manfaat fisik berkeringat

manfaat fisik berkeringat

Tidak ada yang benar-benar menyukai berkeringat. Ketika tubuh kita berkeringat, tentu akan menimbulkan bau, lengket dan kotor. Tentu hal ini membuat orang risih dan tidak nyaman, terutama jika kita berkeringat karena kepanasan/gerah/sumuk. Namun, sebenarnya berkeringat merupakan bagian dari mekanisme metabolisme tubuh dan bukan tanpa tujuan. Sebenarnya ada banyak manfaat fisik berkeringat yang membuat Anda sehat. Ketika kelenjar keringat Anda aktif, Anda mengeluarkan cairan dari tubuh yang sebenarnya membantu Anda dalam beberapa hal. Salah satu manfaat fisik utama keringat adalah membantu untuk membersihkan tubuh Anda. Keringat membersihkan limbah beracun dari tubuh. Berkeringat juga merupakan cara yang bagus untuk menurunkan suhu tubuh. Ada banyak lagi manfaat fisik berkeringat yang membanntu tubuh tetap sehat. Berikut Sharing di Sini Beberapa Manfaat Fisik Berkeringat.

Mempercepat Metabolisme

Berkeringat sebenarnya membantu Anda membakar kalori dan mempercepat tingkat metabolisme Anda. Bila Anda memiliki tingkat metabolisme tinggi, maka nafsu makan juga menjadi baik.

Meningkatkan Imunitas

Berkeringat membantu tubuh Anda membuang racun. sehingga membantu membersihkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan terhadap berbagai penyakit.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ketika Anda aktif bergerak dan mengeluarkan keringat, kulit Anda menjadi memerah. Jadi ketika tubuh berkeringat akan menarik darah ke kulit Anda, sehingga membantu untuk meningkatkan/melancarkan sirkulasi darah.

Proses Hidrasi

Sama seperti buang air kecil untuk membuat merasa haus lagi, berkeringat juga merupakan cara ekskresi tubuh. Berkeringat membuat Anda haus dan dengan demikian merupakan bagian dari proses merangsang hidrasi alami.

Membersihkan pori-pori kulit

Anda pernah mengalami infeksi jerawat karena pori-pori kulit tersumbat? Salah satu manfaat fisik utama berkeringat adalah bahwa berkeringat dapat membuka dan membersihkan pori-pori kulit sehingga kulit sehat dan menjaid bersih, karena kotoran yang menyumbat keluar bersama keringat.

Penyeimbang Cairan dan Mineral

Natrium dan kalium diperlukan untuk keseimbangan cairan tubuh Anda. Jadi jika Anda memiliki makanan dengan kelebihan natrium atau kalium, dapat diimbangi dengan berkeringat ketika Anda melakukan aktifitas/olahraga.

Penyeimbang Suhu Badan

Berkeringat adalah mekanisme alami mendinginkan tubuh. Ketika Anda berkeringat, berarti tubuh Anda melepaskan kalor/panas dari tubuh yang membantu suhu internal tubuh turun ke normal.

Mengurangi Stres

Berkeringat adalah salah satu cara terbaik untuk melepaskan stres. Latihan fisik membantu untuk meredakan nyeri payudara, dengan cara berkeringat. Sehingga hal ini merupakan salah satu pencegah terjadinya resiko aknker payudara sejak dini.

Membersihkan racun

Semua limbah beracun yang disimpan dalam tubuh Anda dikeluarkan saat Anda berkeringat. Dengan cara ini ginjal, hati, usus dan semua organ vital lainnya sedang dibersihkan.

Mengurangi Berat Badan

Berkeringat sebenarnya cara yang bagus untuk membakar kalori. Bahkan jika Anda tidak berolahraga, duduk di sauna juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena keringat/cairan limbah, lemak tubuh dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat. [e_SdS]

 

Keywords:

  • ciri ciri keringat yang sehat