tips hidup panjang umur

tips hidup panjang umur

Ingin hidup panjang umur? Tentu semua orang mendamba hidup sehat dan berusia hingga 100 tahun. Berikut Sharing di Sini Beberapa trik sederhana dan mengejutkan untuk Hidup Panjang Umur, berdasarkan beberapa penelitian, dilansir dari mirror.co.uk.

1. Konsumsi secangkir teh
Teh dikemas dengan antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit jantung , kanker dan penuaan dini. Sebuah studi menemukan bahwa peminum teh hidup jauh lebih lama daripada mereka yang tidak memiliki secangkir biasa. Tapi ingat untuk memberikan aduk baik sebelum melepaskan kantong teh , karena penelitian menunjukkan ini melepaskan 15 % lebih bahan usia menolak.

2. Berdiri pada satu kaki setiap pagi
Ini mungkin terdengar aneh, tapi berdiri di atas satu kaki di pagi hari akan memaksa tubuh Anda untuk berlatih keseimbangan, menguatkan panggul dan perut, otot-otot yang mendukung tulang belakang Anda. Menurut fisioterapis Tom Salzman : ” Melakukan ini sehari-hari pada suatu kesempatan yang sederhana akan memberikan manfaat jangka panjang yang signifikan, akan tetap aktif lebih lama dan melindungi terhadap patah tulang seiring bertambahnya usia.”

3. Memiliki seks teratur setidaknya dua kali seminggu
Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam sebulan memiliki dua kali lipat risiko kematian dini dibandingkan mereka yang berhubungan seks dua kali seminggu. Selain manfaat kesehatan, pasangan dengan kehidupan seks yang sehat juga dapat terlihat hingga tujuh tahun lebih muda, menurut sebuah studi oleh Rumah Sakit Royal Edinburgh, hal tersebut karena seks mengurangi stres, yang mengarah ke kepuasan yang lebih besar dan tidur lebih nyenyak.

4 Makan tiga biji  kenari per hari
Kenari adalah kacang yang menyehatkan karena mengandung zat yang baik untuk jantung sehat, pelawan penyakit, anti – penuaan, dan antioksidan, menurut studi terbaru dari University of Scranton, Amerika Serikat. Dengan mengonsumsi rutin tiga biji kenari sehari sudah cukup untuk mendapatkan keuntungannya.

5. Pastikan diri Anda cukup pancaran sinar matahari
Angka menunjukkan bahwa 50 % orang di Inggris yang kekurangan vitamin D, nutrisi sinar matahari untuk kulit, meningkatkan risiko fatal seperti penyakit jantung, osteoporosis dan kanker. Untuk meningkatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, Cancer Research UK merekomendasikan pastikan mendapatkan sinar matahari (vitamin D alami) selama beberapa menit sekitar 15 sampai 20. Tapi pastikan kulit Anda jangan sampai terbakar, berjemurlah dengan menggunakan tabir surya, atau pada matahari pagi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

6. Memiliki enam teman baik
Mengembangkan persahabatan dekat dan ikatan keluarga adalah rahasia hidup sampai 100  tahun, menurut sebuah penelitian di Australia baru-baru ini.  Teman memberikan dukungan emosional, yang membantu kita mengatasi stres, dan perasaan dicintai akan mendongkrak produksi hormon dopamin dan oksitosin, mendorong pertumbuhan otak (anti pikun), memerangi penuaan. Penelitian lain membuktikan enam adalah jumlah optimum dari teman yang kita butuhkan.

7. Berhenti makan ketika 80 % kenyang
Ada sebuah komunitas Okinawa yang mendiami pulau-pulau terpencil Jepang, mereka memiliki tingkat obesitas terendah di dunia, serta persentase tertinggi orang yang hidup melampaui 100 tahun . Rahasia panjang umur mereka adalah setiap kali makan, mereka berhenti makan saat mereka merasa sekitar 80 % kenyang, dengan senang hati meninggalkan kelebihan makanan di piring mereka. Peneliti Amerika juga menemukan bahwa hewan yang ditemukan dapat hidup sampai dua kali lebih lama ketika asupan makanan mereka berkurang hingga sepertiga. Cara ini akan membantu mereka untuk menjaga berat badan sehat. Ketika asupan makan kurang berarti sistem metabolisme akan berkurang kerjanya, yang pada gilirannya mengurangi  stres jangka panjang pada tubuh.

