Menurut sebuah studi terbaru, menunjukkan bahwa Facebook dapat merugikan status hubungan pernikahan Anda.

facebook terkait dengan penyebab perceraian

facebook terkait dengan penyebab perceraian

Seperti di lansir dari huffingtonpost, penelitian yang akan dipublikasikan dalam edisi mendatang Journal of Cyberpsychology; Perilaku dan Jaringan Sosial, ditemukan bahwa orang yang menggunakan Facebook secara berlebihan (ditafsirkan oleh para peneliti sebagai bahan pemeriksaan lebih dari 1 jam) lebih mungkin untuk mengalami konflik terkait dengan pasangan romantis (kekasih / suami / istri), yang kemudian dapat menyebabkan hasil hubungan menjadi negatif termasuk kecurangan emosional dan fisik, perpisahan hingga perceraian.

Russell Clayton, seorang mahasiswa doktoral di Missouri University, School  of Journalism, dan rekan-rekannya di University of Hawaii di Hilo dan Universitas St Mary di San Antonio melakukan survei 205 pengguna Facebook berusia antara 18. Didapatkan hasil 79 – 82 persen di antaranya dilaporkanterlibat dalam hubungan romantis. Perihal pnggunaan situs media sosial dan setidaknya telah memicu dan menghasut konflik dengan pasangan mereka atau bahkan yang telah menjadi mantan.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang berhubungan romantis menggunakan Facebook, dan mengakibatkan semakin besar kemungkinan mereka untuk memantau aktivitas Facebook pasangan mereka lebih ketat, yang dapat menyebabkan perasaan cemburu,” kata Clayton. “Facebook juga menyebabkan kecemburuan, adu argumen mengenai pasangan masa lalu. Penelitian juga menemukan bahwa pengguna Facebook yang berlebihan lebih cenderung untuk berhubungan dengan pengguna Facebook lain, termasuk pasangan sebelumnya (sang mantan), yang dapat menyebabkan kecurangan emosional dan fisik terhadap pasangannya yang sekarang. ”

Clayton mengatakan bahwa Dalam tiga tahun terakhit, tingkat perpecahan atau perceraian semakinm tinggi seiring semakin tingginya penggunaan facebook, serta memicu hubungan negatif dengan pasangan seharusnya. Dia merekomendasikan sebaiknya membatasi penggunaan Facebook untuk mencapai suatu hubungan yang langgeng dan harmonis.

Clayton mengatakan, “Mengurangi sampai tingkat sedang, penggunaan Facebook secara sehat tidka berlebihan bisa membantu mengurangi konflik, terutama bagi pasangan baru yang masih belajar tentang satu sama lain.”

Ini bukan pertama kalinya Facebook telah dikaitkan dengan perceraian. Pada tahun 2012, pengacara perceraian yang disurvei oleh sebuah situs Perceraian-Online di Inggris mengatakan bahwa jaringan sosial terlibat dalam sepertiga dari semua pengajuan perceraian.

pasangan selingkuh via facebook

pasangan selingkuh via facebook

Bagaimana menurut Anda?

Pernah cemburu dengan pasangan Anda karena teman di dalam facebooknya?

Atau bahkan mengalami pertengakaran hingga perceraian hanya gara-gara facebook?Aduh,,,jangan sampai ya.

Sebaiknya membatasi penggunaan facebook secara bijak. Saling terbuka dengan pasangan mengenai semua teman Anda dan pasangan yang ada di dalam facebook, sehingga sapat saling mengoreksi antara kedua pihak untuk menyetujui menyortit teman yang kiranya meresahkan pasangan. Saling mengetahui isi pesan (inbox) dan terbuka mengenai semua kegiatan Anda dan pasangan. Bagi yang sudah berpasangan (khususnya yang sudah menikah), jadikan facebook hanya sebuah permainan iseng online atau mitra bisnis Anda. [e_SdS]