Beberapa orang tua merasa bingung ketika harus menghandle balitanya. Dan segala ilmu baik yang diajarkan setiap hari kepada balita adalah fase terbaik di dunia, karena hal tersebut merupakan investasi dari kecerdasan otak dan psikisnya. Sebenarnya sangat menyenangkan ketika orangtua berada di sekitar balita, jika orangtua dapat menikmati dan mengerti cara menghadapi kepintaran balita. Mengahadapi segala keingin-tahuannya dengan segala pertanyaan yang selalu diulang, sehingga orangtua harus ektra sabar dalam menjawabnya. Tapi apa yang terjadi jika para orangtua sibuk sendiri dan sedikit saja tidak memperhatikan mereka, tentu mereka akan menyalurkan energi dan kepintarannya dengan tak terkendali, misalnya memberantakkan seluruh mainannya, mencoret-coret dinding, dll. Jika sudah begini, orangtua harus ekstra sabar dan intropeksi bukan malah naik darah dan hanya memarahi anak-anak. Untuk menghindari hal itu, orangtua perlu lebih kreatif dari putra putrinya, memberinya kegiatan, bermain sambil mengasah kecerdasan otak dan motoriknya.

Berikut Sharing di Sini Beragam Kegiatan Menyenangkan untuk Balita, sehingga balita mendapatkan fase terbaik periode emas tumbuh kembangnya.

Bernyanyi

balita bernyanyi dan bermain musik

balita bernyanyi dan bermain musik

Mengajak balita bernyanyi bersama tentu akan menjadi hal menyenangkan. Setiap anak suka mendengarkan lagu-lagu anak dan juga menari menari mengikuti gaya dan irama musik yang didengarkan. Perkenalkanlah lagu dan musik yang cocok untuk usia putra putri Anda, lagu-lagu anak yang mengedukasi, dan tidak masalah Anda menyetelkan untuknya video musik yang didalamnya berisi lagu-lagu anak. Pasti putra putri Anda langsung tergerak menirukan gaya penyanyi cilik yang ia lihat di video, mengikuti irama musik!

Bermain Teka-teki

teka teki untuk balita

teka teki untuk balita

Salah satu kegiatan yang menyenangkan terbaik untuk balita adalah memberi teka-teki untuk dijawab/dipecahkan. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan memori mereka dan membentuk pribadi yang tidak mudah stres/ tenang dalam memecahkan persoalan/masalah yang akan dia hadapi. Berikan teka-teki dari tahap termudah dan tingkatkan kesulitannya, sesuai usianya, sehingga ia makin pandai. Contohnya adalah nama binatang, nama buah, bentuk benda, karakter kartun, dll.

Menggambar dan Mewarnai

balita menggambar dan mewarnai

balita menggambar dan mewarnai

Ketika Anda mengasuh balita, salah satu kegiatan yang terbaik bagi mereka adalah menggambar dan mewarnai. Anak-anak suka dengan warna-warni. Mereka juga suka menggambar pada benda selain kertas, jadi pastikan bahwa Anda selalu mendampingi ketika mereka ingin menggambar/mewarna agar karya seninya tersalurkan dengan benar pada tempatnya. Beri contoh balita Anda perihal menggambar benda-benda yang baru ia lihat atau baru ia kenal beserta warnanya.

Membacakan cerita/ dongeng

bercerita dan mendongeng untuk anak

bercerita dan mendongeng untuk anak

Membacakan cerita dan dongeng pendek adalah salah satu kegiatan parenting yang sangat penting. Hal tersebut dapat merangsang balita yang belum dapat berbicara untuk dapat berbicara, mengembangkan daya kreatifitas dan imaginasi anak, serta melatih anak untuk dapat membaca dan membudayakan gemar membaca. PIlih buku cerita bergambar besar/sederhana untuk anak usia balita, dan ceritanya sederhana/pendek. Berceritalah sambil menunjukkan/mengenalkan balita Anda, gambar – gambar pada buku tersebut. Sesuaikan cerita / dongeng bergambar seiring perkembangan usia balita dengan cerita yang lebih panjang.

Berkebun

mengajarkan kegiatan berkebun pada balita

mengajarkan kegiatan berkebun pada balita

Kegiatan berkebun sangat baik untuk merangsang kecerdasan, saraf motorik dan juga membantu meningkatkan kekuatan mental balita. Menjadikan balita Anda sebagai asisten saat Anda berkebun, mengajari caranya menanam bibit pohon di pot, cara menyirami, cara memotong rumput, dll.

Membuat karya seni / kreatifitas

mengajarkan kreatifitas pada balita

mengajarkan kreatifitas pada balita

Saat Anda harus mengasuh balita Anda, tidak ada salahnya mengajaknya membuat suatu kerampilan yang mudah. Misalnya, kegiatan melipat (origami), menempel gambar dengan kertas warna-warni, papercraft, membuat ketrampilan yang memanfaatkan barang-barang bekas pakai di sekitar Anda, dll.  Kegiatan ini akan mengasah kreatifitas balita Anda menjadi pribadi yang kreatif.

Memasak dan Kegiatan rumah tangga lainnya

balita membantu pekerjaan rumahtangga

balita membantu pekerjaan rumahtangga

Tidak ada salahnya melibatkan balita Anda pada saat Anda menyiapkan makanan untuknya/keluarga. Hanya saja, pastikan bahwa saat si kecil turut membantu, bukan dalam posisi yang tidak berbahaya (hindari dekat kompor, air mendidih, dll).  Libatkan si kecil saat Anda akan menjemur cucian, dengan menjadi asisten / mengoperkan baju yang hendak dijemur, mengikutsertakan saat Anda mencuci mobil, dll.

Nah itu tadi kegiatan menyenangkan yang dapat diberikan untuk balita Anda. Punya ide lain dan pengalaman mengajak balita dalam suatu kegiatan kreatif lainnya? Yuk, Sharing di Sini ya… [e-SdS]