faktor penyebab naik turunnya tekanan darah

faktor penyebab naik turunnya tekanan darah

Tekanan darah adalah pengukuran kekuatan darah terhadap dinding arteri. Tekanan darah sistolik diukur berdasar tekanan darah saat jantung berkontraksi, sedangkan tekanan darah diastolik diukur ketika otot jantung santai. Sistolik adalah angka teratas dalam pembacaan tekanan darah, sedangkan diastolik adalah angka bawah. Beberapa penyebab fluktuasi tekanan darah akan berimbas dalam perubahan tingkat tekanan darah. Apa saja hal-hal yang mempebngaruhi naik turunnya tekanan darah? Berikut Sharing di Sini Faktor Penyebab Fluktuasi Tekanan Darah.

Ritme Sirkardian (Circadian Rhythm)

Tekanan darah secara alami berfluktuasi sepanjang hari, sesuai dengan irama/ritme sirkadian masing-masing individu. Ritme sirkadian adalah siklus dari proses fisiologis, perilaku dan biokimia pada manusia. Misalnya adalah kelelahan/kecapekan, setelah berolahraga, menangis, hal tersebut dapat menyebabkan peningkatkan tekanan darah. Tekanan darah biasanya akan terukur memiliki titik terendah di pagi hari (setelah bangun tidur) dan puncaknya di sore/malam hari sebelum tidur. Menurut Dr Joshua Penn dari Cedars – Sinai Medical Group, tekanan darah dapat berfluktuasi 10 sampai 15 mm merkuri pada nilai sistolik dan 5 sampai 10 mm merkuri pada nilai diastolik karena irama tubuh alami ini.

Hipertensi

Salah satu penyebab paling umum dari fluktuasi tekanan darah adalah hipertensi, yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Satu pembacaan tekanan darah tinggi tidak berarti seseorang memiliki penyakit hipertensi. Hipertensi didiagnosis setelah beberapa pembacaan tekanan darah bernilai tinggi. Tekanan darah dianggap normal jika angka menunjukkan kisaran 120/80 mm merkuri. Tekanan darah dapat berfluktuasi secara signifikan jika seseorang memiliki penyakit hipertensi yang tidak diobati atau tidak dapat dikontrol.

Stress / Tegang

Ketika seseorang mengalami stres, tekanan, banyak pikiran maka tubuh akan bereaksi menghadapi situasi tersebut dengan meningkatkan denyut jantung, gula darah, tekanan darah dan laju respirasi. Arteri perifer menjadi terbatas, yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah beroksigen ke jaringan tubuh. Sesekali stres biasanya tidak berbahaya, tetapi jangka waktu stres yang lama dan terus menerus dapat menyebabkan fluktuasi tekanan darah yang terjadi secara teratur, sehingga berdampak hipertensi.

Sensitivitas Makanan

Kepekaan terhadap makanan dapat memicu fluktuasi tekanan darah, terutama setelah mengkonsumsi jenis makanan pemicu. Jika seseorang dengan kepekaan terhadap garam, ia mengonsumsi makanan asin, tekanan darah dapat meningkat sementara. Jika fluktuasi ini tidak sering terjadi, mereka biasanya tidak menjadi perhatian. Jika fluktuasi ini terjadi secara teratur, pengaturan pola makan mungkin diperlukan untuk mencegah lonjakan tekanan darah yang berhubungan dengan kepekaan terhadap makanan.

Obat-obatan

Obat-obatan yang berhunungan dengan pembuluh darah dapat menyebabkan fluktuasi tekanan darah. Resep dan obat bebas seperti asetaminofen, dekongestan, pil KB, antidepresan, imunosupresan, obat anti – inflamasi non-steroid dan obat stimulan yang digunakan untuk mengobati gangguan perhatian defisit hiperaktif dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Obat-obatan terlarang seperti kokain dan methamphetamine juga dapat menyebabkan fluktuasi tekanan darah yang berbahaya.

Kafein

Kafein adalah stimulan yang dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah. Menurut Dr Sheldon G. Sheps dari Mayo Clinic, dua sampai tiga cangkir kopi dapat menyebabkan tekanan sistolik meningkat 3 sampai 14 mm air raksa dan tekanan diastolik meningkat sebesar 4 sampai 13 mm merkuri. Pada orang yang tidak minum kafein secara teratur, kenaikan tekanan darah mungkin akan lebih besar. Penyebab lonjakan ini tekanan darah ini belum diketahui, namun para ilmuwan menunjukkan bahwa kafein menyebabkan pembuluh darah mengerut.

 

Keywords:

  • penyebab tekanan darah naik turun
  • penyebab tensi naik turun
  • tekanan darah naik turun
  • tensi naik turun
  • penyebab tensi darah naik turun
  • tensi darah naik turun
  • tekanan darah naik turun tidak stabil
  • penyebab tekanan darah tidak stabil
  • bangun tidur penyebab tekanan darah naik
  • waktu bisa mempengaruhi tensi?