Tumbuh gigi adalah salah satu tahapan paling menyakitkan dalam kehidupan bayi Anda. Usia rata-rata bayi untuk tumbuh gigi pertama mereka adalah enam bulan, meskipun hal ini bervariasi pada masing-masing anak. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah dua gigi tengah/depan bagian bawah, diikuti oleh dua gigi tengah/depan bagian atas.  Selama periode tumbuh gigi ini, bayi biasanya menjadi lebih rewel dan terkadang sampai mengalami demam.

Beberapa orang tua tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan bayi yang sedang tumbuh gigi. Untuk ibu yang telah mengalami beberapa pengalaman ini mengetahui gejolak mereka dan anak-anak mereka hadapi. Jika bayi Anda tumbuh gigi Anda akan menemukan tanda-tanda yang menunjukkan iritabilitas, gusi bengkak, lebih sensitif dan menetes lebih banyak air liur.

Ada beberapa orangtua yang mengompres dengan air es gusi balitanya yang sedang dalam tahap akan muncul giginya. Namun, sebenarnya, ada beberapa makanan yang dapat membantu meringankan rasa gatal dan tidak nyaman di gusi si balita yang sedang tumbuh gigi. Berikut Sharing di Sini Beberapa makanan terbaik kaya gizi yang dapat membantu menenangkan rasa sakit pada gusi bayi yang sedang tumbuh gigi.

Mentimun

potongan mentimun dingin

potongan mentimun dingin

Mentimun dingin adalah salah satu makanan terbaik untuk balita ketika ia sedang tumbuh gigi. Mentimun membantu untuk meringankan rasa sakit pada gusi. iris buah mentimun dingin, berikan satu potongan sebagai teether alaminya. Jangan lupa, awasi saat ia memegang dan menggigitnya, jangan sampai si kecil menelan biji mentimun atau potongan mentimun yang besar.

Pisang

baby eating banana

baby eating banana

Buah pisang yang matang merupakan daya tarik bagi bayi. Biarkan bayi Anda mengunyah pisang matang ketika ia sedang tumbuh gigi. Pisang juga merupakan buah yang sehat bagi anak Anda karena mengandung mengandung tiga gula alami yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Pisang juga makanan energi yang baik bagi anak Anda dan tinggi kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi balita.

Alpukat

irisan apokat untuk meringankan gusi bayi yang sedang tumbuh gigi

irisan apokat untuk meringankan gusi bayi yang sedang tumbuh gigi

Biarkan bayi Anda mengunyah irisan alpukat untuk meringankan dari rasa sakit tumbuh gigi. Mengunyah alpukat sehat untuk bayi Anda karena alpukat mengandung banyak vitamin A dan kalsium.

Ayam

sup ayam tekstur untuk balita yang tumbuh gigi

sup ayam tekstur untuk balita yang tumbuh gigi

Anak-anak menyukai rasa ayam. Potongan ayam kecil-kecil dalam sup juga makanan terbaik untuk bayi ketika mereka tumbuh gigi. Ketika mengunyah potongan ayam yang lembut juga membantu meringankan rasa sakit dari gusi dan menenangkannya.

Wortel

sup wortel bertekstur untuk balit ayangs edang tumbuh gigi

sup wortel bertekstur untuk balit ayangs edang tumbuh gigi

Mengunyah wortel dapat membantu untuk melakukan keajaiban untuk bayi Anda ketika ia sedang tumbuh gigi. Bayi juga menyukai rasa asli wortel yang manis dan kenyal. Kupas wortel, potong panjang seukuran ibu jari, dan kukus sebentar, lalu berikan kepada balita sebagai teether alami. Atau campurkan irisan wortel pada sup kesukaannya. Balita yang sedang tumbuh gigi akan mengunyah-ngunyah potongan wortel yang bertekstur dalam sup.

Keju Potong

keju potong dadu untuk menenangkan gusi balita yang tumbuh gigi

keju potong dadu untuk menenangkan gusi balita yang tumbuh gigi

 

Potonglah keju seukuran dadu dan biarkan bayi Anda mengunyahnya. Tekstur keju yang keras namun kenyal dapat membantu menenangkan rasa sakit di gusi yang sedang tumbuh gigi. Keju juga mengandung kalsium yang baik untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi balita.

Pernah punya pengalaman dengan buah hati Anda ketika tumbuh gigi? Yuk, Sharing di Sini ya..

 

[e_SdS]

Keywords:

  • resep makanan bayi tumbuh gigi
  • Makanan bayi tumbuh gigi
  • apakah anak yang mulai tumbuh gigi tidak boleh makan pisang
  • makanan bayi terbaik baik untuk gigi
  • makanan untuk bayi baru tumbuh gigi
  • pisang untuk pertumbuhan gigi