iOS 7 sudah diumumkan oleh Apple. Berikut ini daftar fitur-fitur baru yang diusung oleh iOS 7.

1. Antar Muka Pengguna yang Baru

Perbedaan mencolok yang terdapat di iOS 7 dibanding versi sebelumnya ada pada antar muka pengguna (user interface). Lock screen diganti dengan desain baru. Calendar, Messages, Weather, Mail, Notification Centre, semua dipoles dengan tampilan baru yang menarik.

2. Control Center

Control Center adalah fitur baru yang ada di iOS 7. Dengan Control Center, pengguna dapat mengubah pencahayaan (brightness), lampu senter, volume suara, airplane mode, dan lain lain.

3. Multitasking

Multitasking di iOS 7 sekarang berjalan untuk semua aplikasi. Berpindah antar aplikasi cukup dilakukan dengan sentuhan yang memperlihatkan tampilan aplikasi secara penuh yang di versi sebelumnya hanya muncul dalam sebuah icon saja.

4. Browser Safari

Browser Safari di iOS7 tampil dalam mode full screen dengan fitur pencarian cepat. Dengan menyentuh bagian atas layar Safari, pengguna mendapatkan akses ke kolom pencarian. Tab dipoles dengan tampilan vertical scrolling, dan batas maksimal 8 buah tab sudah dihilangkan.

5. AirDrop

Airdrop memungkin kita untuk berbagi file dengan iPhone yang lain yang berada di dekat kita. Bisa menggunakan Messages, Mail, atau Jejaring Sosial. Airdrop berjalan di atas teknologi peer-to-peer WiFi.

6. Kamera dan Foto

Kamera dilengkapi dengan fitur video, square camera, panorama, widescreen camera, dan filter foto. Aplikasi Photos juga dipermak untuk mengatur photo dalam “Moments” di mana dan kapan foto diambil. Menggunakan iCloud, pengguna dapat berbagi foto dengan teman dan memberi komentar foto tersebut.

7. Siri

Siri di iOS7 mempunyai suara yang berbeda, baik suara pria atau wanita dalam berbagai bahasa. Siri menjadi lebih pintar karena sekarang mengenal perintah, “increase brightness”, “play last voicemail”, “bluetooth turn on”. Layanan seperti Wikipedia, Bing, dan Twitter juga terintegrasi dengan Siri.

8. Fitur di Dalam Mobil

iOS 7 mempunyai fitur yang mendukung penggunaan perangkat di dalam mobil, seperti Maps, Messages, dan lain sebagainya.

9. App Store

App Store di iOS 7 mempunyai metode pencarian baru. Pengguna dapat mencari apps berdasarkan umur, atau berdasarkan kepopuleran app di lokasi pengguna berada. App Store juga dapat melakukan update secara otomatis aplikasi yang terinstall.

10. Musik

Aplikasi Music mendapatkan permak pada sisi tampilan. Semua musik di iCloud dan library lokal terintegrasi menjadi satu.

11. iTunes Radio

Aplikasi iTunes Radio terintegrasi di dalam aplikasi Music. iTunes Radio menyediakan layanan streaming stasiun radio. Layanan iTunes Radio ini gratis namun menampilkan iklan.

12. Activation Lock

Fitur Find My iPhone mempunyai kemampuan untuk mengunci perangkat iPhone kita ketika dicuri oleh seseorang. Aktifkan mode kunci ketika iPhone dicuri orang, dan iPhone akan menjadi non-aktif.

iOS 7 versi beta sudah dirilis untuk para programmer dan akan datang di akhir tahun untuk keluarga iPhone 4 ke atas, iPad mini, dan iPad 2 ke atas.