Kuku menjadi perhatian utama bagi sebagian wanita yang sadar kecantikan. Kuku sehat dan indah adalah indikator langsung dari keseluruhan kesejahteraan Anda. Kuku yang rapuh, lemah dan retak dianggap sebagai bencana, tidak peduli seberapa trendi dan modis Anda. Menjaga kuku panjang dan tetap indah seperti mimpi bagi mereka yang memiliki kuku yang lemah dan rapuh.

Langkah pertama untuk menjaga kuku Anda kuat adalah cari tahu alasan mengapa kuku menjadi rapuh. Kuku yang lemah dapat sebagai akibat dari kondisi medis seperti defisiensi vitamin atau mineral, anemia, gangguan tiroid atau infeksi jamur. Jika Anda merasa kuku Anda rapuh dan lemah bahkan ketika sudah mengambil perawatan dan perlindungan yang diperlukan. Jangan ragu untuk mencari nasihat medis dan berkonsultasi dengan dokter. Tapi, selain kondisi medis, penyebab paling umum dari kuku yang lemah pada kebanyakan perempuan adalah seringnya terpapar sabun cuci, pencuci piring dan bahan kimia pembersih rumah tangga.

Berikut Sharing di Sini Cara mudah yang dapat membantu untuk memperkuat kuku Anda agar tetap sehat dan cantik.

 

Batasi bahan kimia

kuku cantik dan kuat tanpa harus berkutek

kuku cantik dan kuat tanpa harus berkutek

Membatasi paparan kuku Anda terhadap bahan kimia merupakan salah satu poin penting. Anda harus ingat untuk memperkuat kuku Anda. Bahan kimia yang dapat membuat kuku Anda lemah adalah sabun cuci pakaian, pencuci piring, larutan pembersih, larutan pemoles kuku, cairan penghilang cat kuku, dll.

Istirahat

istirahat memakai kutek kuku

istirahat memakai kutek kuku

Beristirahatlah dari penggunaan cat kuku yang terus menerus dan biarkan kuku Anda sesekali telanjang tanpa riasan. Membiarkan kuku Anda untuk bernapas sangat penting untuk memperkuat kuku Anda. Tidak meninggalkan sisa-sisa cat kuku pada kuku Anda. Hindari penggunaan cat kuku dan larutan penghilang cat kuku kualitas rendah.

Tidak menggigit kuku

stop gigit jari

stop gigit jari

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka segeralah berhenti dari kebiasaan buruk ini. Ide terbaik untuk menghindari menggigit kuku adalah tidak membiarkan kuku Anda panjang (buat kuku Anda pendek), dan rajinlah memotong kuku. Tidak melakukan kebiasaan menggigit kuku untuk memperkuat  kuku Anda.

Gunakan sarung tangan

gunakan sarung tangan hindari kerusakan kuku

gunakan sarung tangan hindari kerusakan kuku

Jika Anda terlalu sering mengekspos kuku Anda terhadap bahan kimia, tanah, debu atau jika melakukan segala pekerjaan berat, maka jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Menggunakan sarung tangan akan memberikan perlindungan lengkap untuk kuku Anda dan akan membuat kuku Anda kuat.

Gunakan pelembab

pakai pelembab hindari kerusakan kuku

pakai pelembab hindari kerusakan kuku

Menggunakan kualitas pelembab yang baik adalah penting dalam memperkuat kuku Anda. Melembabkan kuku Anda akan membantu mencegah kuku rapuh dan akan memperkuat kuku Anda. Mengaplikasikan vitamin E secara rutin juga akan memberikan hasil yang baik dalam memperkuat kuku Anda.

Panjang yang sesuai

kuku jangan terlalu panjang menghindari kuku rapuh

kuku jangan terlalu panjang menghindari kuku rapuh

Jangan mencoba untuk memanjangkan kuku Anda lebih lama dari beberapa sentimeter dari ujung jari Anda. Kuku panjang cenderung mudah terbelah secara alami. Potong kuku secara teratur dan jaga sisi kuku dalam kondisi yang benar untuk menghindari kuku yang mudah robek/terbelah.

Lakukan perawatan kuku

perawatan kuku manikur pedikur

perawatan kuku manikur pedikur

Melakukan pedikur dan manikur akan membantu untuk menjaga kuku Anda bersih, sehat dan indah. Anda bisa mendapatkannya baik dengan mengunjungi salon kecantikan atau melakukan sendiri di rumah. Tapi, ingat sebaiknya gunakan produk-produk berkualitas untuk menghindari efek samping. [e_SdS]