Walau penyebab dengkuran Anda bukan sleep apnea, tetap saja suara mendengkur akan mengganggu pasangan atau keluarga Anda. Mendengkur berkaitan pula dengan berat badan. Periksalah apakah Anda mengalami masalah kelebihan berat badan. Jika jawabannya ya, upayakan agar berat badan Anda ideal.

Beberapa makanan dan minuman berikut ini dari Sharing Di Sini dianggap dapat membantu mengatasi masalah dengan mendengkur. Mungkin Anda juga bisa mencobanya?

  • Sebelum tidur, minumlah segelas air hangat . Ini akan membebaskan saluran hidung dan tenggorokan dari pembengkakan.
  • Konsumsi buah yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk, lemon, mangga, belimbing dsb. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau bisa Anda buat sebagai campuran minum teh hangat Anda. Dan bisa juga dibuat jus buah.
  • Sebelum tidur, konsumsi satu sendok makan madu atau cuka apel, agar hidung tidak tersumbat akibat pilek.
  • Minumlah herbal tea. Selain baik bagi kesehatan, herbal tea juga bisa mengurangi mendengkur Anda di kala tidur lelap.

 

Atau jika Anda pendengkur juga dapat mencoba tidur dengan posisi berikut agar dengkuran Anda terkurangi :

  • Tidur dengan posisi kepala agak tinggi. Letakkan bantal agak tinggi ( 2 pcs), sehingga bisa menyokong kepala dengan posisi agak tinggi dari tubuh Anda.
  • Hindari debu dan allergen lainnya dari ruang tidur. Jika Anda dihadapkan dengan debu atau allergen (bulu kucing), Anda dapat menggunakan masker penutup hidung agar debu tidak langsung masuk ke hidung.

 

Semoga Anda dan pasangan dapat terbebas dari dengkuran.