Apakah Anda termasuk orangtua balita?

tips menjadi orangtua bijaksana untuk balita

tips menjadi orangtua bijaksana untuk balita

salah satu hal yang paling dasar yang perlu Anda ketahui sebagai orangtua adalah pengetahuan yang benar tentang keterampilan pengasuhan anak. Menjadi orangtua merupakan tantangan besar untuk bertahan menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih baik dan lebih bijaksana. Mengasuh balita  dengan cara yang tepat adalah penting untuk tumbuh kembang dan pemahaman mereka, termasuk untuk ketrampilan motoriknya. Balita berada pada usia di mana mereka belajar memahami apa yang benar dan apa yang salah, apa yang baik dan apa yang buruk. Oleh karena itu, para orang tua perlu untuk untuk menjaga sikap dan mengelola perilaku mereka sehingga dapat mengajarkan anak mereka segala sesuatu yang baik, untuk menjadi individu yang penuh kasih, bermoral  dan bertanggung jawab. Balita perlu diajarkan kebajikan dan nilai-nilai moral baik sejak dini oleh orang tua mereka. Karena usia balita adalah usia yang tepat untuk mengenalkan kepada mereka di kehidupan rumah yang penuh dengan rasa hormat, cinta dan kasih sayang untuk orang tua dan untuk diri mereka sendiri.

Berikut Sharing di Sini Tips Pengasuhan Dasar yang Perlu Diterapkan Agar Menjadi Orangtua Bijak untuk Balita, agar anak tumbuh menjadi generasi yang berakhlak mulia (bermoral baik).

Selalu berbicara dengan pasangan

Ketika datang masa mengasuh balita, kedua orang tua harus terlibat dalam berperan langsung menjadi orangtua yang baik. Sebaiknya kedua orangtua sepakat dan telah berdiskusi perlihal pola pengasuhan anak. Anak – anak perlu diajarkan nilai-nilai moral dan disiplin dari orang tua.

Jadilah teladan / panutan yang baik

Baik ayah maupun ibu harus menjadi panutan yang baik dalam kehidupan anak Anda. Salah satu keterampilan pengasuhan harus Anda miliki, mengelola perilaku baik dan pastikan bahwa segala perilaku Anda menginspirasi anak Anda untuk menjadi yang terbaik.

Menghabiskan waktu

Salah satu sikap yang sangat dianjurkan untuk para orangtua masa kini adalah menghabiskan waktu bersama, di saat Anda muda dan abak-anak dalam masa pertumbuhan. ketika anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, mereka butuh perhatian orangtua nya, figur yang akan mereka contoh dan mengajarkan nilai-nilai baik kehidupan. jadi, sesibuk aktifitas Anda, sempatkanlah untuk dapat memberikan quality time yang terbaik untuk balita Anda.

parenting tips menjadi teladan yang baik untuk anak

parenting tips menjadi teladan yang baik untuk anak

Rencanakan kegiatan

Perlu diingat bahwa balita membutuhkan banyak kegiatan agar pikiran dan tubuh mereka tetap aktif, menyalurkan bakat dan kreatifitas yang mereka miliki. Orangtua perlu mendaftarkan anak mereka dalam berbagai kegiatan, permainan dan aktifitas yang sesuai untuk bakat dan usianya.

Konsisten

Jika Anda adalah orang tua yang konsisten, balita Anda berada di tangan yang tepat. Salah satu keterampilan pengasuhan dasar untuk mengelola balita adalah, konsisten terhadap anak-anak mereka.

Waktu Tidur

Setiap orang tua harus menyadari bahwa waktu tidur adalah waktu yang sangat penting dari seorang anak setiap hari. Ketika saatnya untuk tidur,  pastikan Anda membacakan ceita untuk balita Anda. Ini akan membantunya menjadi pribadi yang cerdas, kreatif dan membuat nyaman tidurnya. Pastikan cerita yang diberikan adalah cerita yang berisi moral atau pelajaran kehidupan yang baik dan sesuai usianya. Hindari cerita yang seram, membuat takut dan membuat anak-anak berimajinasi horor.

Kebiasaan Sehat

Pastikan bahwa anak Anda mengikuti kebiasaan sehat. Ini adalah keterampilan pengasuhan yang penting untuk menanamkan hidup sehat sejak usia dini. Kebiasaan hidup sehat seperti makan pada waktunya, tidur tepat waktu / tidak larut malam, kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, dll.

Peduli terhadap pendidikannya / kegiatan sekolah

Sesibuk pekerjaan Anda, coba sesekali buat jadwal untuk mengantar-jemput anak  Anda dari sekolahnya. Sikap orangtua seperti ini akan membangun ikatan yang kuat antara orangtua dan anak, membuat anak lebih semangat dalam sekolahnya.

Jangan pernah bertengkar di hadapan anak-anak

Ada beberapa pasangan yang berdebat di depan anak-anak mereka. Ini bukan kebiasaan yang baik untuk terus dilakukan  bila Anda memiliki balita. Hindari pertengkaran di hadapan anak-anak / balita.

Kebiasaan memuji

Memuji memang baik untuk menumbuhkan rasa kepercayaandiri anak. Namun yang perlu diperhatikan bagi orang tua yang memiliki balita adalah jangan pernah membiasakan untuk membanjiri pujian kepada anak sepanjang waktu. Namun, pujilah anak Anda hanya ketika dia telah melakukan pekerjaan terbaik. Misalnya, saat ia pandai mengambil sesuatu sendiri, saat ia mulai mandiri makan sendiri, saat ia berani tidak menangis ketika bersama teman-temannya, dll. Juga,  jangan pernah memaki anak dengan kata-kata yang buruk. Ini akan berdampak tidak baik pada psikologisnya.

Punya pengalaman seputar pengasuhan balita dan anak-anak? Yuk, Sharing di Sini ya…

[e_SdS]

 

Keywords:

  • kebiasaan baik untuk balita