khasiat teh kembang sepatu

khasiat teh kembang sepatu

Bunga / kembang sepatu sangat cocok ditanam di iklim tropis. Anda pun dapat menanamnya sendiri di taman / kebun rumah Anda. Tidak hanya dapat menghiasi taman rumah, kembang sepatu juga memiliki khasiat kesehatan yang sangat penting.

Teh kembang sepatu atau sering disebut dengan hibiscus tea memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat penting. University of Maryland Medical Center ( UMMC ) merekomendasikan dengan menyeduh 2 sendok makan kembang sepatu kering dalam 1 cangkir air, atau Anda dapat membeli teh kembang sepatu yang sudah dalam bentuk teh kantong, akan membawa manfaat baik untuk kesehatan kita.

Berikut Sharing di Sini Manfaat kesehatan teh kembang sepatu:

Menurunkan Tekanan Darah
Teh kembang sepatu yang diketahui efektif untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2009¬† “Journal of Human Hypertension” menunjukkan bahwa ketika pasien mengonsumsi teh hibiscus selama 30 hari, mereka menunjukkan perbedaan yang terukur dalam pembacaan tekanan darah mereka. The UMMC merekomendasikan minum 1 cangkir teh dua kali per hari untuk mengobati hipertensi.

Menurunkan Kolesterol
Teh kembang sepatu juga bermanfaat menurunkan kolesterol. Sebuah artikel dalam edisi Agustus 2009 “Journal of Alternatif dan Complementary Medicine ” menceritakan bagaimana para peneliti menginstruksikan setengah dari subyek mereka untuk mengkonsumsi teh kembang sepatu dua kali sehari selama satu bulan. Subyek lain yang minum 1 cangkir teh hitam dua kali sehari selama satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah kolesterol mereka, termasuk kolesterol total, trigliserida, dan LDL ( kolesterol jahat). Ada juga peningkatan yang signifikan dalam HDL ( kolesterol baik).

Mencegah Kanker Perut
Teh kembang sepatu mengandung antioksidan, yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker. Sebuah studi yang dilaporkan dalam edisi Januari 2007 ” Interaksi bahan kimia dan biologis ” menemukan bahwa ekstrak kembang sepatu sangat mematikan sel-sel kanker. Ketika diuji terhadap sel-sel kanker perut, kembang sepatu terbukti menjadi racun bagi sel-sel kanker. Para peneliti mengusulkan bahwa mengkonsumsi kembang sepatu dapat membantu dalam pencegahan kanker perut .

Merawat kesehatan Rambut
Anda dapat merawat rambut kering dengan menerapkan masker rambut dari bahan teh kembang sepatu, demikian rekomendasi dari ahli rambut Veralucia Thompson, pendiri Pusat Nasional Trichology di Jacksonville, Florida. Menyeduh teh kembang sepatu dan juga teh kuncup bunga sepatu (red zinger), pada suhu kamar, campur dengan bubuk rumput laut sampai berbentuk pasta, menurut majalah ” Natural Health “. Rumput laut menambahkan mineral, yang meningkatkan kesehatan rambut. Bahan-bahan tambahan yang dapat ditambahkan ke masker untuk meningkatkan efektivitas meliputi beberapa tetes masing-masing minyak mawar, bergamot, geranium, jeruk dan cendana, minyak jojoba. Menggosok kulit kepala Anda dengan masker selama sekitar lima menit untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan menutupi rambut dengan handuk hangat dan bungkus dalam plastik selama 20 sampai 30 menit. Bilas , sampo dan kondisioner. [e_SdS]

 

 

 

Keywords:

  • teh kembang sepatu