cara membuat susu kedelai di rumah

cara membuat susu kedelai di rumah

Susu kedelai (soya milk/soy milk) sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain tidak mengandung lemak jahat, susu kedelai juga dapat dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak yang alergi terhadap susu sapi berlaktosa. Nah, untuk lebih menjamin mutu susu kedelai, Anda dapat mencoba sendiri membuat susu kedelai di rumah. Selain terjamin mutunya juga lebih ekonomis. Berikut Sharing di Sini Membuat Susu Kedelai di Rumah.

Bahan untuk membuat sekitar  2 ½ -3 L

3 1/2 cangkir kacang kedelai kering

Air (sesuai kebutuhan  ingin kental atau encer)

Gula (sesuai selera opsional)

Cara Membuat:
1. Cuci kacang kedelai di bawah kran air mengalir, kemudian rendam dalam air panas selama satu malam atau sekitar 8 – 12 jam, maka kedelai akan mengembang dua kali ukuran semula. Tiriskan dan bilas hingga bersih.

2. Masukkan kedelai ke dalam food processor/blender dan tambah air secukupnya, lalu blender hingga menjadi bubur. Bubur kedelai kemudian disaring dengan kain halus yang bersih dan kuat untuk memisahkan ampas kedelai halus dari air sari kedelainya yang merupakan susu kedelai mentah.

3. Tambahkan air sekitar 10 kali dari susu kedelai mentah (atau sesuai selera ingin kental/encer) dan aduk sampai campuran menjadi rata.

4. Masak susu kedelai dalam panci besar di atas api sedang-rendah sehingga mendidih secara perlahan-lahan. Terus aduk untuk mencegah gosong di bagian bawah serta mencegah timbulnya busa di bagian atas yang berpotensi gosong tidak merata. Bersabarlah dan aduk terus hingga susu kedelai mendidih. Setelah mendidih, diamkan agar susu tidak panas.

4. Tambahkan gula. Bila perlu agar aroma wangi tambahkan daun pandan, dan jika ingin varian rasa Anda dapat menambahkan perasa misalnya coklat, stroberi, melon, vanili, dll. (Penambahan rasa dapat dilakukan ketika susu sudah mendidih dan api belum dimatikan).

5. Susu kedelai siap disajikan.

pilih kacang kedelai terbaik

pilih kacang kedelai terbaik

merendam kacang kedelai selama satu malam

merendam kacang kedelai selama satu malam

haluskan kacang kedelai bersama air

haluskan kacang kedelai bersama air

memeras sari kacang kedelai (susu kedelai mentah)

memeras sari kacang kedelai (susu kedelai mentah)

memeras sari kacang kedelai (susu kedelai mentah)

memeras sari kacang kedelai (susu kedelai mentah)

kembang tahu pada permukaan atas susu kedelai yang sedang didiamkan

kembang tahu pada permukaan atas susu kedelai yang sedang didiamkan

 

Yang perlu diperhatikan:

1. Memilih kacang kedelai

Pastikan memilih kacang kedelai dengan kualitas baik dan tidak ada serangga kecil yang bersembunyi di dalamnya. Kacang organik organik lebih baik, karena bebas pestisida dan lebih sehat.

2. Proses mengolah harus cepat

Saat Anda mengolah kedelai menjadi susu, mengaluskan sampai proses memasak, sebaiknya lakukan dengan cepat dan tidak berlama-lama (dijeda atau didiamkan beberapa jam). Misalnya, jangan biarkan susu kedelai tidak dimasak segera, dan terlalu lama jarak untuk dimasukkan ke dalam wadah rapat. Hal tersebut menghindari proses susu basi.

3. Cara Memasak Penanganan yang benar

Susu kedelai harus ditangani sebagai selembut mungkin.Harus dimasak pada api sedang-rendah dan mendidih secara perlahan-lahan. Anda juga akan perlu untuk terus aduk untuk mencegah dari gosong di bagian bawah dan mencegah busa di bagian atas.

4. Kembang tahu

Ketika Anda mendiamkan susu kedelai panas setelah matang untuk didinginkan, Anda akan melihat lembaran kulit tipis di atas permukaan susu kedelai. Ini adalah lembaran kembang tahu. Anda dapat mengambilnya, dipisahkan dan djemur/keringkan yang dapat diolah dan digunakan sebagai campuran sup/masakan lainnya.

5. Jangan menaruh gula, garam, perasa atau pewarna

Gula, garam, perasa dan pewarna dapat mempercepat bau yang tidak menyenangkan dari susu kedelai, dan juga dapat menyebabkan susu kedelai mudah menggumpal. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi tidak segera, tambahkan gula ketika siap untuk dikonsumsi.

6. Bungkus dengan benar

Setelah Anda membuat susu kedelai dan matang, bungkuslah dalam kemasan dengan benar; rapat, bersih dan steril. Sehingga bakteri tidak masuk ke susu yang menyebabkan susu kedelai cepat basi.

7. Segera dimasukkan ke dalam lemari es (kulkas)

Cara termudah untuk memperpanjang kesegaran susu kedelai, yaitu dengan segera menyimpan susu kedelai dalam lemari pendingin. Setelah Anda memasak susu kedelai, dan kondisi sudah tidak panas, segera dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Susu kedelai dapat tahan sekitar 2-3 hari jika disimpan dengan benar di kulkas.

8. Gunakan pengawet yang aman

Agar susu kedelai tahan lama, yaitu dengan menambahkan pengawet, sehingga dapat bertahan lebih lama. Namun sebaiknya gunakan bahan pengawet yang aman atau alami, misalnya untuk susu kedelai cair biasanya memakai jahe. Namun susu kedelai cair lebih baik tidak dikonsumsi dalam waktu yang lama (jika tidka masuk lemari pendingin).

9. Cepat menjual atau mengkonsumsi, karena susu kedelai tanpa pengawet tidak tahan lama.

Nah, selamat mencoba ya? Jika sudah berhasil mencobanya, jangan lupa Sharing di Sini pengalamannya ya…

Salam semangat dan sehat selalu.

[e-SdS]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keywords:

  • pengawet susu kedelai
  • bahan pengawet susu kedelai
  • cara membuat susu kedelai yang enak dan tahan lama
  • kemasan susu kedelai yang baik
  • cara susu kedelai tahan lama
  • penyebab susu kedelai mengental
  • cara agar sari dele tidak menggumpal awet tahan lama
  • berapa lama susu kedelai tahan di kulkas
  • cara memeras air susu kedelai yang benar
  • trik menjaga susu kacang tetap hangat