nyeri leher saat bekerja

nyeri leher saat bekerja

Memang benar bahwa orang yang bekerja lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Apalagi jika seorang yang bekerja tidak mengikuti diet yang sehat dan tidak menerapkan hidup sehat. Hal ini akan memperburuk kondisi seorang karyawan lebih rentan dilanda keluhan-keluhan seputar kesehatan.

Kurang olahraga adalah kebiasaan buruk lain banyak orang yang bekerja yang mengarah ke masalah kesehatan seperti sakit badan, sirkulasi darah tidak lancar, kelelahan dan mudah sakit kepala. Memang benar bahwa duduk selama berjam-jam di depan komputer beresiko pada kesehatan Anda. Anda mungkin menderita sakit leher, nyeri punggung dan bahkan perut menjadi lebih menonjol ke depan semenjak Anda bekerja di belakang meja. Sebagian besar orang terjebak ke layar komputer atau laptop. Melihat layar terang terus menerus dapat menyebabkan masalah mata. Bekerja lembur sampai larut malam atau melakukan shift malam adalah masalah lain bagi sebagian orang. Kekurangan tidur dapat meningkatkan stres dan juga menyebabkan masalah kesehatan yang lebih komplek, seperti masalah hati dan jantung.

Berikut Sharing di Sini Keluhan Kesehatan Yang Kerap Kali Melanda Para Karyawan Kantoran.

Nyeri Leher

Duduk di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit leher . Oleh karenanya, sangat disarankan untuk sesekali meregangkan tubuh, menggeleng-gelengkan dan memutar sendi leher sehingga otot-otot leher tidak kaku, lelah dan kram.

Mata Pedih

Seharian bekerja menghadapi layar komputer atau laptop dapat membuat mata Anda kering dan bahkan pedih. Hal ini tak jarang membuat mata kering dan merah. Pastikan Anda mengatur dan mengambil waktu jeda, misalnya dua menit beristirahat mengalihkan pandangan dari layar komputer untuk memejamkan mata. Duduk dan tutup mata Anda untuk rileks sesaat.

Kehilangan Nafsu Makan

Ketika Anda harus terburu-buru ke kantor untuk mengejar jam kantor atau menghindari keterlambatan sebuah meeting, anda akan memilih melewatkan sarapan sehingga akan hilang selera makan . Ini secara bertahap menjadi kebiasaan dan kemudian disela-sela waktu bekerja mengemil yang belum tentu sehat, yang akan menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan atau kegemukan.

Gangguan metabolisme

Sering dikatakan bahwa para karyawan kantoran harus menyempatkan waktu untuk bergerak dan berjalan. Terutama jika setelah Anda makan berat, lalu Anda hanya duduk di belakang meja selama berjam-jam dan jangka waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh Anda, sehingga mudah gemuk.

Perut Gendut

Makan junk food dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Sebagian besar orang yang bekerja menikmati gorengan dan makanan cepat saji untuk menghemat waktu dan ini tentu beresiko pada kenaikan berat badan mereka. Untuk menghindari terjadinya timbunan lemak di perut, makan makanan rendah kalori seperti salad segar dan cemilan sehat lainnya.

Sakit kepala

Kadang-kadang tekanan kerja dapat menyebabkan masalah kesehatan. Yang paling umum terjadi adalah  sakit kepala. Beberapa orang yang bekerja di layar komputer juga kerap menderita migrain yang biasanya meningkat karena stres dan juga terlalu sering melihat dil layar komputer.

Stres

Stres adalah masalah kesehatan yang paling umum dialami mayoritas orang yang bekerja di bawah tekanan atau pekerjaan yang dijalani tidak sesuai dengan minat/bakatnya. Stres akan menyebabkan dan pemicu banyak masalah kesehatan yang mencakup masalah fisik maupun mental .

Susah Tidur

Bekerja hingga larut malam dan tidak mengambil istirahat yang tepat dapat menyebabkan kelelahan dan sulit tidur. Pekerjaan memang penting, namun tidur tepat waktu/tidak begadang juga sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Tidur yang cukup akan membantu membangun daya tahan tubuh, menyegarkan pikiran, sehingga pikiran jernih dan tidak mudah stres/sakit kepala.

Nyeri Punggung

Salah postur  saat duduk bekerja di belakang layar  sering menyebabkan masalah kesehatan di kalangan orang yang bekerja. Selalu duduk di kursi yang tepat dan pastikan bahwa keyboard  berada sejajar pada siku Anda.

Tidak Sempat Olahraga

Sebagian besar orang yang bekerja (karyawan) menjadi malas untuk bangun pagi dan berolahraga setidaknya selama 20 menit. Anda tidak tahu bahwa berolahraga setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain meningkatkan sirkulasi darah, akan menjaga hati dan pikiran yang sehat, juga berfungsi sebagai penangkal stres.

Spondylitis / Nyeri tulang belakang

Mengemudi mobil dari kantor ke rumah dan sebaliknya setiap hari, bukanlah satu-satunya penyebab spondylitis/nyeri tulang belakang. Postur duduk yang salah an dilakukan dalam tempo yang terus menerus, juga dapat menyebabkan masalah kesehatan ini.

Pegal -pegal

Setelah seharian sibuk di tempat kerja, kadang-kadang nyeri tubuh, pegal-pegal, tulang kaku baru terasa saat hari mulai sore/sepulang kerja. Hal ini merupakan masalah kesehatan yang sangat umum dialami  orang yang bekerja. Segeralah untuk mandi sehingga badan akan terasa segar dan lakukan hal-hal yang membuat tubuh rileks untuk meredakan dan menghilangkan rasa pegal-pegal tubuh.

Anda pernah mengalami keluhan kesehatan selama Anda bekerja di kantor? Sharing di Sini solusinya yaa…

[e_SdS]