mengatasi rambut bercabang dan mudah patah

mengatasi rambut bercabang dan mudah patah

Rambut adalah mahkota wanita. Dan rambut panjang memang anggun jika dipandang. Namun akan menjadi kurang menawan tidak jika ternyata rambutnya mudah patah dan bercabang. Sehingga berkesan tidak rapi, ujung kemerahan, susah/lama sekali panjangnya, bahkan panjangnya tidak rata. Penyebab rambut bercabang biasanya adalah :

1. Terlalu sering menyisir rambut. Rambut yang sering disisir akan lebih sering terkena gesekan, hal itu akan membuat rambut mudah rusak mudah dan akhirnya menjadi patah.
2. Terlalu sering keramas akan mengurangi kelembaban pada rambut sehingga rambut menjadi kering dan mudah patah.
3. Terlalu sering menggunakan alat perapi rambut dan produk kecantikan rambut yang memiliki bahan kimia, seperti hairspray, krim, gel.
4. Mengenakan kerudung saat rambut masih basah.
5. Asupan gizi tertentu yang tidak seimbang (terlalu berlebih atau bahkan kurang).
6. Terlalu lama melakukan aktifitas di luar ruangan, yang terkena sinar matahari secara langsung.

Nah, untuk solusinya, berikut Sharing di Sini Cara Mengatasi Rambut  Bercabang dan Patah Рpatah.

1. Jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok – gosokkan rambut pada handuk. Cukup tekan – tekan secara lembut dan angin-anginkan rambut Anda.

2. Sebaiknya tidak menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut Anda. Jika Anda harus menggunakannya karena terburu-buru, tidak masalah, asal tidak sering. Gunakan hair dryer pada suhu rendah dan rambut dibungkus/ ditutup dengan handuk, setelah hair dryer, buk ahanduk dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya.

3. Konsumsilah makan makanan yang bergizi dan seimbang (tidak kurang atau terlalu berlebihan).

4. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Jangan gunakan sampo anti ketombe yang terlalu keras, karena akan membuat efek ra mbut Anda menjadi kering dan rusak.

5. Potong rambut Anda 1 cm di atas rambut yang patah. Namun jika patah-patahan rambut (rambut bercabang) tidak teratur panjang pendeknya, sebaiknya, rajinlah memotong rambut, hingga rambut Anda benar-benar bersih dari rambut patah/bercabang. Memotong rambut dengan teratur akan merangsang regenerasi pertumbuhan rmabut yang sehat.

6. Jangan mengikat rambut terlalu sering. Usahakan tidak mengikat dalam waktu yang lama/seharian. Apalagi mengikat rambut saat Anda tertidur.

7. Perbanyak mengkonsumsi air. Air akan membantu memeprtahankan kelembaban rambut, tidak kering dan mudah patah.

8. Jangan mencuci rambut Anda dengan air hangat. Keramas dengan air panas akan membuka pori-pori kulit kepala, sehingga rambut mudah lepas, rontok bahkan helaian rambut tidak kuat sehingga berwarna kemerahan dan menjadi mudah patah ketika disisir, kadang ada juga yang bagian patahan ujungnya berwarna merah.

9. Jangan terlalu sering mencuci rambut (keramas), karena malah akan membuat rambut Anda menjadi kering dan mudah patah.

10. Hindari kosmetik-kosmetik rambut yang tidak dibarengi dengan merawatnya secara khusus. Misalnya adalah mencatok, meluruskan, mengkeriting, mewarnai, menyambung rambut, dengan kurang / tanpa rajin melakukan perawatan seperti creambath, vitamin khusus rambut, dll.

 

Semoga bermanfaat ya…

 

[e-SdS]