8. Tidur lebih awal
Kurang tidur dapat berisiko memburuknya kondisi kesehatan seperti depresi, penyakit jantung, menurut sebuah penelitian terbaru. Sebuah studi dari Harvard Business School di AS menemukan bahwa bagi orang-orang yang biasanya tidur selama tujuh jam atau tidur tidak larut malam, menyebabkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah, sehingga menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

9. Pastikan Anda menyikat gigi sebelum tidur malam
” Penyakit gusi adalah kondisi yang paling umum di dunia. Jadi, jangan pernah lewatkan untuk menyikat gigi Anda. ” kata dokter gigi Dr James Russell. Penelitian telah menghubungkan penyakit gusi dengan peningkatan risiko kondisi lain, termasuk penyakit jantung, diabetes dan kanker tertentu.

10. Menjadi orang yang teliti (tidak sembrono)
Penelitian oleh psikolog Dr Howard Friedman, AS telah menemukan bahwa prediktor terbaik dari umur panjang adalah seberapa tingkat ketelitian seseorang. Jadilah irang yang berhati-hati dengan uang, bijaksana, detail, fokus dan ingin menempatkan semuanya kembali di tempat yang selayaknya, akan cenderung hidup lebih lama. Menurut penelitian, bahwa orang yang teliti dapat menghasilkan lebih banyak serotonin kimia sehingga otak merasa baik, membuat nyaman, makan teratur dan meningkatkan kuliatas tidur mereka. Mereka juga biasanya tertarik terhadap pilihan gaya hidup sehat.

11. Pentingnya hewan peliharaan
Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan akan lebih jarang mengalami stres,  tertekan dan dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak memelihara hewa peliharaan, menurut sebuah penelitian. Efek menenangkan dari memiliki binatang peliharaan bahkan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung, menurut peneliti dari Universitas Minnesota di Amerika Serikat . Studi lain menemukan pemilik anjing yang selalu mengajak berjalan-jalan anjing peliharaan mereka sehari-hari hidup rata-rata tujuh tahun lebih lama yang tidak memiliki anjing peliharaan.

12. Jangan menyimpan buah di lemari es
Anda mungkin berpikir bahwa menyimpan buah di kulkas akan menjadikan buah lebih tahan lama kesegarannya , namun studi menunjukkan bahwa buah dingin kandungan nutrisinya sudah berkurang, daripada buah yang disimpan pada suhu kamar. Misalnya, tomat dan paprika disimpan dalam mangkuk di suhu ruangan, kandungan betakarotennya berisi 2x lipat, sedangkan likopennya hingga 20x lipat jika disimpan di suhu ruang (bukan lemari es). Asupan tinggi dari kedua antioksidan tersebut telah dikaitkan dengan kesehatan jantung dan menghindari beberapa jenis kanker.

13. Menjadi orang yang suka membantu orang lain
Membantu orang lain tidak hanya membuat perasaan lebih baik, namun juga menuai manfaat kesehatan yang besar. Sebuah studi jangka panjang di AS menemukan bahwa seorang relawan yang suka membantu secara teratur, jauh lebih lama hidup daripada mereka yang tidak. Relawan juga mengalami berkurangnya depresi (jarang depresi), nyeri lebih sedikit dan kesehatan secara umum yang lebih baik.

14.  Bernyanyi
Bernyanyi secara teratur bisa menjadi polis asuransi kesehatan terbaik daripada mengonsumsi vitami , menurut Harvard dan Yale University pada sebuah studi bersama di Amerika Serikat . Mereka menemukan bahwa menjadi anggota paduan suara meningkatkan harapan hidup, dan menyimpulkan bahwa bernyanyi memangkas stres, mempromosikan kesehatan jantung dan membantu menangkal depresi.

15. Konsumsi Buah dan Sayur dua kali lebih banyak
Sebuah laporan baru-baru ini dalam European Heart Journal menemukan bahwa orang yang makan delapan atau lebih porsi buah dan sayuran sehari memiliki hampir seperempat lebih sedikit peluang kematian akibat penyakit jantung dibandingkan orang yang hanya makan tiga porsi buah dan sayur. Hal ini karena buah dan sayuran kaya akan vitamin penting dan antioksidan, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kerusakan yang menyebabkan penuaan dini.

