Bok choy, sayuran tradisional Cina, merupakan keluarga kubis, kelompok silangan makanan, yang meliputi brokoli, kembang kol, sawi, bayam, dan kubis Brussel. Bok choy telah melihat lonjakan dalam penggunaan di Amerika Serikat, karena sebagian studi menunjukkan bahwa sayuran khas Asia  ini ternyata mengandung manfaat bagi pencegahan kanker. Menurut buku Don Colbert, MD, keluarga kubis, bok choy disertakan, dimana bok choy ini berisi lebih fitonutrien dengan sifat antikanker dari kelompok sayuran lain.

Berikut beberapa fakta dari SDS bagi kesehatan apabila kita memakan bok choy , yaitu

1. Pencegahan Kanker

Bok choy atau kubis Cina, adalah sayuran silangan seperti brokoli, kembang kol dan Brussels. Sayuran ini memiliki manfaat khusus untuk pencegahan kanker. Beberapa studi populasi telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran memiliki risiko lebih rendah menderita kanker tertentu. Yaitu kanker paru-paru, usus besar, prostat dan endometrium tampaknya dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan sayuran. Salah satu alasannya bahwa sayuran mengandung glukosinolat, yang dikonversi menjadi isothiocyanates dalam tubuh kita. Senyawa ini telah terbukti untuk aktif dalam memerangi kanker.

Manfaat yang paling penting yang terkait dengan bok choy adalah kemampuan melawan kanker. Ini berasal dari kadar tinggi antioksidan. Menurut Baylor College of Medicine, penelitian menunjukkan bahwa ketika pria Asia yang pindah ke Amerika, mereka mulai mengalami insiden yang lebih tinggi terkena kanker prostat daripada rekan-rekan mereka yang tinggal di Asia. Demikian pula, perempuan Asia kenaikan yang sama pada kanker payudara setelah datang ke Amerika Serikat. Para ilmuwan menemukan bahwa “glukosinolat,” yang terkandung dalam bok choy dan anggota keluarga kubis dengan rasa agak pahit, merangsang produksi enzim yang membantu mencegah berbagai bentuk kanker.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh
Bok choy mengandung glukosinolat yang mungkin penting untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker. Memotong bok choy dan makan mentah-mentah mungkin yang terbaik. Enzim dalam bok choy yang menghasilkan senyawa pelawan kanker di dalam tubuh Anda yang diawetkan ketika bok choy mentah dimakan Anda. Di sisi lain, memasak bok choy dapat meningkatkan penyerapan senyawa yang penting bagi kesehatan. Karotenoid ditemukan di bok choy mungkin lebih baik diserap jika Anda memasak bok choy pertama dan dicampur dengan sedikit makanan yang mengandung beberapa lemak. Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan bok choy, makanlah mentah yang dapat Anda sajikan dalam bentuk salad , disteam cepat atau tumis dengan sayuran lain dan atau bisa Anda buat jus.
3. Sumber Karotenoid
Bok choy adalah sumber yang sangat baik dari beberapa karotenoid, terutama beta karoten. Beta karoten telah dipelajari dengan baik sebagai diet antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara diet tinggi beta karoten dan resiko yang lebih rendah dari kanker. Karotenoid juga dianggap bermanfaat bagi kesehatan mata. Beberapa studi mendukung peran karotenoid dalam mengurangi degenerasi makula.
4. Diet DASH Veggie
The DASH Diet adalah diet terkenal yang membantu orang mencapai tekanan darah yang sehat. Diet diformulasikan mengandung tingkat tinggi mineral tertentu yang membantu mengatur tekanan darah. Bok choy adalah rendah sodium dan sumber kalsium serta potassium terbaik, yang merupakan dua mineral dasar dalam Diet DASH.
5. Kaya Vitamin
Bok choy adalah rendah kalori, makanan nol lemak yang juga memiliki banyak vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Pada kenyataannya, satu cangkir parutan bok choy mentah mengandung sekitar setengah dari kebutuhan harian Anda untuk masing-masing nutrisi tersebut. Plus, Anda akan juga mendapatkan folat dan vitamin B6. Semua manfaat ini datang jika Anda mencicipi sayuran berdaun ringan yang dapat dengan mudah disiapkan sebagai bagian dari tumis sayuran cepat gaya Asia.

Nah itulah beberapa hal yang Anda ketahui mengenai fakta kesehatan dengan mengkonsumsi bok choy.