masalah bayi yang sering terjadi pada perubahan ASI ke susu formula

masalah bayi yang sering terjadi pada perubahan ASI ke susu formula

Setelah bayi Anda berusia satu, akan ada banyak perubahan dalam hidupnya. Perubahan pertama adalah peralihan ASI saja ke konsumsi susu formula. Ini bukan pengalaman yang menyenangkan bagi anak dan ibu karena setiap orang tua akan harus berurusan dengan fase sulit ini. Para ahli mengatakan bahwa setelah anak ulang tahun pertama, ia harus mengkonsumsi susu sapi dalam tahap kecil karena akan ada banyak masalah kesehatan yang akan menandai perubahan ini. Ketika Anda merencanakan untuk beralih dari ASI ke susu sapi, ada masalah kesehatan tertentu yang akan dialami bayi. Ibu harus mengikuti langkah demi langkah prosedur penanganannya dengan benar. Prosedur peralihan pemberian susu formula dapat dilakukan dengan cara mengenalkan pada bayi pada tahap awal, satu sendok kecil susu sapi/formula untuk membuat bayi Anda mengenal rasa, mencampurkan susu sapi dengan sereal dan atau sebagai campuran makanan padatnya. Sehingga kemudian dapat dikenali apa yang menjadi kesukaannya.

Berikut Sharing di Sini beberapa masalah kesehatan yang kerap terjadi saat bayi beralih dari ASI ke susu sapi / formula. Masalah-masalah kesehatan pada bayi ini adalah reaksi normal terhadap perubahan, asalkan tidak berlangsung terus menerus atau semakin parah.

Sembelit

Ketika bayi beralih dari ASI ke susu sapi, tanda pertama yang terlihat pada bayi umumnya adalah sembelit. Air susu ibu lebih mudah bagi mereka untuk dicerna dibandingkan dengan susu sapi. Satu hal penting untuk diingat adalah pastikan bayi Anda minum banyak air ketika Anda beralih dari ASI ke susu sapi.

Alergi / Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi dimana bayi tidak dapat mencerna laktosa pada susu. Untuk mencerna laktosa atau gula pada susu tubuh memerlukan enzim laktase. Enzim inilah yang tidak dimiliki atau kurang jumlahnya pada tubuh. Pada bayi ini dapat menyebabkan ruam, mual, kram, sakit perut, dan juga diare.  Untuk menangani intoleransi laktosa umumnya dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu sapi bebas laktosa. Ketika bayi mulai tumbuh, biasanya ia dapat mentoleransi susu dalam jumlah sedikit. Tapi apabila tidak, pemberian pil laktase untuk menstimulasi enzim laktase pada tubuh dapat dilakukan. Kelahiran bayi secara prematur juga diduga dapat menjadi penyebab intoleransi laktosa. Anda harus mengunjungi dokter anak untuk berkonsultasi.

Penurunan nutrisi

Salah satu tanda yang paling umum pada bayi ketika mereka beralih dari ASI ke susu sapi adalah penurunan nutrisi. ASI memiliki banyak nutrisi lengkap dan sehat sehingga ketika Anda mulai mengaktifkan susu formula, ada kemungkinan terjadi  alergi atau bahkan akan merasa gatal dan diare, jika susu sapi terkontaminasi bakteri.

Masalah tidur

Saat beralih ke susu formula, mungkin akan terjadi perubahan pola tidur. Bayi mungkin mengalami tidur yang ridak optimal. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, hanya butuh waktu untuk beradaptasi atas perubahan ini. Cara terbaik adalah untuk mengatur waktu yang tetap untuk anak Anda, tentukan waktu minum susu sapi, satu jam sebelum ia tidur .

Lebih rewel

Mungkin Anda akan melihat si kecil menjadi rewel, hanya karena beralih dari ASI ke susu sapi.  Rewel si kecil adalah bentuk emosi/menangis berlebihan dan perilaku murung terhadap perubahan. Selama fase ini, Anda harus ekstra sabar untuk melatih perlahan agar ia terbiasa dengan rasa susu sapi/formula. Campurkan pada makanan padatnya, memberikan dengan sendok, tidak perlu terlalu memaksakan jika ia belum terbiasa.

Seiring dengan waktu dan intensitas melatih pemberian yang intens, maka bayi akan terbiasa. Jika kesulitan peralihan berlanjut dan gangguan semakin parah, segeralah berkonsultasi pada dokter Anak.
Anda punya pengalaman seputar melatih bayi beralih dari ASI ke susu formula? Yuk, Sharing di Sini pengalaman dan ilmunya yaa…

[e_SdS]

Keywords:

  • cara melatih anak minum susu formula
  • cara menyapih anak dari asi ke susu formula
  • cara mengganti asi dengan susu formula
  • cara mengganti asi ke susu formula
  • cara mengajari bayi adi beralih susu formula usia 6 bulan
  • cara perpindahan dari asi ke sufor
  • melatih bayi 7 bulan minum susu formula
  • tips beralih dari asi ke sufor