penyebab obesitas pada anak-anak

penyebab obesitas pada anak-anak

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang kini tidak jarang menghinggapi di antara anak-anak.  Tentu kadar kegemukan yang tidak sehat ini akan berdampak tidak baik bagi kesehatan anak-anak. Anak obesitas sangat rentan terhadap tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan peningkatan kadar kolesterol darah. Profesor Emeritus Mark Wahlqvist dari Departemen Kedokteran dan Epidemiologi, Asia Institute Monash University mengatakan, ” Anak obesitas telah dikaitkan dengan masalah psikologis, tetapi juga beresiko lebih tinggi menderita penyakit jantung. Berikut Sharing di Sini Beberapa Penyebab Obesitas Pada Anak-anak, selain faktor keturunan.

Diet yang tidak benar : Ini adalah salah satu penyebab utama obesitas. Kurangnya perhatian orangtua dalam memberikan makan sehat dan bergizi. Jika anak-anak dibiasakan mengemil sembarangan, kurang asupan buah, terlalu banyak minuman soda, atau bahkan terlalu sering minum susu saja, sehingga asupan gizi yang masuk tidak seimbang. Bukan tidak mungkin akan mempengaruhi ketidakseimbangan seluruh tubuh yang termasuk kesehatan jantung.

Junk Food : Makan terlalu banyak kolesterol meningkatkan tekanan darah dan juga menghambat arteri secara bertahap. Pada gilirannya makanan junk food membuat anak obesitas menjadi rentan terhadap penyakit jantung dan berat badan meningkat drastis secara tak terkendali.

Kurang Gerak / olahraga : Anak-anak pada jaman sekarang ini banyak yang terjebak apda permainan ponsel, gadget dan video game . Kurangnya kegiatan / aktifitas fisik di luar ruangan adalah salah satu penyebab anak-anak menjadi gemuk dan tidak berkeringat.

Anak obesitas merupakan masalah kesehatan yang serius dan membutuhkan perhatian orangtua. Orang tua harus mencatat bahwa anak-anak obesitas berada pada risiko lebih tinggi penyakit jantung, terutama serangan jantung. Ini tidak terjadi secara bertahap, tapi langsung! Pastikan anak-anak Anda sehat, bergerak aktif dan bugar secara mental.