mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan

mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan

Nyeri punggung  adalah salah satu efek samping yang paling umum dari pasca melahirkan. Sang ibu biasanya bermasalah dengan nyeri punggung yang parah selama kehamilan dan bahkan setelah kelahiran si bayi. Dalam kasus melahirkan secara cesar, sakit punggung akan terjadi lebih parah. Ada beberapa cara untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit setelah melahirkan.

Berikut Sharing di Sini Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya nyeri punggung pasca melahirkan.

Tekanan kembali pada tulang belakang
Bila Anda sedang hamil, tulang punggung menanggung berat tubuh hamil Anda. Terutama pada tahap semester akhir kehamilan, beban berat badan menjadi sangat berat. Ini meninggalkan jejak trauma dan ketegangan pada tulang punggung Anda menyebabkan nyeri postpartum.

Epidural saat persalinan
Jika Anda mengalami persalinan yang relatif lama dan sulit, maka dokter mungkin akan memberikan suntikan bius epidural. Injeksi ini dimasukkan ke sumsum tulang belakang Anda yang menyebabkan nyeri terus menerus untuk bagian bawah tubuh Anda, tetapi suntikan ini memang mengurangi/meredakan rasa nyeri saat proses persalinan. Namun, epidural menyebabkan sakit punggung pasca melahirkan.

Operasi cesar
Persalinan cesar mengharuskan Anda untuk banyak beristirahat di tempat tidur selama hampir 3 bulan. Ini akan memperburuk segala jenis nyeri tubuh yang Anda miliki. Hal ini karena otot-otot Anda tidak digunakan dan menjadi kaku.

Postur duduk yang salah saat hamil
Kebanyakan wanita tidak menerapkan bentuk postur duduk yang tepat ketika mereka hamil. Hal ini akan meningkatkan masalah sakit punggung pasca melahirkan.

Naiknya berat badan
Bila Anda sedang hamil, kenaikan berat badan adalah wajar. kenaikan berat badan sebanyak 10 kg adalah umum. Namu, punggunglah yang menanggung beban ekstra ini, sehingga akan terasa nyeri pasca melahirkan.

 

Bagaimana solusinya? Berikut Sharing di SIni Mengtaasi Nyeri Punggung Pasca Melahirkan.

Pijat

Pijat Setelah Melahirkan sangat efektif dalam menyembuhkan sakit punggung. Anda harus menyewa seorang ahli pijat, setidaknya laukan pijat capek pasca melahirkan ini seminggu sekali.

Jaga Berat Badan

Anda perlu berusaha untuk mendapatkan kembali berat badan ideal setelah melahirkan. Ini berarti Anda harus menjaga diet dan mulai berolahraga. Ketika Anda mendapatkan berat badan semula, maka tekanan dan nyeri di punggung pun akan hilang.

Yoga

Yoga pasca melahirkan sangat efektif dalam memperkuat punggung dan otot. Anda harus mengikuti kelas yoga postnatal untuk mendapatkan bentuk tubuh dan juga mendapatkan treatmen yang bermanfaat meredakan nyeri punggung pasca melahirkan.

Pernah mengalami nyeri punggung pasca melahirkan? Yuk, Sharing di Sini solusinya ya..

 

[e_SdS]

Keywords:

  • sakit pinggang setelah melahirkan
  • sakit pinggang pasca melahirkan
  • mengatasi sakit pinggang setelah melahirkan
  • content
  • cara alami hilangkan sakit pinggang pasca oprasi sesar
  • cara menyembuhkan sakit pinggang pasca melahirkan
  • makanan dingin pasca oprasi sesar