Memiliki furniture di dalam rumah itu sudah pasti. Nah, apakah Anda punya furniture outdoor juga? Furniture yang berada di luar ruangan/rumah kadang harus lebih ekstra dalam merawatnya agar dapat bertahan lebih lama atau awet. Ada beberapa cara perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga furniture outdoor Anda. Dikutip dari kreasikayu.wordpress.com, berikut ini tips cara perawatan furniture outdoor yang menggunakan bahan kayu, yaitu :

tips merawat furnitur outdoor
tips merawat furnitur outdoor

Gunakan Minyak Kayu

Untuk menjaga furniture kayu Anda bertahan lebih lama dan mengkilap, gunakan minyak kayu. Minyak kayu ini akan menjaga furniture kayu Anda dari sengatan matahari yang berlebih karena menjaga kelembaban sehingga dapat menurunkan suhu panas matahari ketika mengenai kayu. Ingat pula, usahakan tiap 6 bulan sekali furniture kayu Anda diolesi kembali dengan minyak kayu.

Selain berbahan kayu, furniture outdoor juga ada yang berbahan dari aluminium, plastik, dan kain. Nah, seperti apa perawatannya? Dikutip dari dekor-minimalis.blogspot.com, beberapa tips perawatan furniture outdoor selain berbahan kayu ini mungkin dapat membantu Anda.

Berbahan Aluminium

Furniture outdoor yang berbahan aluminium ini dapat Anda bersihkan dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Usahakan membersihkannya dengan lembut memakai busa atau kain. Hal ini dapat merawat furniture outdoor Anda sehingga lebih awet.

Furniture Outdoor dari Plastik

Walaupun furniture outdoor berbahan plastik mudah dibersihkan namun jangan sampai lupa untuk merawatnya. Pembersihannya dapat menggunakan air dan sabun. ilangBisa dengan menyemprot menggunakan selang atau menggunakan kain dan busa. Untuk menghilangkan jamur yang terdapat pada furniture Anda, sebaiknya menggunakan baking soda untuk membersihkannya.

Nah, jika masuk musim hujan, sebaiknya ketika sedang hujan, furniture outdoor plastik Anda ditaruh di gudang atau tempat yang tidak terkena hujan. Hal ini membantu agar furniture lebih awet, apalagi jika cuacanya tidak bersahabat seperti pagi cerah dan siangnya hujan. Cuaca tersebut dapat merusak dan mengelupas material plastik dari furniture Anda.

Furniture Outdoor dari Kain

Mencuci dengan deterjen merupakan cara yang baik untuk membersihkan furniture outdoor berbahan kain. Salah satu contohnya yaitu bantal. Jika bantal Anda berwarna putih, sebaiknya dibersihkan dengan cairan pemutih untuk menghilangkan jamur ketika musim hujan datang.

Nah, itulah beberapa tips perawatan furniture outdoor Anda dari berbagai bahan material seperti aluminium, kain, plastik dan kayu. Semoga tips ini dapat memberikan manfaat dan furniture outdoor Anda akan lebih awet sehingga tidak mengeluarkan biaya yang boros untuk mengganti furniture Anda.

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir