mengatasi tekanan darah tinggi secara alami

mengatasi tekanan darah tinggi secara alami

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terkadang tidak terdiagnosis sehingga tidak menimbulkan gejala dari luar, kurang dirasakan si penderita. Tapi kondisi ini bisa menyebabkan Anda berisiko tinggi stroke, serangan jantung (kardiovaskular), hingga gagal ginjal. Studi lain baru-baru ini melihat efek dari tekanan darah yang tidak diatur dan menemukan bahwa tekanan darah tinggi pada penderita usia di bawah 40 tahun, dapat berakibat kerusakan otak dini, menyebabkan kehilangan memori dan mungkin berkontribusi terhadap demensia dini.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala hipertensi. Mulai dari mengurangi garam dan makanan yang mengandung lemak, diet sehat, serta rutin berolahraga beberapa kali dalam seminggu. Berikut Sharing di Sini Cara Alami menurunkan Tekanan Darah, sehingga menjaga tekanan darah Anda normal:

Menenangkan pikiran (Meditasi)
Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran, mengendalikan emosi, merilekskan fisik dan psiki,  sehingga tekanan darah menurun. Saat santai, tubuh memproduksi oksida nitrat, yang pada gilirannya membantu pembuluh darah untuk membuka, mengurangi tekanan darah yang mengalir deras.

Meluangkan waktu bersama hewan peliharaan kesayangan
Penelitian menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang realtif rendah (juga: menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung), berkat berkurangnya kecemasan dan kualitas kasih sayang terhadap hewan peliharaan.

Berbahagialah bersama pasangan Anda
Dalam satu studi 2008 di Annals of Behavioral Medicine, para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang menikah dengan berbahagia dengan pasangannya, memiliki tekanan darah yang lebih baik daripada orang dewasa yang tidak menikah (sendiri/lajang) atau bahkan tidak bahagia dalam pernikahannya.

Olahraga

Berolahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah. Ada banyak cara sederhana untuk menggerakkan tubuh (olah raga), misalnya adalah  gym/ senam ringan, yoga dengan gerakan khusus untuk mengatsai hipertensi. Olahraga meminimalkan faktor risiko lain yang menyebabkan hipertensi, yakni emosi dan stres. Berolahraga juga meningkatkan kekuatan jantung Anda sehingga dapat lebih efektif dan efisien memompa darah, namun menurunkan tekanan pada arteri.

Batasi konsumsi kafein
Ada beberapa bukti bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah secara sementara, meskipun tidak jelas apakah ada efek jangka panjang. Mayo Clinic merekomendasikan untuk memeriksa tekanan darah pada jarak 30 menit setelah minum secangkir kopi atau soda berkafein untuk melihat apakah efeknya tetap.

Berhenti merokok
Tentu saja, untuk menghidnari dari penyakit hipertensi, Anda harus berhenti merokok. Bahkan perokok pasif pun dapat memiliki efek merusak pada tekanan darah karena kerusakan arteri.

Pilih makanan penurun tekanan darah
Beberapa makanan telah ditemukan untuk tekanan darah secara alami rendah. Hal-hal seperti cabai, cokelat, kacang, kentang, edamame (kedelai) alpukat dan pisang semuanya telah terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia. Pisang mengandung 422 miligram kalium, yang menurut American Heart Association dapat mengurangi efek natrium, pemicu hipertensi. Makanan lain yang memiliki kandungan kalium tinggi seperti kentang (751 mg), edamame (970 mg per cup), alpukat (975 mg). American Heart Association merekomendasikan kita mengkonsumsi 4.700 mg potasium per hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menjaga berat badan
Konsumsi makanan sehat dan sesuai porsi adalah penting untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat. Penelitian di Italia menemukan bahwa hipertensi disebabkan oleh kelebihan berat badan. Dengan kata lain, setelah kelebihan berat hilang, maka tekanan darah tinggi pun akan hilang.

Batasi konsumsi garam
Mungkin nasihat terbaik yang umum dikenal untuk tekanan darah yang sehat adalah menjaga diet rendah natrium. Menurut  Dietary Guidelines USDA maksimal konsumsi garam adalah 2.300 mg sodium per hari untuk  orang dewasa muda, atau 1.500 mg per hari atau lebih sedikit bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Selebihnya, dapat mengakibatkan menderita diabetes atau penyakit ginjal kronis.

Istirahat / tidur yang cukup
Studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7-8 jam per malam akan lebih berisiko terkena hipertensi. Risiko meningkat menjadi 37 persen untuk setiap jam yang berkurang.

Mendengarkan musik klasik
Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Society of Hypertension tahun 2012 disebutkan, mendengarkan musik klasik seperti Mozart selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Sebaliknya, mendengarkan musik beraliran keras akan memicu hipertensi. Sebuah studi serupa yang dilakukan oleh tim dari Universitas Osaka di Jepang menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik favorit (easy listening) Anda selama satu jam setiap mingg, akan menurunkan tekanan darah sebanyak 6 mmHg dalam waktu 3 bulan.

 

Jika Anda sebaliknya, mengalami tekanan darah rendah? Nah, Sharing di Sini punya artikel yang dapat membantu Anda untuk mengatasinya.

 

[e_SdS]

Keywords:

  • darah tinggi saat hamil 9 bulan
  • tensi tinggi saat hamil 9 bulan
  • tekanan darah normal untuk ibu hamil 9 bulan
  • tensi tinggi saat hamil 8 bulan
  • tekanan darah tinggi
  • share obat darah tinggi
  • darah tinggi
  • cara menurunkan darah tinggi saat hamil 9 bulan
  • cara menurunkan darah tinggi pada bumil 9 bln
  • cara mengatasi Hipertensi saat hamil delapan bulan