diet yang mempengaruhi rambut dan kuku rusak

diet yang mempengaruhi rambut dan kuku rusak

Sama seperti kulit, kondisi rambut dan kuku juga dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Rambut dan kuku bisa menjadi rapuh, rontok, menipis dan kering. Rambut bisa  menjadi rontok akibat takaran yang tidak tepat gizi yang terkandung dalam makanan Anda, kata dokter kulit Jessica Wu, MD.

Rambut dan kuku terbuat dari protein yang sama, yang disebut keratin, sehingga pilihan makanan yang gizinya sama akan mempengaruhi kesehatannya. Tentu saja, gaya hidup juga berperan dalam kerusakan rambut dan kuku, seperti kurang tidur, alkohol, stres, polusi, obat – obatan keras (terapi/pengobatan), merokok. Merokok tidak baik untuk kesehatan rambut dan kuku, karena mengurangi sirkulasi dan jumlah biotin dalam darah. Biotin, sering digunakan dalam produk rambut dan kuku, tampaknya dapat membantu untuk memperkuatnya.

Kekurangan / kelebihan gizi apa saja yang mempengaruhi kerusakan rambut dan kuku? Berikut Sharing di Sini Masalah Gizi Yang Menyebabkan Kerusakan Rambut dan Kuku.

Terlalu Sedikit Zat Besi dan Seng
Ada kesalahpahaman bahwa ruas putih kecil di kuku Anda dapat menunjukkan deposit kalsium. Menurut Readers Digest, hal tersebut menunjukkan tanda diet Anda kurang seng. Seng dan besi secara alami dapat ditemukan dalam daging merah dan beberapa makanan laut. Makanan tersebut sangat penting untuk pembentukan keratin, kata Wu, sehingga jika kekurangan zat ini dapat menyebabkan masalah rambut dan kuku. Bagi para vegetarian dan vegan, baik seng dan zat besi dapat ditemukan secara alami di beberapa kacang-kacangan.

Terlalu sedikit Protein
Karena rambut dan kuku terbuat dari protein, orang yang tidak mendapatkan cukup protein dalam diet mereka mungkin akan mengalami kuku rapuh atau rambut rontok, kata Wu. Biasanya, ini hanya terjadi pada orang dengan yang asupan diet parah atau gangguan makan, katanya. Vegetarian harus diingat bahwa protein tidak harus berasal dari daging, melainkan kacang-kacangan, tahu, bayam, lentil dan banyak lagi semua menguntungkan. Makanan dengan asam amino tertentu dapat menciptakan keratin, yang disebut sistin. Selain itu brokoli, gandum dan paprika merah, kata Wu.

Terlalu Banyak Vitamin A
Dalam dosis terlalu tinggi, vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok. Sebuah multivitamin biasanya tidak akan mengandung jumlah berbahaya, menurut JoyBauer.com, namun suplemen vitamin A individu mungkin saja. Ini juga terkait dengan senyawa yang ditemukan dalam beberapa obat, kata Wu, seperti Accutane, yang bisa menjadi sebab mengapa rambut menipis tidak lain adalah efek samping dari beberapa perawatan kesehatan.

Tinggi Glikemik Makanan
Makanan yang cepat dipecah menjadi gula menimbulkan rambut dan kuku berisiko rusak. Roti gandum putih, pasta dan kue memicu respons yang sama dalam tubuh, kata Wu, dan dapat menyebabkan rambut menipis. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi indeks glisemik dapat meningkatkan kadar androgen, sedangkan diet rendah indeks glisemik dapat mengurangi mereka.

Gula
“Sama seperti kulit dan darah, makanan yang banyak mengandung gula / manis tidak baik untuk rambut dan kuku,” kata Wu. Makan permen menyebabkan lonjakan gula darah. Sebagai responsnya, tubuh mengeluarkan insulin terhadap kenaikan gula darah, juga meningkatkan kadar androgen, hormon yang dapat membuat folikel rambut menyusut pada perempuan dan laki-laki, katanya.

Ikan Tinggi Mercuri
Wu mengatakan bahwa ia pernah menganalisis sejumlah pasien dengan kaitannya penipisan rambut atau kuku rapuh. Salah satu penyebab utamaya terlalu banyak konsumsi ikan. Namun tentu bukan semua ikan, melainkan ikan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi. Tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok, jelas Wu. Pasien yang datang padanya terlalu banyak konsumsi ikan, khususnya sushi, sejumlah empat atau lima kali seminggu. Ikan todak dan mackerel memiliki kadar merkuri yang tinggi, serta varietas tertentu tuna. Tuna kalengan, salmon dan udang semua rendah merkuri, menurut FDA.

 

source: huffington

Keywords:

  • vitamin untuk kuku yang rusak
  • obat penyakit kuku rusak
  • mengapa kuku rapuh
  • penyakit kuku patah
  • penyebab gangguan pada kuku
  • penyebab kerusakan kuku
  • penyebab kuku anak rusak dan kering
  • penyebab kuku rusak adalah
  • penyebab rambut rontok dan kuku patah
  • penyebab rusak kuku