10 jenis makanan pendetox alami

10 jenis makanan pendetox alami

Saat ini banyak sekali tersedia di pasaran yang menawarkan suplemen makanan yang bermanfaat sebagai pendetoksifikasi racun dan penyakit di dalam tubuh. Sebenarnya kita dapat mengonsumsi langsung, makanan – makanan yang berkasiat sebagai pendetoksifikasi. Apa sajakah itu? Berikut Sharing di Sini makanan pendetoks tubuh, yang baik dikonsumsi sebagai menu harian Anda.

1. Buah-buahan
Buah-buahan yang kandungan di dalamnya tinggi air, membantu tubuh membersihkan racun. Buah-buahan juga sangat mudah dicerna dan tinggi antioksidan, nutrisi, serat dan vitamin penting.

2. Sayuran Hijau
Rumput laut/ganggang hijau, barley, wheatgrass, kangkung, bayam, spirulina, dan sayuran berdaun hijau lainnya akan membantu memberikan gizi klorofil untuk saluran pencernaan Anda. Klorofil membantu menatralisir racun di dalam tubuh seperti  asap, logam berat, herbisida, produk pembersih dan pestisida. Sayuran hijau juga membantu dalam detoksifikasi hati/liver.

3. Lemon, Jeruk dan Jeruk nipis
Buah jeruk membantu tubuh dalam mengguyur racun mulai saluran pencernaan dengan proses enzimatik. Jus lemon membantu hati dalam proses pembersihannya. Untuk meningkatkan detoksifikasi, memulai setiap pagi dengan segelas air lemon hangat. Vitamin C merupakan salah satu vitamin detoks terbaik, seperti mengubah racun menjadi bahan yang dapat dicerna.

4. Bawang putih
Bawang putih membantu merangsang hati untuk memproduksi enzim detoksifikasi yang membantu menyaring residu beracun dari sistem pencernaan. Namun, sebaiknya bawang putih yang digunakan adalah bawang mentah atau setengah matang, sehingga kasiatnya belum hilang.

5. Brokoli dan Kecambah
Kecambah dan brokoli mengandung sangat tinggi antioksidan, serta kemampuan  untuk merangsang enzim detoksifikasi di saluran pencernaan tak tertandingi.

6. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat mengguyur racun keluar dari sistem tubuh, selain itu juga mengandung jenis antioksidan yang disebut catechin, yang dikenal untuk meningkatkan fungsi hati.

7. Kacang Hijau
Kacang hijau sangat mudah dicerna, dan menyerap residu beracun pada dinding usus.

8. Sayuran mentah
Contoj bahan makanan ini terbaik untuk jus atau dimakan mentah, yaitu bawang, wortel, asparagus, brokoli, kubis, kale, kubis brussel, kembang kol, bawang putih, bit, kunyit, dan oregano. Kombinasi makanan tersebut membantu hati dalam membersihkan racun. Makanan tersebut tinggi belerang alami dan glutathione. Sulphur membantu hati dalam mendetoksifikasi bahan kimia berbahaya.

9. Biji-bijian dan Kacang-kacangan
Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji rami, biji labu (kuaci), almond, walnut, wijen, biji chia, kacang merah, biji bunga matahari dll adalah  pilihan yang sangat baik untuk detoksifikasi.

10. mega-3
Gunakan biji rami, alpukat, minyak zaitun saat detoksifikasi. Hal ini membantu melumasi dinding usus, sehingga racun diserap oleh minyak, dan dieliminasi oleh tubuh. Selain pada biji rami, alpukat, dan minyak zaitun, asam lemak omega 3 juga biasa kita dapatkan pada minyak ikan atau ikan salmon. Melakukan proses membersihkan tubuh ini secara periodik juga dapat bermanfaat mengikis kolesterol daam tubuh. [e_SdS]

 

Keywords:

  • buah pendet
  • minuman pende
  • minuman pendetox tubuh