khasiat gizi peterseli

khasiat gizi peterseli

Peterseli termasuk dalam keluarga Umbelliferae merupakan ramuan yang sangat populer sejak jaman dulu. Orang romawi kuno menggunakan peterseli sebagai obat penawar racun, kadang mereka juga mengunyah beberapa daun peterseli sebelum memulai pesta minum anggur. Tujuannya adalah untuk menghindari keracunan (mabuk berat) akibat banyak mengkonsumsi anggur.

Di masyarakat kita, peterseli sering digunakan sebagai penghias makanan. Namun dibalik fungsinya yang mempercantik penyajian makanan, ternyata peterseli menyimpan manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut Sharing di Sini Khasiat Daun Peterseli untuk Kesehatan.

1. Menurut sebuah penelitian, peterseli memiliki kandungan minyak mirisitin yang sangat ampuh untuk menghambat pembentukan tumor paru-paru. Dalam minyak mirisitin banyak terkandung senyawa apigeninflavonoid seperti yang terkandung dalam beberapa buah dan kacang-kacangan.

2. Peterseli juga bisa dipakai sebagai obat diuretik alami sehingga sangat tepat jika digunakan dalam program diet (penurunan berat badan).

3. Pada masakan, peterseli sebenarnya bukan hanya sebagai penghias untuk mempercantik sebuah menu makanan. Namun kita juga bisa menggunakan peterseli untuk meningkatkan rasa pada makanan sama halnya dengan fungsi garam dan gula.

Perlu diketahui, daun peterseli akan berfungsi secara maksimal jika masih dalam kondisi segar. Peterseli kering biasanya telah melalui beberapa proses pengeringan, sehingga banyak kehilangan beberapa zat yang penting bagi kesehatan.

Jadi, ketika Anda menyajikan masakan dengan peterseli sebagai hiasannya, jangan sampai dibuang sia-sia ya. Konsumsi juga peterselinya, agar khasiat sehatnya dapat kita peroleh.[e_SdS]

Keywords:

  • peterseli