faktor penyebab bertambahnya berat badan wanita setelah menikah

faktor penyebab bertambahnya berat badan wanita setelah menikah

Pernikahan adalah momen yang sangat menegangkan bagi setiap orang. Jika akan melangsungkan pernikahan, biasanya calon mempelai mempersiapkan segala sesuatu  dengan sungguh-sungguh, termasuk dalam hal penampilan. Bagi calon pengantin wanita, tentu ingin tampil sempurna disaat pernikahannya. Salah satu hal yang paling diperhatikan adalah bentuk tubuh, wanita ingin saat hari pernikahannya bentuk tubuh mereka terlihat ramping, langsing sempurna. Namun setelah hari pernikahan selesai, kebanyakan ukuran tubuh mereka (terutama pengantin wanita) berubah drastis seiring bertambahnya usia pernikahan. Yang menjadi pertanyaan adalah, Faktor apa yang menyebabkan berubahnya bentuk dan bertambahnya berat badan wanita pasca menikah?

Sebenarnya sangat wajar jika berat badan wanita naik pasca menikah. Nah, berikut Sharing di Sini Beberapa Faktor yang Menyebabkan Berat Badan Wanita Naik setelah Menikah.

Persiapan pernikahan
Menjelang hari pernikahan, kebanyakan calon pengantin (wanita) pasti melakukan diet ketat agar saat hari pernikahan bisa tampil sempurna. Selain diet ketat, mereka juga lebih sering meluangkan waktu untuk pergi ketempat fitnes untuk tujuan tadi (tampil sempurna saat hari pernikahan). Namun, setelah hari pernikahan selesai kebanyakan wanita mulai malas pergi ke tempat fitnes ataupun diet. Akibatnya, berat abdan menjadi naik bahkan lebih buruk dari sebelumnya….

Kehidupan romantis di keluarga baru
Romantisme pasca pernikahan sudah pasti dirasakan oleh pasangan yang baru saja menikah. Umumnya pria akan makan lebih banyak dari wanita, kemungkinan hal ini juga akan menular pada sang istri. Ditambah lagi jika suami tercinta berkata manis kepada istrinya : ” sudahlah sayang.. tidak usah diet nanti kamu sakit…
Naahh… hal ini bisa menjadi bumerang bagi wanita, mereka akan merasa bebas untuk mengkonsumsi berbagai jsnis makanan secara tidak terkontrol. Akibatnya sudah bisa ditebak kan….. KENAIKAN BERAT BADAN….

Hamil, melahirkan dan menjadi Ibu baru
Ketika wanita hamil, berat tubuh wanita akan terus bertambah seiring usia kehamilannya. Segala makanan bergizi harus dikonsumsi ibu hamil, belum lagi jika dalih mengidam sesuatu makanan kesukaan si ibu hamil. Hingga melahirkan, ibu yang baru melahirkan harus mengonsumsi banyak makanan bergizi untuk bekal menyusui anaknya. Namun, kebiasaan iin berlanjut, hingga berat badan wanita susah turun dan kembali ke berat badan semula sebelum hamil.

Kegiatan baru sebagai ibu rumah tangga
Setelah menikah, wanita adalah seorang ibu rumah tangga yang bertugas untuk mengurus rumah, suami dan anaknya. Kebanyakan kegiatan ibu rumah tangga adalah di dapur untuk menyiapkan makanan bagi keluarga tercinta. Berbagai resep baru pun dicoba untuk menyenangkan hati suami dan anak-anak secara tidak langsung kita (wanita) akan lebih sering mencicipi makanan. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Mencicip makanan, menghabiskan sisa makanan yang ada (dari anak-anak), sisa makanan yg sudah dimasak, dengan dalih “sayang, kalau dibuang, masaknya sudah capek”.

Kurang tidur
Jangan dikira kurang tidur akan membuat tubuh langsing, namun sebaliknya. Kurang tidur akan menyebabkan kenaikan berat badan (bahkan pemicu obesitas / diabetes). Wanita yang telah menikah, akan sibuk mengurus suami dan anak-anak, terlebih lagi dengan pekerjaan kantor, sehingga kurang waktu istirahat / tidurnya ( less quality sleep).

Kurang gerak / olahraga
Pasca pernikahan, pasangan akan lebih suka menikmati waktu berdua dan anak-anaknya, hal ini yang membuat malas untuk pergi kemana-mana. Jangankan untuk pergi ke tempat fitnes, jalan-jalan pagi saja terasa berat, karena harus mengurus kebutuhan anak dan suaminya.  Sehingga wanita rentan tak sempat merawat diri dan bentuk tubuhnya, misalnya tidak sempat lagi ke gym. Dan istilah lainnya adalah kurang me time untuk olahraga.

Bagaimana dengan Anda, Apakah mengalami hal yang sama? Sharing di Sini pengalamannya yaa..

 

by e_SdS

Keywords:

  • penyebab gemuk setelah melahirkan
  • cara merawat tubuh setelah melahirkan agar tidak gemuk
  • penyebab kegemukan setelah melahirkan
  • berat badan trs bertambah ynt ubu rmh tangga
  • ciri wanita akan gemuk setelah melahir
  • Ibu rt rentan gemuk
  • ibu2 rumah tangga gemuk
  • penyebab ibu rumah tangga
  • penyebab kegemukan pada ibu ru