Selain dalam seni ternyata di hidangan salad kita juga bisa menemukan seni yang indah, contohnya adanya kubis ungu. Kubis ungu ini akan menambah warna indah dalam salad Anda. Tau kah Anda kubis ungu dengan sifat antioksidan juga berkhasiat bagi kesehatan kulit Anda dan juga dapat mencegah kanker.

Dari family kubis, kubis merupakan sumber indole-3-carbinol, zat kimia yang meningkatkan perbaikan DNA dalam sel yang muncul untuk memblokir pertumbuhan sel kanker. Sebuah tim peneliti di Ohio State University mengumumkan bahwa anthocyanin, senyawa yang memberikan warna kubis ungu mampu memotong pertumbuhan sel kanker usus besar baik in vitro dan pada tikus sebesar 50% -100%, dengan ekstrak tertentu, bahkan menghancurkan sampai 20% dari sel-sel kanker dan membiarkan sel sehat di sekitarnya utuh.

Mengingat peran oksidatif dan peradangan kronis sebagai faktor risiko untuk kanker, antioksidan dan anti-inflamasi bisa didapatkan dari khasiat kubis yang akan memberikan manfaat kesehatan anti-kanker tanpa penambahan glukosinolat kubis itu. Glukosinolat adalah sumber inti dari kubis berkenaan dengan manfaat “anti-kanker”. Glucosinolate ditemukan dalam kubis dapat diubah menjadi senyawa isothiocyanate yang berperan sebagai pencegah kanker untuk berbagai kanker yang berbeda, termasuk kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat.

Selain itu kubis juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin K. Warna ungu dalam sayuran ini adalah karena konsentrasi tinggi polifenol (antioksidan kuat diet, memiliki sifat anti-inflamasi), sehingga memiliki fitonutrien bahkan lebih dari kubis hijau.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa 100 gram (sekitar 3 ons) kubis ungu memberikan 196,5 miligram polifenol, yang 28,3 miligram adalah anthocyanin. Kubis hijau menghasilkan jauh lebih sedikit per 100 gram  45 miligram polifenol termasuk 0,01 miligram anthocyanin. Sedangkan kandungan vitamin C setara, ukuran kapasitas antioksidan. Untuk kubis ungu mengandung vitamin C enam hingga delapan kali lebih tinggi dari kubis hijau.

Apabila seorang pria dan wanita yang secara teratur mengkonsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti kubis ungu dan buah, maka mereka akan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson.

Pigmen ungu pada kubis ungu mengandung antioksidan yang juga dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa anthocyanin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Ungu kubis kaya akan antioksidan ini yang juga telah ditemukan untuk membuat kulit kenyal dan cerah.

Berikut Sharing Di Sini memberikan ulasan mengenai kandungan kubis ungu
Fiber ( Serat )
1 porsi kubis ungu cincang dalam 1 cangkir menyediakan 2 g serat, atau 8 persen dari nilai harian 25-g seperti yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration. Serat pangan mencegah kelebihan kolesterol dari memasuki aliran darah melalui dinding usus kecil Anda, serat menyerap kolesterol dan mengeluarkannya melalui proses eliminasi sampah.

Kalium
Kandungan potasium dalam 1 cangkir kubis ungu cincang adalah 216 mg, atau 6 persen dari nilai 3500-mg per hari. Kalium menjaga tingkat cairan tubuh Anda dari fluktuasi ke volume yang tidak sehat, mencegah gangguan tekanan darah kalium terkait. Hal ini juga mencegah stres otot jantung dengan mendukung kontraksi bahwa bahan bakar detak jantung Anda.

Vitamin C
Vitamin C dalam kubis konten ungu gizi signifikan. A 1 cangkir penyajian menyediakan 51 mg, atau 85 persen, dari kebutuhan harian 60 mg. Memasak terurai beberapa nutrisi. Kubis ungu mentah mengandung tingkat yang lebih tinggi vitamin C daripada itu saat dimasak. Vitamin C adalah antioksidan yang efektif. Ini melindungi sel-sel dari DNA dan kerusakan komposisi bahwa racun metabolik sering menimbulkan.

Vitamin A
Vitamin A konten dalam kubis ungu adalah 20 persen dari IU 5000 diperlukan setiap hari, atau 993 IU per 1 cangkir penyajian. Vitamin A adalah nutrisi yang menyediakan berbagai fungsi dalam tubuh Anda. Ini menghasilkan pigmen retina untuk mata Anda, menjaga kesehatan penglihatan Anda dan meningkatkan penglihatan Anda di malam hari. Ini juga mendukung respon kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi mikroba.


Penelitian menunjukkan bahwa merebus atau memasak kubis ungu mengurangi sifat anti-karsinogenik. Cara terbaik untuk memakannya adalah dalam kondisi mentah yang dapat Anda sajikan seperti dalam bentuk salad atau jus . Saya pribadi menikmatinya dengan sedikit cuka dan minyak zaitun maupun dibuat salad. Hal ini membuat sempurna untuk makan apapun.

Keywords:

  • kubis ungu
  • manfaat kol ungu
  • kol ungu
  • manfaat kubis ungu
  • khasiat kubis ungu
  • khasiat kol ungu
  • khasiat kobis ungu
  • #####
  • kubis
  • #############