manfaat kesehatan greentea

manfaat kesehatan greentea

Banyak orang mengatakan bahwa teh hijau baik untuk kesehatan dan diyakini bahwa teh hijau membantu dalam mencapai penurunan berat badan. Bila diminum secara teratur teh hijau juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Minuman lezat ini mengandung gizi kuat yang disebut sebagai EGCG atau epigallocatechin gallate .

Teh hijau telah berasal dari Cina dan sejak ditemukan, teh hijau tekah digunakan sebagai obat. Kemudian minuman menyegarkan ini dikenal di seluruh Asia. Manfaat minum teh hijau juga diantaranya menstabilkan tekanan darah dan untuk pencegahan kanker. Karena proses fermentasi dihindari dalam teh hijau, memberikan manfaat kesehatan yang lebih dibandingkan dengan teh hitam, dengan demikian mempertahankan jumlah tinggi polifenol dan antioksidan dan zat lain yang bermanfaat di dalamnya.

 

Berikut Sharing di Sini 11 manfaat yang luar biasa mengonsumsi teh hijau.

1. Menurunkan Berat Badan
Teh hijau membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme.  Polifenol yang tinggi dalam teh hijau meningkatkan oksidasi lemak dan juga mengintensifkan laju pembakaran makanan menjadi kalori.

2. Mencegah Diabetes
Teh hijau mampu memperlambat gula darah dengan mengatur kadar glukosa. Minuman ini mencegah tingkat insulin yang tinggi dan timbunan lemak yang dihasilkan. Tentu saja, jika Anda mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan resiko diabtes, dengan tanpa menambahkan gula ya.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Teh hijau membantu Anda tetap santai dan juga membantu Anda menahan perubahan darah secara drastis dan bekerja pada lapisan pembuluh darah. Teh hijau  mencegah pembentukan gumpalan darah, yang merupakan penyebab utama stroke jantung / serangan jantung.

4. Mencegah Kanker Esophageal
Teh hijau ternyata membunuh sel penyebab kanker tanpa merusak jaringan sehat yang mengelilingi sel-sel kanker dan mengurangi risiko kanker kerongkongan.

5. Menurunkan Kolesterol
Teh hijau membantu menurunkan kolesterol jahat. Teh hijau membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

6. Mencegah Parkinson dan Alzheimer
Teh hijau membantu dalam menunda kerusakan yang disebabkan oleh Parkinson dan Alzheimer . Teh hijau melindungi sel-sel otak, menghindari syaraf yang mati dan mengembalikan sel-sel otak yang rusak.

7. Memelihara kesehatan gigi
Antioksidan seperti ” catechin ” hadir dalam teh hijau , menghancurkan virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi di tenggorokan , karies gigi dan kondisi gigi lainnya .

8. Menstabilkan Tekanan darah
Mengkonsumsi teh hijau secara teratur akan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

9. Anti Depresi
Asam amino seperti ” Theanine ” , yang hadir daun teh hijau , memberikan efek menenangkan dan santai dan membantu Anda menyingkirkan stres atau depresi.

10. Anti – virus dan Anti – bakteri
Antivirus dan antibakteri ada dalam teh hijau sebagai pengobatan yang efisien untuk berbagai kondisi kesehatan mulai dari flu biasa sampai kanker. Hal ini juga memperlambat penyebaran berbagai penyakit .

11. Perawatan Kulit
Teh hijau melindungi kulit Anda dan mencegah dari berbagai tanda penuaan termasuk keriput. Sifat antioksidan dan anti – inflamasi membantu merawat kulit. Ketika dioleskan , membantu dalam mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Alasan untuk minum teh hijau setiap hari

1. Greentea adalah penghancur lemak yang kuat, karena kandungan bahan-bahan aktif seperti EGCG. Hal ini meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak lebih cepat.
2. EGCGterkandung dalam teh hijau sebagai penurunan berat badan dengan mengaktifkan gen pembakar lemak Anda di dalam perut, sehingga mengurangi lemak perut.
3. Teh hijau menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat energi yang stabil. EGCG hadir dalam teh hijau meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh, mencegah gula darah terpecah, yang dapat menyebabkan kelelahan dan hasrat untuk makanan.
4. Hal ini juga membantu Anda melawan kanker paru-paru. Hal ini mengamati bahwa EGCG menekan pertumbuhan sel-sel yang menyebabkan kanker paru-paru
5. EGCG dalam teh hijau menghentikan resiko kanker kolorektal
6. EGCG dalam teh hijau membantu tubuh Anda dalam membunuh sel-sel kanker prostat
7. EGCG juga mencegah kulit dari kerutan dan penuaan. Antioksidan kuat dalam teh hijau menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit . Jadi mengurangi jumlah radikal bebas akan mengurangi tanda penuaan
8. Teh hijau menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis termasuk diabetes , arthritis , dan kanker

 

Teh hijau dapat dikonsumsi dalam bentuk apapun, dingin maupun panas, dan dengan menambahkan aroma sari buah, melati, mint atau aroma lainnya. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 sampai 3 cangkir setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Teh hijau tidak mengandung banyak kafein dan tidak berbahaya.