Cacingan bisa menimpa siapa saja, mulai kanak – kanak sampai orang tua. Penularan relative mudah terjadi. Waspadalah, karena cacingan bisa mengganggu pelajaran si kecil.

Cacingan adalah istilah yang digunakan untuk keberadaan cacing atau infeksi cacing usus pada manusia. Cacing yang biasa menginfeksi usus manusia ada 4 jenis : cacing gelang (Ascaris Lumbricodes), cacing cambuk (Trichuris trichiura), cacing tambang (Necator americanus dan Ancylostoma duodenale). Serta cacing kremi (Oxyuris vermicularis). Pengecualian untuk cacing kremi, tidak ditularkan melalui tanah tetapi hidup dalam usus besar dan bertelur di liang dubur.

Anak yang cacingan biasanya menampakkan gejala rewel, lemas, gangguan tidur, sering menggosok hidung, tidak nafsu makan, dan berat badan cenderung turun. Infeksi cacing yang berat dapat menyebabkan anak kekurangan gizi karena zat gizi direbut oleh cacing. Akibatnya, cacing semakin gendut sementara anak menjadi semakin kurus. Anak menjadi lesu, kurang nafsu makan, apatis dan kemauan belajar menurun.

Cacingan bisa menyebabkan anemia, terutama bila cacing yang menginfeksi cacing tambang, karena memiliki mulut mirip alat pemotong dan beberapa gigi yang runcing sehingga dapat melukai selaput lendir usus dan mengisap darah. Akibatnya, anak menjadi anemia.

Bagaimana kita mencegah agar tidak cacingan?

Daur hidup cacing meletakkan telur di tanah, oleh sebab itu menjaga kebersihan merupakan satu cara menghindari cacingan, caranya :

  • Mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi
  • Menjaga kebersihan kuku dengan memotong kuku agar tetap pendek, karena telur cacing bisa menyelinap di balik kuku.
  • Biasakan mandi dua kali sehari agar tubuh bersih dari telur cacing.
  • Membersihkan sprei tempat tidur dan handuk
  • Cuci sayur di air mengalir, terutama bila untuk lalapan dan gunakan sabun cuci sayuran biar lebih mantap bersihnya.
  • Bila ada kecurigaan anak mengalami cacingan, berikan obat cacing.

 

Cacingan kelihatnnya sepele, tapi ternyata dapat menyebabkan menurunnya prestasi belajar anak di sekolah. Mulai sekarang cermati si kecil Anda, jika ada kecurigaan segera atasi.