16. Cobalah untuk berhenti mengeluh (Bersyukur)
Optimis akan hidup 12 tahun lebih lama daripada pesimis, menurut para peneliti Amerika di Mayo Clinic AS. Pesimis juga lebih rentan terhadap penyakit virus dan kecil kemungkinannya untuk melakukan pertahanan penting yang mendeteksi kanker payudara atau kanker kulit.

17. Minum banyak jus apel
Jus apel bisa membantu menjaga otak Anda terus muda, menurut sebuah penelitian terbaru di Journal Of Alzheimer Disease. Para peneliti menemukan dengan dua gelas sehari jus apel mengurangi pembentukan plak lengket yang ditemukan dalam otak pasien demensia.

18. Gambarlah pohon keluarga Anda dan belajar sejarah Anda
Mencari tahu riwayat kesehatan keluarga Anda bisa membantu memprediksi masa depan kesehatan Anda sendiri, karena banyak kondisi memiliki link genetik. “Kami menduga kondisi, seperti penyakit jantung atau kanker, adalah faktor genetik, yang dapat dilihat dari silsilah riwayat kesehatan keluarga.” kata Dr Anand Saggar, seorang dokter spesialis genetika Harley Street. Dengan mengidentifikasi kondisi yang berjalan dalam keluarga Anda, Anda dapat yakin untuk melihat semua gejala sehingga masalah dapat dicegah dan diatasi sejak awal.

19. Kurangi menonton TV jam malam
Setelah usia 25 tahun, setiap jam Anda menonton TV, bisa mengurangi sekitar 20 menit dari umur Anda, kata para ilmuwan di US National Cancer Institute. Semakin banyak Anda menonton TV, semakin lama tubuh Anda duduk dan tidak melakukan apa-apa, otot tidak bergerak dan kaloritidak terbakar, sehingga meningkatkan risiko penyakit dan kematian dini.

20. Pastikan Anda tidak pernah melewatkan screening
Dengan rajin melakukan screening sejak Anda muda dan sehat akan mendeteksi sejak dini semua kemungkinan jenis penyakit yang beresiko untuk Anda, sehingga dapat dicegah dan diobati. Papsmear, pemeriksaan tekanan darah, mammogram, dll adalah bukan sesuatu hal yang tidak bermanfaat.

21. Ukur pinggang Anda, bukan berat badan Anda
Para ilmuwan telah menemukan bahwa ukuran pinggang adalah prediktor yang lebih baik dari penyakit jantung daripada berat badan atau BMI ( indeks massa tubuh ) karena dapat menunjukkan adanya lemak visceral, lemak berbahaya yang ada di sekitar organ vital. Pinggang Anda harus berukuran di bawah 94 cm untuk pria atau di bawah 80 cm bagi seorang wanita.

22. Setia dan Harmonis dengan pasangan Anda
Pria yang menikah tiga kali, lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan pria yang tidak pernah membagi cintanya pada beberapa wanita. Pada perempuan, membagi dua cinta pada pernikahan berisiko kematian akibat penyakit jantung, menurut sebuah studi 2009.

23. Tertawa setidaknya 20 kali sehari
Tertawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh,mengurangi hormon stres dan merangsang bekerjanya sel-sel pelawan kanker. Tapi sebagai orang dewasa kita hanya tertawa rata-rata lima sampai lima belas kali sehari  sementara anak-anak dapat dengan mudah tertawa lebih dari seratus tertawa setiap hari.

24. Berhenti merokok
Menurut sebuah studi jangka panjang di Finlandia, merokok tidak hanya memperpendek hidup Anda sekitar 10 tahun, tetapi juga menurunkan kualitas hidup di usia tua, karena perokok lebih mungkin untuk menderita beberapa penyakit berbahaya.

25. Cobalah untuk percaya (Memiliki kepercayaan)
Lebih dari 1.000 studi telah menemukan hubungan antara iman dan kemungkinan hidup lebih lama. Diperkirakan bahwa memiliki keyakinan yang kuat membantu orang hidup lebih tenangm mengatasi stres dan masalah emosional, dan juga menawarkan perlindungan terhadap berbagai masalah seperti serangan jantung, pernapasan dan masalah pencernaan.

Semoga bermanfaat

[e_SdS]