Manusia sungguh beruntung karena diberi pertahanan tubuh yang hebat untuk menghalau serangan berbagai kuman yang mencoba masuk dalam tubuh. Bayangkan saja, hanya untuk virus flu saja, ada sekitar 200 jenis banyaknya di seluruh dunia. Belum lagi kanker, jamur, parasit, dan jenis virus lainnya. Tanpa pertahanan tubuh yang baik, tak terbayangkan bagaimana manusia dapat bertahan di bumi.

Beberapa hal berikut menurut Sharing Di Sini dapat membantu Anda menjauhkan diri dari serangan kuman :

  • Mencuci tangan sesering mungkin, terutama setelah bermain dengan anak-anak di lingkungan yang kurang bersih, bersalaman dengan atau menyentuh barang-barang yang digunakan oleh seseorang yang mengalami itu.
  • Mengajarkan anak untuk menggunakan tisu dan segera membuangnya setelah dipakai.
  • Menghindari orang yang batuk atau bersin-bersin. Percikan lendir hidung atau air liur tersebut dapat melontarkan virus tersebut sejauh hamper satu meter sebelum akhirnya jatuh ke tanah.
  • Menjaga kebersihan wajah. Jauhkan rambut Anda dari mata.
  • Bersihkan lensa kontak Anda sesering mungkin dengan air atau larutan pembersih khusus. Hindari pemakaian bersama lensa kontak atau kacamata dengan orang lain. Basuhlah selalu tangan Anda sebersih mungkin sebelum memegang lensa kontak.

 

Semoga dengan melakukan hal – hal tersebut Anda dapat terhindar dari kuman penyebab penyakit. Selain itu pula makan makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat juga sangat mempengaruhi. Selamat mencoba.