cara memilih ikan segar

cara memilih ikan segar

Cara yang tepat untuk mencegah keracunan histamin adalah dengan cara memilih dan memakan ikan yang masih segar. Selama ikan yang kita makan masih dalam keadaan segar dan berkualitas baik, keracunan histamin dijamin tidak akan terjadi . Jangan khawatir  untuk melanjutkan kebiasaan makan hidangan ikan. Memperhatikan dan mengamati karakteristik ikan segar dapat dilakukan dengan menggunakan indera penglihatan, penciuman , dan sentuhan.

Berikut Sharing di Sini Cara untuk membedakan ikan segar dengan ikan busuk :

1 . Ikan segar memiliki daging kenyal/gempal, tidak lembek, serta sisik rapi dan masih kuat melekat/ketat.

2 . Insang berwarna merah segar, mata bening bersinar dan melotot ( mata tidak tenggelam ) .

3 . Bila daging ditekan dengan jari tidak meninggalkan bekas. Pada ikan yang telah dibekukan dan kemudian dibiarkan meleleh, bekas tekanan akan tampak jelas / daging tidak kembali.

4 . Ikan segar memiliki sedikit lendir di bagian luar atau tidak ada lendir sama sekali, baunya segar dan khas ikan / tidak terlalu amis.

5 . Ikan segar akan tenggelam bila dimasukkan ke dalam air, sedangkan ikan yang mulai membusuk akan mengapung jika di tenggelamkan di air.

6 . Ikan segar berkualitas tinggi memiliki bau khas dan tidak tajam, kulitnya mengkilap, jika dagingnya dipotong , tampak segar dan daging teksturnya tidak koyak / tidak mudah hancur ketika diiris. [e_SdS]