bayi terbangun dan menangis di malam hari

bayi terbangun dan menangis di malam hari

Masalah tidur pada anak-anak bisa sangat mengganggu bagi orangtua dan kelaurga, terutama kenyamanan dan kualitas tidur balita/anak tersebut waktu tidur. Anak yang tidak tidur dengan kualitas baik pada malam hari bisa berkembang menjadi masalah yang lebih besar jika tidak ditangani dengan baik. Nah, apa saja yang biasanya menjadi masalah tidur anak-anak? Berikut Sharing di Sini Masalah Tidur pada Anak.
Rewel di malam hari
Kondisi ini membuat anak bangun tiba-tiba di tengah-tengah tidur dengan mata terbuka lebar, menjerit, menangis keras seakan takut, menghebohkan,  dan membuat anggota keluarga lainnya dibuat tergangu/ kebisingan dan menjadi bangun. Hal ini biasanya disebabkan si anak terlalu lelah di siang hari, dampak setelah melakukan perjalanan jauh/luar kota, kecapekan dengan aktifitasnya, bercanda/tertawa yang terlalu bersemangat, dan bermimpi. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah tenangkan dia, bisa memberinya minum/susu, memeluknya, atau mengelus-elus kepala, punggung dan pahanya sampai ia merasa tenang, nyaman dan tertidur kembali.

Tidur berbicara sendiri dan ngelindur
Tidur-berbicara dan berjalan-jalan dalam kondisi tidur yang umum pada anak-anak, lebih sering terjadi pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. Untuk mencegah hal ini, pastikan jendela dan pintu terkunci dan jika anak tidur di lantai atas, sebaiknya buat pintu gerbang kecil dari kayu yang memblokir akses tangga. Jangan mengguncang dan mengagetkan anak ketika anak ngelindur berbicara endiri atau berjalan saat tidur. Sebaiknya mengelus-elus pahanya agar ia tenang dan tertidur kembali dan jika ia tidur jalan-jalan, bimbing si anak untuk berjalan kembali ke tempat tidurnya, dan elus-elus hingga ia kembali tertidur.

Mengompol
Mengompol sangat umum di kalangan anak-anak. membiasakan anak untuk kencing sebelum tidur dan mengatur asupan cairan / minum  setidaknya satu jam sebelum tidur. Namun, jika anak-anak masih saja mengompol di malam hari walaupun sudah kencing sebelum tidur dan mengatur tidak minum banyak pada jam-jam menjelang tidur, coba orangtua membuat jam bangun tengah malam untuk mengajaknya kencing di toilet. Konsultasi kepada dokter anak Anda jika masalah ini masih mengganggu dan tetap berlanjut.

Mendengkur
Sleep apnea atau mendengkur atau mengorok bukan saja dialami oleh orang dewasa. Beberapa anak pun mengalaminya. Hal ini adalah gangguan tidur yang dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk bernapas dengan benar di mana saluran udara tersumbat, sehingga mempengaruhi kemampuan anak untuk menerima oksigen. Hal ini bisa terjadi karena anak obesitas, ada gangguan ISPA (isnfeksi saluran pernapasan atas; hidung tersumbat, batuk, pilek), dan juga dapat disebabkan karena kasus tonsilitis (amandel). Sebaiknya, bicaralah dengan dokter anak Anda sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi berdasar diagnosa gangguan yang dialaminya. [e_SdS]

 

Keywords:

  • bayi sering menangis tiba-tiba saat tidur