makanan sehat pasca melahirkan

makanan sehat pasca melahirkan

Makan sehat selama kehamilan adalah penting. Namun mengonsumsi makanan seimbang dan sehat pada periode postnatal adalah sama pentingnya. Tubuh wanita yang pasca melahirkan mengalami rasa sakit, kelelahan selama proses persalinan dan kehamilan selama sembilan bulan. Untuk mengatasi perubahan dan membantu kembali ke fungsi normal tubuh, wanita yang pasca melahirkan harus mengonsumsi makanan yang memberikan nutrisi yang cukup dan protein yang dibutuhkan setiap hari. Setelah melahirkan, seorang wanita perlu makan makanan yang tepat yang tidak hanya melawan stres, tetapi juga memberikan energi yang cukup dan nutrisi untuk tetap fit dan aktif. Makan makanan yang tepat juga akan membantu mengatasi masalah kesehatan seperti kelelahan dan postpartum mood swings. Ada sejumlah makanan kesehatan untuk memasukkan dalam diet postnatal . Misalnya, protein dan karbohidrat kompleks, kalsium, seng, vitamin C , A dan E , asam lemak Omega – 3 dll . Berikut Sharing di Sini Makanan sehat yang sebaiknya dimasukkan dalam diet postnatal.

Telur

Telur merupakan sumber yang kaya seng . Kurangnya seng dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan juga menyebabkan depresi pasca melahirkan .

Ikan

Ikan kaya akan asam lemak Omega – 3 yang sehat dan merupakan lemak baik untuk tubuh .

Yogurt

Selain menjadi kaya kalsium dan seng, yoghurt juga baik untuk sistem pencernaan. Jika Anda ingin melakukan penurunan berat badan, pilihlah yogurt rendah lemak.

Pisang

Asam folat akan memerangi depresi dan kelelahan.

Aneka jeruk

Aneka buah jeruk seperti lemon, berbagai jenis jeruk kaya akan vitamin dan antioksidan. Selain menjadi sehat , mereka juga membantu penurunan berat badan.

Walnut

Kacang ini merupakan sumber asam folat.

Kale

Sayuran hijau yang sarat dengan vitamin C. Ini membantu mengekang depresi postpartum.

Bayam

Sayuran berdaun hijau juga dikenal sebagai makanan super karena berbagai manfaat kesehatannya. Wanita pasca melahirkan sebaiknya mengonsumsi sayuran berdaun hijau dalam diet harian mereka.

Jus Buah

Selain jeruk, jambu merah, pepaya adalah beberapa contoh buah yang kaya akan vitamin C  dan antioksidan. Selain itu, aneka jus buah kaya cairan dan serat yang membantu melancarkan buang air besar dan memelihara kesehatan wanita pasca melahirkan.

Kacang-kacangan

Aneka kacang-kacangan selain menyehatkan jantung, juga kaya serat dan melancarkan air susu. Sangat dianjurkan bagi ibu pasca melahirkan untuk mengonsumsi aneka kacang-kacangan. Contohnya adalah kedelai, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, lentil, dll.