mengelola waktu menonton tv untuk anak-anak

mengelola waktu menonton tv untuk anak-anak

Saat ini, anak-anak tertarik pada kegiatan indoor lebih dari kegiatan fisik di luar ruangan . Hal ini membuat mereka tertarik terhadap video game dan televisi. Meskipun beberapa permainan layar game dan acara televisi ada yang mendidik, namun jika terlalu banyak kuantitas waktunya, akan merusak anak. Intensitas belrblebihan anak-anak menghadapi layar komputer/televisi akan mengakibatkan komplikasi medis tertentu seperti obesitas, tidur tidak teratur dan masalah perilaku. Hal ini juga akan menyebabkan prestasi akademik yang buruk/menurun. Terlalu banyak menonton televisi juga akan mengakibatkan berkurangnya kesempatan untuk bermain aktif dan kreatif. Apakah Anda merasa bahwa anak-anak Anda terpaku ke layar komputer/TV sepanjang waktu? Jika demikian, segeralah mengambil tindakan untuk merubah kebiasaan buruknya dan membebaskan mereka agar tidak terlena dengan layar televisi dan game. Namun tentu hal itu tidak mudah dan memerlukan perencanaan yang tepat. Melarang menonton televisi bukanlah solusi yang tepat. Lebih baik atur jadwal waktu TV untuk anak.

Berikut Sharing di Sini Tips Mengatur Jadwal Anak Menonton TV.

Potong waktu

Jangan meminta anak Anda untuk berhenti menonton TV. Sebaliknya , kurangi waktu yang Anda berikan untuk itu . The American Academy of Pediatrics merekomendasikan membatasi waktu menonton TV untuk anak, yakni tidak lebih dari satu atau dua jam sehari.

Hindari program seri

Membatasi mereka dari menonton program serial adalah cara yang baik untuk menangani anak dalam menonton TV. Acara serial akan meningkatkan rasa ingin tahu mereka untuk menonton kelanjutan di hari berikutnya. Minta anak Anda untuk memilih salah satu atau dua acara khusus untuk ditonton, sesuaikan acara televisi dengan usianya.

Alihkan perhatiannya

Perkenalkan kegiatan menarik baru yang membutuhkan kreativitas dan minat mereka. Batasi waktu total menonton TV anak Anda dan ajak mereka untuk terlibat dalam tindakan/kegiatan lain yang menarik, misalnya berkebun, memasak, menggambar, dll. Satu atau dua jam sehari sudah lebih dari cukup untuk anak Anda untuk menonton TV.

Pilih program ramah anak

Sebaiknya ketahui acara televisi yang anak Anda tonton. Hindari acara televisi dengan konten kekerasan dan konten dewasa. Hindari program yang dapat menyebabkan masalah emosional pada anak-anak.

Libatkan mereka dalam memilih acara kesukaannya

Hindari untuk memaksa anak untuk mengikuti rencana acara pilihan Anda untuk mereka. Melainkan, minta mereka untuk terlibat memilih. Beri mereka daftar program TV, dan minta untuk memilih salah satu atau dua acara. Cara ini akan membuat anak tahu, bahwa ia akan diizinkan untuk menonton TV hanya untuk program-program yang dipilih tersebut.

Jadilah teladan

Ingatlah bahwa anak Anda akan mencoba untuk meniru Anda dalam semua perbuatan mereka. Jadi, jika Anda ingin membatasi atau mengatur jadwal waktu TV anak Anda, Anda harus terlibat terlebih dahulu dalam menonton acara pilihan mereka. Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda juga turut memperhatikan dan mengikuti program yang dijadwalkan untuk menonton TV.

Konsisten pada keputusan Anda

Jika Anda ingin menangani waktu menonton TV untuk anak Anda, penting untuk bersikap tegas dalam melaksanakan rencana Anda. Jangan biarkan pelanggaran apapun dalam jadwal menonton TV. Jika tidak konsisten pada keputusan / peraturan Anda, maka akan mempengaruhi usaha Anda, sehingga anak-anak pun tidak disiplin dan tidka bersungguh-sungguh melaksanakannya.

Anda punya pengalaman yang sama mengatasi anak yang suka sekali menonton televisi? Yuk, Sharing di Sini ya….

by [e_SdS]