Trafo atau transformator merupakan komponen elektronika (elektromagnet) yang bisa mengubah taraf tegangan AC ke taraf yang lain. Benda ini sudah sangat akrab di dalam kehidupan kita walaupun kadang tidak disadari. Trafo baik yang ukuran kecil maupun ukuran besar sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Berdasarkan ilmu dan bidang elektronika, ada 4 jenis trafo atau transformator yang dikenal di dunia. Berikut ini 4 jenis trafo yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Trafo Jenis Step-Up / Step-Down

Trafo Step UP and Down
Trafo Step UP and Down

Trafo jenis ini berguna untuk menyesuaikan tegangan asal dengan tegangan alat elektronika yang dipakai. Misal tegangan dari PLN sebesar 220 volt sedangkan alat elektronika yang dipakai membutuhkan tegangan 100 volt, maka alat elektronika ini memerlukan trafo untuk menurunkan tegangan. Trafo step-up / step-down ini memiliki sifat menghasilkan tegangan yang lebih besar jika jumlah lilitan sekunder lebih banyak dari lilitan primer. Selain itu, memiliki sifat dapat menurunkan dan menaikkan tegangan.

2. Trafo IF

Trafo IF
Trafo IF

Disebut juga dengan trafo frekuensi menengah karena fungsinya untuk penguat frekuensi. Trafo ini terbilang sudah usang karena saat ini sudah jarang yang memakainya. Pada jaman dulu, ini digunakan dalam radio penerima. Radio pemancar memancarkan gelombang suara lalu di tangkap trafo ini untuk diolah bersama komponen lainnya sehingga gelombang suara menjadi berbentuk suara yang bisa di dengar masyarakat. Bentuk trafo ini bujur sangkar dan berukuran kecil.

3. Trafo Jenis Out Put

Trafo Output
Trafo Output

Trafo jenis ini memiliki bentuk yang hampir mirip namun berbeda ukurannya dengan jenis trafo lain. Dalam trafo ini terdapat lilitan coil dari nikelin yang berfungsi untuk menentukan besar kecilnya arus masuk. Trafo out put ini banyak digunakan dalam komponen yang menghasilkan suara diantaranya tape recorder, radio penerima, rangkaian amplifier dan alat elektronika lainnya khususnya yang berkaitan dengan suara.

4. Trafo Adaptor

Trafo Adaptor
Trafo Adaptor

Trafo adaptor ini terdiri dari lilitan primer dan sekunder yang berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC. Lilitan primer bertugas menerima arus listrik AC berkisar antara 110 volt – 240 volt. Sedangkan lilitan sekunder akan menghasilkan arus DC berkisar antara 4 volt – 12 volt.

Itulah berbagai jenis trafo yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu Anda tertarik mendalami ilmu elektronika dan ingin mengembangkan atau membuat penemuan baru tentang trafo (transformator). Semoga info ini bermanfaat bagi Anda.

Penulis oleh Fadli Firmansyah

Twitter : @fadfir

Keywords:

  • jenis trafo
  • macam macam trafo
  • jenis travo
  • jenis jenis trafo
  • macam trafo
  • Trafo IF
  • trafo kecil
  • macam macam travo
  • macam macam transformator
  • macam2 trafo