tanda - tanda penyakit liver

tanda – tanda penyakit liver

Hati adalah organ vital yang penting untuk vitalitas dan kesehatan manusia. Fungsi hati membantu untuk mencerna makanan, menyingkirkan zat beracun dan menyerap nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk bertahan hidup. Beberapa orang dilahirkan dengan masalah hati sementara yang lain merusak hati mereka dengan terkena bahan kimia berbahaya, konsumsi alkohol atau karena terserang virus. Tanda-tanda awal masalah hati tidak boleh diabaikan dan bantuan medis harus dicari untuk memastikan perawatan yang tepat.

Perubahan warna kulit
Salah satu tanda-tanda awal dari masalah hati diantaranya perubahan warna/bentuk kulit secara mendadak. Yaitu kulit berwarna rona kekuningan. Juga dapat mengalami kuku atau ujung jari berubah warna menjadi kuning. Hal ini dapat terjadi karena hati tidak membuang racun dengan benar dari dalam tubuh dan bilirubin mulai menumpuk di bawah kulit.

Gatal atau kulit menjadi sensitif
Tanda-tanda awal masalah hati dapat dilihat dari kulit gatal yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Kulit sensitif terhadap sentuhan atau menjadi meradang dengan mudah setelah gatal juga bisa menjadi tanda dari masalah hati. Menjaga kulit agar tetap pelembap akan membantu meringankan rasa tidak nyaman ini.

Perubahan warna urin dan feses
Beberapa orang yang memiliki masalah kesehatan pada organ hati / orang hati tidak berfungsi dengan baik akan merakan perubahan ketika mereka kencing dan berak. Dalam beberapa kasus, urin berubah warna menjadi warna gelap. Beberapa orang mungkin mengira bahwa mengalami dehidrasi. Beberapa pasien dengan masalah hati pada tahap awal melaporkan bahwa perubahan dalam tinja mereka menjadi berwarna pucat, berdarah atau bahkan tak berwarna.

Perubahan perut
Perubahan di daerah perut dapat memberikan indikasi awal masalah hati. Mengalami kram atau nyeri pada perut bagian bawah. Hal ini menyebabkan sensasi mengandung gas yang menyertai tekanan. Sebagai masalah hati bertambah parah, lingkar perut dapat berkembang bertambah semakin besar. Hal tersebut terjadi karena penumpukan cairan di dalam dinding perut. Hal tersebut dapat menyebabkan tekanan ke paru-paru sehingga sulit untuk bernapas. Sebuah tindakan mungkinharus dilakukan untuk membantu mengeluarkan cairan dari perut.

Merasa lelah dan lemah akut
Jika Anda mengalami perubahan, seperti perasaan yang sangat lelah ekstrim, lemas atau kelelahan kronis, ini juga bisa menjadi tanda awal masalah hati. Tubuh terlalu bekerja lebih keras ketika sehat dan tidur larut malam / begadang. Repon pertama yang harus Anda lakukan adalah cukupilah istirahat Anda, terutama istirahat tidur malam. Jika kelemahan dan kelelahan seluruh tubuh terjadi dengan gejala lain yang terkait di atas, maka Anda butuh perhatian medis untuk masalah hati Anda.

source: Web MD

 

Keywords:

  • penyakit liver