Praktek yoga anak dirancang untuk membiarkan anak-anak bermain dan menggunakan imajinasi mereka, namun tujuannya sama seperti yoga dewasa, yakni mengurangi stres, mendapatkan semangat baru, meningkatkan fokus, meningkatkan kepercayaan diri dan memperbaiki bentuk tubuh.

Memulai latihan yoga awal dalam hidup adalah cara untuk memfasilitasi belajar melalui bermain, menurut Flynn, yang mendirikan ChildLight Yoga Studio di Dover, New Hampshire, dan merupakan penulis Yoga Untuk Anak. Flynn mengubah nama pose untuk membuat mereka lebih seperti permainan, dan untuk menjaga yoga anak lebih menyenangkan.

“Kami membantu [anak-anak] dalam proses tumbuh kembang tubuh mereka, sehingga benar – benar meningkatkan kesadaran pikiran dan tubuh mereka,” katanya kepada The Huffington Post. “Kami melatih keterampilan self-regulation, kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang.”

Berikut Sharing di Sini Beberapa Pose Yoga untuk Anak yang dapat kia jadikan referensi, dilansir dari Huffingtonpost.

Happy Baby Pose

happy baby pose

happy baby pose

Pose ini tidak hanya menyenangkan, namun juga menguntungkan, karena postur beristirahat membentang paha belakang sementara juga memijat organ belakang dan internal. Mintalah anak Anda berbaring di punggungnya, tekuk kaki ke dada sehingga lutut ditekuk ke arah ketiak, dan tarik kaki dari luar,  kemudian bersantai di berpose untuk beberapa napas dalam dan keluar.

Pose Pelari (Road Runner Pose)

road runner pose

road runner pose

Pose ini adalah favorit untuk anak laki-laki dan dapat sangat bermanfaat bagi mereka, karena membentang paha belakang dan pinggul di mana anak laki-laki cenderung lebih ketat. Pose ini adalah variasi dari Lunge tinggi, dan mulai dengan lutut ditekuk dan kedua tangan di lantai. Anak-anak harus mengambil langkah besar kembali dengan kaki kiri, menjaga tangan ditempatkan pada kedua sisi kaki kanan, yang membungkuk sehingga lutut langsung di atas pergelangan kaki. Tahan selama 3-5 napas dan kemudian ulangi di sisi lain.

Flynn menyarankan menambahkan “Ready, set, go!” variasi, di mana anak menurunkan lutut belakang, membawa kembali ke atas, dan beralih kaki cepat pada saat “go!” Coba ulangi lima kali untuk melibatkan anak-anak dan meningkatkan detak jantung seperti halnya latihan aerobik.

Pose Papan jungkat-jungkit (Seesaw Pose)

seesaw pose

seesaw pose

Gerakan yoga ini dapat dilakukan oleh dua anak atau orang tua dan anak. Nikmati gerakan yang meregangkan punggung bawah, lengan, dan bahu. Untuk melakukannya, dua peserta duduk berhadapan dengan kaki terentang di depan mereka dalam bentuk V dan kembali tinggi. Semakin kecil anggota dari pasangan menempatkan kaki nya di bagian dalam kaki orang lagi berkaki itu. Berpegangan tangan, mereka bergantian perlahan kembali dan sebagainya.

“Idealnya Anda berdua akan mampu duduk tangan bagus dan tinggi dan terus melintasi,” kata Flynn. “Dengan cara itu ketika Anda peregangan, Anda akan membentang dari pinggul dan bukan dari belakang.”

Surfing  Up Pose

surf's up pose

surf’s up pose

Anak-anak dapat menggunakan tikar sebagai alas “papan selancar”, yang dimulai dengan “berenang” di tikar di perut mereka dan kemudian mendorong tubuh ke atas, peregangan satu kaki lurus di belakang mereka dan membawa kedua lengan ke depan. Mereka harus kembali ke Mountain Pose (berdiri tegak dan tinggi) dan memutar keluar kaki mereka sebelum mengulangi di sisi lain.

“Kau benar-benar menggunakan otot inti dan otot punggung bawah,” kata Flynn.

Upward – Facing Dog Pose

Upward-Facing Dog

Upward-Facing Dog

Selain peregangan dan penguatan tulang belakang, bahu dan lengan, ke atas-Facing Dog dapat membuka dada dan memperbaiki postur tubuh, menurut Flynn. Mulailah dengan berbaring pada perut, dengan tangan oleh dada, siku terselip di, dan jari-jari terbuka lebar. Tekan ke bawah ke tangan dan menggunakan lengan dan bahu kekuatan untuk mengangkat tubuh bagian atas dari lantai. Ambil tiga napas dalam-dalam dan keluar, dan kemudian pelan-pelan turunkan kembali ke lantai.

Sandwich Pose

sandwich pose

sandwich pose

Pose ini adalah variasi membungkukkan badan ke depan saat duduk. Sangat bagus untuk anak-anak yang sering cemas atau gelisah, karena membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan konsentrasi. Mulai di duduk berpose dengan kaki diperpanjang lurus dan telapak kaki tertekuk. Pada menghirup, jangkauan lengan ke langit dan kemudian membungkuk ke depan dari pinggul ketika Anda menghembuskan napas. Sentuh tangan ke tulang kering atau kaki.

Candle Breath Pose

candle breath yoga pose for kids

candle breath yoga pose for kids

Bahkan anak-anak kecil (dari sekitar 2 tahun) bisa mendapatkan keuntungan dari ini latihan pernapasan dasar. Anak-anak membuat “lilin” dengan mengangkat dua jari, dengan sisa jari interlaced, kemudian bernapas dalam-dalam, dan bayangkan perlahan meniup lilin dengan napas panjang. Ulangi tiga kali.

Flynn mengatakan, “Hal yang saya suka tentang napas lilin adalah bahwa hal itu begitu sederhana. Semua orang tahu bagaimana untuk meniup lilin dan napas panjang akan melibatkan sistem saraf parasimpatis dan benar-benar membantu untuk menenangkan jiwa dan pikiran kita.”

 

Selamat beryoga dengan buah hati Anda. [e_SdS]