bayi dibanding dengan kelahiran alami, bahwa Anda akan bangun dan dalam beberapa jam, seolah-olah tidak ada yang terjadi, dan jelas hal tersebut salah besar. Justru sebaliknya ada banyak resiko yang dapat saja terjadi, pasca operasi cesar.” kata menuntut McDonald. [e_SdS]

 

source: dailymail