Apa yang membuat bisa membuat awet muda? Selama ini hanya makananlah yang bisa membuat awet muda. Makanan apa saja yang bisa membuat awet muda? Apakah penambahan hormone dan suplemen bisa membuat awet muda dan sehat?

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan menurut Sharing Di Sini

 

Antioksidan

Seperti proses makanan di dalam tubuh yang menjadi energy, tubuh kita juga memproduksi bahan dasar yang disebut radikal bebas atau free radical. Free radical ini dipercaya menjadi penyebab utama penuaan dan timbulnya penyakit. Untuk menetralisir radikal bebas, tubuh memanfaatkan zat antioksidan, unsur yang terdapat dalam vitamin, mineral, dan enzim. Dan unsur tersebut diperoleh dari makanan. Enzim bisa Anda dapatkan dari buah-buahan segar dan sayuran segar, Anda dapat memakannya dalam bentuk salad atau jus. Para ahli percaya bahwa antioksidan bisa membuat panjang umur dan mencegah penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung dan diabetes. Asupan antioksidan yang dibutuhkan tubuh dapat diperoleh dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Jika Anda tak bisa mendapatkan zat antioksidan dari buah dan sayur, dokter bisa merekomendasikan penggunaan suplemen yang mengandung antioksidan.

 

Hormon

Hormon adalah senyawa dalam tubuh yang membuat dan menjaga aktivitas kerja organ vital tubuh. Berkurangnya kadar hormone di dalam tubuh tergantung faktor usia. Penurunan hormon menjadi salah satu faktor penyebab proses penuaan. Beberapa suplemen hormone adalah :

  1. Dehidroepiandrosteron (DHEA). Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat Boron bisa meningkatkan DHEA. Boron terdapat pada susu, produk – produk olahan susu, sari buah dan madu.
  2. Sayur-sayuran, polong-polongan dan kacang-kacangan memiliki kandungan Boron lebih tinggi.
  3. Testosteron. Berkurangnya hormone ini bisa mempercepat proses penuaan. Hormone ini bisa didapat dengan mengkonsumsi kuning telur, ikan laut dan tiram.
  4. Melatonin. Hormon ini diproduksi di dalam otak dan membantu proses tidur dan obat bagi penderita insomnia. Ampuh membantu melawan kanker dan mencegah penuaan. Hormon ini terdapat pada kenari, anggur dan susu.
  5. Hormon Pertumbuhan (HGH). Para ahli mengklaim hormone ini dapat membakar lemak, memperkuat otot, mejaga vitalitas dan mencegah penuaan.

 

Suplemen

Para ahli yakin bahwa suplemen bisa mencegah penuaan. Suplemen kalsium dan ginseng mencegah penuaan. Sebaiknya konsumsi suplemen dikonsultasikan dengan dokter.

 

Selain tersebut diatas, masih ada hal-hal yang dapat membuat kita awet muda sepanjang masa, yaitu olahraga tiap hari, hindari rokok , hidup dengan pola hidup sehat dan serta kelolalah stress dengan baik.