mekanisme sell kanker menyebar

mekanisme sel kanker menyebar

Para ilmuwan telah mengidentifikasi mekanisme sel kanker dapat menyebar ke seluruh tubuh (metastasis sel kanker), setelah menemukan proses pergerakan sel yang disebut “chase and run” atau “mengejar dan lari.”

Seperti dilansir dari huffingtonpost, temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Cell Biology, menjelaskan secara detail bagaimana sel pial neural, yang mirip dengan sel-sel kanker, “mengejar” sel placode, yang setara dengan sel-sel sehat, ketika mereka ditempatkan berdekatan satu sama lain. Pada gilirannya, sel placode “kabur / lari.”

“Kami menggunakan analogi keledai dan wortel untuk menjelaskan perilaku ini: keledai mengikuti wortel, tapi wortel bergerak menjauh ketika didekati oleh keledai,” kata peneliti Dr Roberto Walikota, dari University College London, dalam sebuah pernyataan . “Demikian pula sel-sel pial neural mengikuti sel placode, tetapi sel placode menjauh bila disentuh oleh sel pial neural.”

Meskipun para ilmuwan tidak bekerja dengan sel kanker yang sebenarnya, mereka menjelaskan bahwa proses ini mungkin sebanding. Mereka mengatakan bahwa memahami proses ini bisa membantu mereka berpotensi menemukan cara untuk menargetkan sel-sel kanker sebelum mereka menyebar (bermetastasis)  ke bagian lain dari tubuh, yang secara dramatis meningkatkan risiko kematian bagi pasien.

Baru-baru ini, para peneliti di University of California, San Diego, juga memperoleh beberapa kasus dalam memahami metastasis kanker dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Research. Fox News melaporkan pada temuan, yang menunjukkan bahwa ada sebuah protein yang membantu untuk mengatur penyebaran sebenarnya sel-sel kanker ke bagian lain dari tubuh.

Pola hidup sehat adalah kuncinya, termasuk di dalamnya adalah konsumsi makanan yang sehat, sehingga menghambat dan menangkal terbentuknya radikal bebas, awal dari terbentuknya sel kanker. [e_SdS]

 

 

 

Keywords:

  • mekanisme kanker dalam tubuh
  • mekanisme penyebaran kanker